Connect with us

Tomohon

Walikota Caroll Senduk Irup HUT Kota Tomohon ke-21

Published

on

Walikota Caroll Senduk Inspektur Upacara HUT Kota Tomohon

TOMOHON, inforakyatnews.com – Pemerintah Kota Tomohon menggelar Upacara Peringatan Hari Jadi Ke-21 Kota Tomohon, Sabtu 27 Januari 2024 bertempat di Stadion Babe Palar Kota Tomohon.

Dalam upacara tersebut, Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk SH menjadi Inspektur Upacara.

Walikota Caroll Senduk dalam arahannya mengatakan, Momentum Syukur Hari Jadi Kota Tomohon yang kita peringati setiap tahun harus kita pahami sebagai milik seluruh komponen masyarakat Kota Tomohon. Karena terbentuknya Kota Tomohon pada tahun 2003 yang lalu merupakan hasil perjuangan kita semua terutama para pejuang Kota Tomohon yang terdiri dari tokoh – tokoh agama, tokoh – tokoh masyarakat, tokoh – tokoh pemuda, para pemimpin di masa itu baik yang ada di kalangan Pemerintahan maupun yang duduk dalam Dewan Perwakilan Rakyat di daerah dan pusat, yang merupakan representasi dari masyarakat Kota Tomohon.

“Pada kesempatan yang baik ini saya atas nama Pemerintah dan Masyarakat Kota Tomohon menyampaikan ucapat Terima Kasih, penghargaan serta apresiasi yang tinggi terhadap para pejuang Kota Tomohon, atas segala sumbangsihnya mulai dari pembentukan Kota Tomohon dan sampai saat ini senantiasa bersama sama dengan kami Pemerintah dalam gerak langkah pembangunan demi terwujudnya masyarakat Kota Tomohon yang semakin maju, dan sejahtera.” ungkap Walikota.

Dalam pentas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Kota Tomohon selama 21 tahun dengan segala dinamikanya, kita bersyukur karena berbagai program mampu kita laksanakan sehingga menghasilkan keberhasilan – keberhasilan di segala bidang baik pendidikan, kesehatan, infrastruktur, pariwisata, pertanian, yang ditunjang dengan manajemen pengelolaan keuangan dan sumber daya aparatur yang semakin baik, sehingga memperoleh pengakuan dan penghargaan dari Pemerintah Pusat dan Provinsi serta apresiasi dari segenap komponen masyarakat.

Tentunya ini semua dapat kita capai tidak lepas dari partisipasi aktif segenap pemangku kepentingan dan seluruh masyarakat dan kerja sama yang baik antara Pemerintah dan DPRD Kota Tomohon, serta didukung sepenuhnya oleh seluruh ASN dan Pegawai Non ASN termasuk perangkat Kelurahan yang ada di Kota Tomohon.

“Kedepan marilah kita bergandengan tangan, menciptakan sinergitas yang baik dalam menyukseskan segala program serta agenda agenda pembangunan yang semakin mensejahterakan masyarakat yang ada di Kota Tomohon dalam rangka menjawab tuntutan, kebutuhan dan harapan masyarakat menuju Tomohon Maju, berdaya saing dan sejahtera.” tutur Walikota Caroll.

“Saya selaku Walikota Tomohon atas nama Pemerintah Kota Tomohon menyampaikan selamat hari jadi ke 21 Kota Tomohon kepada seluruh lapisan masyarakat Kota Tomohon semoga Tuhan yang maha kasih akan senantiasa memberkati kita sekalian dan memberkati Kota Tomohon tercinta.” tukasnya.

Dilanjutkan dengan Launching LBP SIMPEGNAS (Location Based Presence) Absensi ASN Berbasis Lokasi, dan Penandatanganan Prasasti Proyek Pembangunan Tahun 2023 terdiri dari :

  • Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Lokasi Kel. Kakaskasen 2
  • Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Lokasi Kel. Woloan 1
  • Pembangunan Gedung Olahraga Lokasi Kec. Tomohon Barat
  • Pembangunan Lapangan Tenis Kota Tomohon Lokasi Kompleks Kantor Walikota Tomohon
  • Pembangunan Laboratorium Komputer Lokasi SD Impres Taratara 1
  • Pembangunan Toilet Lokasi SD GMIM Kayawu
  • Pembangunan Laboratorium IPA Lokasi SMP Kristen Rurukan
  • Pembangunan Ruang Tata usaha Lokasi SMP Kristen Rurukan
  • Pembangunan Area Bermain Lokasi TK Katolik Frater Don Bosco Tomohon
  • Pembangunan ruang gueu dan Ruang Kepala Sekolah Lokasi TK Katolik Frater Don Bosco
  • Pembangunan Gedung UKS Lokasi TK Baitlahim Talete
  • Taman Bermain TK GMIM Baitlahim Talete

Dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tomohon Pdt Olva Moningka SPak MTh, Wadanrindam 13 Merdeka Kolonel Infantri Daniel Lumbanraja, Kapolres Tomohon AKBP Lerry Tutu SIK MM bersama ketua bhayangkari Kota Tomohon Ny Fanny Lerry, Kajari Tomohon Alfonsius Gebhard Loe Mau SH MH, dandim 1302 Minahasa Letkol Infantri Mutakbir, Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Drs Johny Runtuwene DEA bersama Anggota DPRD Kota Tomohon, Mewakili Ketua Pengadilan Negeri Tondano Panitera Muda Pidana Deivid Losu SH, Koordinator Wilayah BIN Tomohon Letkol Ahmad Firgaus, Ketua TP PKK Kota Tomohon drg JeandArc Senduk-Karundeng, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring SE ME bersama Ketua dharmawanita persatuan Kota Tomohon Prisilia Thirsa Roring – Rawung, Para Mantan Walikota dan Wakil Walikota Tomohon, Para mantan Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Jajaran Pemerintah Kota Tomohon, Seluruh instansi vertikal yang hadir, Pimpinan BUMN dan BUMD yang hadir, Pejuang Kota Tomohon, Tokoh – tokoh agama, tokoh – tokoh masyarakat, Pengurus TP PKK Kota Tomohon dan anggota, Pengurus dharmawanita persatuan Kota Tomohon dan anggota, Staf Khusus Walikota, Para ASN dan Tenaga Kontrak. (wan/***)

Politics

“Banteng” Tomohon Makin Solid, Kokoh di Semua Dapil

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Berkaca pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) hanya mampu mengutus 4 kampiun terbaiknya.

Namun kali ini pada Pileg 2024 partai berlogo banteng moncong putih tersebut dibawah pimpinan ketua DPC PDIP Kota Tomohon Caroll Senduk perkasa di segala lini dapil yang ada.

Dalam beberapa kesempatan yang lalu, Caroll Senduk meyakini target 13 mampu diamankan oleh PDI Perjuangan untuk legislatif 2024.

“Mari torang rebut kursi DPRD Tomohon. Figur-figur kita adalah sosok-sosok hebat. Mereka semua kader-kader terbaik yang sudah melewati proses dan pertimbangan matang.” ujar Caroll Senduk. (26/1)

Dari data internal partai, dapil 1 Tomohon PDIP nyaris tak terbendung seluruh kader terbaiknya berperan penting hingga rata-rata memperoleh ribuan dukungan dari masyarakat hingga kuota 5 dari 7 kursi pun diamankan Banteng Moncong Putih.

Begitu juga dengan dapil 2 Tomohon, sebelumnya 2019 hanya keterwakilan satu kursi saja tapi 2024 bertambah dua kursi menjadi tiga kursi, artinya dapil 2 yaitu Tomohon Selatan terbukti kecintaan dan kepercayaan masyarakat kepada kader-kader terbaik PDIP kian pesat. Hal ini tak lepas dari tangan dingin Ketua DPC PDIP Caroll Senduk yang visioner melihat potensi dan sesuai keinginan masyarakat terkait aspirasi.

Dari dapil 3 Tomohon (Kecamatan Tomohon barat), Seluruh kader solid hingga mampu peroleh suara signifikan dan dua kursi pun mampu disegel PDIP.

Mengarah ke bagian utara atau dapil 4 Tomohon, PDI Perjuangan masih sangat kokoh, raihan ribuan suara menandakan masyarakat Tomohon solid mendukung PDI Perjuangan, tak ayal jumlah 5 kursi disegel Karlheiz Senduk dan Johny Runtuwene Cs untuk DPRD Tomohon 2024-2029.

Namun, Ketua DPC PDI Perjuangan Caroll Senduk menyebut hasil ini belum final, maka dimintakan simpatisan dan kader tetap terus kawal hingga penetapan nanti oleh KPU.

“Untuk perolehan suara saat inikan belum final tentunya sebagai hasil resminya masih menunggu rekapitulasi suara secara berjenjang oleh pihak KPU,” ungkap Caroll Senduk. (16/2)

(Wan)

Continue Reading

Bawaslu

Masuki Tahapan Pilkada 2024, Bawaslu Tomohon Mantapkan Persiapan

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Tahapan Pemilihan umum (Pemilu) hingga waktu pencoblosan dan penghitungan suara telah usai 14 Februari kemarin.

Sejak awal tahapan hingga memasuki proses hitung suara, Bawaslu Tomohon telah menginventarisir beragam temuan maupun laporan dugaan pelanggaran.

Pada Rapat koordinasi pengelolaan barang dugaan pelanggaran Pemungutan dan penghitungan suara pemilu tahun 2024 di Kota Tomohon yang digelar di Ruang rapat Grand Master, Ketua Bawaslu Tomohon Stenly Kowaas
menyebut, memasuki tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bawaslu melakukan evaluasi.
Rabu (21/2) 2024

“Kami berharap lewat rakor ini bisa mendapatkan bahan evaluasi. Tentunya juga mendapatkan masukan dari para peserta yang hadir maupun para narasumber.” ujar Stenly Kowaas saat membuka rakoor.

Kowaas pun mengatakan, nantinya kita akan koordinasi bersama dengan pihak penyelenggara yakni KPU. Tentunya juga menjadi bahan dasar yang penting bagi jajaran pengawas dalam dampak pelaksanaan pemilihan kepala daerah yang tidak lama lagi.

Ketua Bawaslu Tomohon Stenly Kowaas dalam kesempatan itu mengakui bahwa pelaksanaan pemungutan suara secara makro mungkin di kota Tomohon berjalan dengan baik.

“Dibeberapa tempat terjadi kesalahan kecil secara teknis. Sebab kita tau bersama perolehan suara dari partai-partai dan calon-calon itu sebagian besar juga beda tipis. Dan ini bisa manjadi masalah dikemudian hari,” ujarnya.

“Harapannya lewat rakor ini bisa mendapatkan bahan evaluasi. Tentunya juga mendapatkan masukan dari para peserta yang hadir maupun para narasumber.” tukasnya

Tampil sebagai narasumber dalam rakor ini, yakni Evendi Sondakh kalangan akademisi dan Irwan Maki selaku pengamat pemilu.

Tampak turut mendampingi Ketua Bawaslu Tomohon, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, dan Penyelesaian Sengketa Yossi Christian Korah. (wan)

Continue Reading

Breaking News

Polres Tomohon Terima Penghargaan dari Kemenkeu

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Dibawah pimpinan Kapolres AKBP Lerry Tutu,  Kepolisian Resort (Polres) Kota Tomohon terima penghargaan.

Penghargaan diterima dari Kementrian Keuangan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Provinsi Sulawesi Utara Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Manado.

Kapolres Tomohon Lerry Tutu mengatakan, Penghargaan yang di peroleh Polres Tomohon hari ini, merupakan hasil kerja dari seluruh personel Polres Tomohon, terutama dalam hal pengelolaan anggaran.

“Semoga juga dengan adanya penghargaan ini, akan memotivasi kami Polres Tomohon dalam pengelolaan anggaran di Polres Tomohon untuk lebih baik lagi.” ujar Kapolres Lerry saat menghadiri  langsung kegiatan executive gathering dirangkaikan dengan rapat koordinasi pelaksanaan anggaran tahun 2024 sekaligus penyerahan penghargaan dari pihak KPPN tipe A1 Manado di Lantai 6 gedung keuangan negara Manado. (21/2) 2024.

Disamping itu Kapolres juga mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Polres Kota Tomohon.

“Terima kasih kepada Kementrian Keuangan Republik Indonesia, melalui KPPN Manado yang telah memberikan kepercayaan dan reward kepada Polres Tomohon, semoga ke depan reward yang diberikan ini dapat dipertahankan dan akan menjadi dasar untuk pengelolaan anggaran di Polres Tomohon semakin baik lagi.” ungkap Lerry Tutu. (wan/***)



Continue Reading

Trending