Connect with us

Breaking News

Wakili Langowan Barat Di Tingkat Kabupaten, SD Negeri Raringis Siap Ikuti Lomba Sekolah Sehat

Published

on

Langowan Barat, inforakyatnews-com – SD Negeri Raringis menjadi salah satu Sekolah Dasar yang mewakili Sekolah Dasar yang ada di kecamatan langowan barat untuk mengikuti Lomba Sekolah Sehat di Kabupaten Minahasa.

Kepala Sekolah Dasar SD Negeri Raringis Rifka S Roti. S. Pd, M. Pd, mengatakan SD Negeri Raringis terpilih mewakili sekolah dasar yang ada di kecamatan Langowan barat, dalam kategori Sekolah Besar.

Kepala Sekolah Dasar SD Negeri Raringis Rifka S Roti. S. Pd, M. Pd

“Untuk diketahui SD Negeri Raringis, mengikuti Lomba Sekolah Sehat ini, yang digelar dinas pendidikan, bertemakan Gemilang Hari ulang tahun (HUT) Minahasa ke- 595, Dinas Pendidikan, dalam rangka menyambut HUT Minahasa pada bulan November nanti, “Ucap Rifka S Roti, ketika ditemui di Ruang Kerjanya di Sekolah SD Negeri Raringis.Selasa (24/10/23).

Roti menjelaskan bahwa untuk mengikuti Lomba Sehat ini maka ada beberapa kategori yang harus dipenuhi oleh sekolah tersebut.

“Jadi Lomba Sekolah Sehat diikuti oleh (TK dan KB, SD dan SMP). Dan untuk peserta SD, sekolah dengan 2 Kategori, dan SD Negeri Raringis masuk kedalam sekolah Kategori Sekolah Besar dengan Jumlah Siswa 51 orang ke atas. Dimana kriteria yang dinilai dalam perlombaan ini diantaranya, Kebersihan, Kerapihan dan Kebersihan Kelas dan Lingkungan Sekolah
.Kelengkapan Alat Kebersihan
.Keindahan dan Kreatifitas.
• Kerindangan.

“Berikutnya Administrasi,
. Administrasi Kurikulum.
.Administrasi Kesiswaan.
.Administrasi Kepegawaian.
✓ Administrasi Keuangan
.Administrasi Persuratan dan Pengarsipan
.Administrasi Sarana dan Prasarana.

” Dan terakhir, Implementasi Kurikulum Merdeka
Implementasi P5,
Eksplorasi Rapor Pendidikan,
Perencanaan Berbasis Data sesuai Rapor Pendidikan, Pelaksanaan IRB (Identifikasi Refleksi Benahi),
KOSP, Komunitas Belajar (luring di sekolah dan daring di PMM), Peningkatan Kompetensi Guru melalui PMM (prosentase guru yang memiliki sertifikat pelatihan mandiri), “jelas Roti.

Lebih lanjut dikatakannya dengan terpilihnya Sekolah SD Negeri Raringis mewakili Langowan Barat, maka pihak Sekolah pasti telah bersiap mengikuti lomba ini.

” Pastinya kami sebagai pihak sekolah yang mewakili kecamatan Langowan Barat, akan siap mengikuti perlombaan ini, meskipun persiapan kami mungkin waktunya terlalu singkat, karena hari ini dan besok tim penilai akan menilai keikutsertaan dalam lomba Sekolah sehat ini, “pungkasnya.

Diketahui Lomba Sehat ini masuk dalam kegiatan yang di gelar Dinas Pendidikan kabupaten Minahasa, dimana Tema yakni Gemilang HUT Minahasa ke-595. (HerS)

 

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Breaking News

Pemerintah Desa Noongan 3 bersama UPT Puskesmas Cegah DBD Dengan Fogging

Published

on

Pemdes Noongan 3 bersama Tim UPT Puskesmas Cegah DBD Dengan Fogging

LANGOWAN BARAT, inforakyatnews.com – Dalam upaya memutus mata rantai pemberantasan nyamuk demam berdarah di Desa Noongan 3 dan sekitarnya, di kecamatan Langowan Barat maka Pemerintah Desa Noongan 3 bersama tim UPT Puskesmas Tumaratas melakukan Fogging di hampir semua wilayah yang ada di desa Noongan 3 dan sekitarnya, pada Sabtu, (18/5/24), sore.

Hukum Tua Desa Noongan 3, Denhart J. Walean mengatakan dengan adanya kasus yang mengarah kepada kasus DBD di desa maka Saya selaku Hukum Tua bersama perangkat desa yang ada melakukan koordinasi dengan pihak UPT Puskesmas Tumaratas untuk melakukan pencegahan melalui fogging di jam yang tepat disaat nyamuk DBD beraktifitas.

“Jadi kegiatan Fogging dilakukan sebagai langkah pencegahan berkembangnya vektor nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan teknik pengasapan. Tujuan dari fogging ini adalah untuk membunuh nyamuk dan untuk memutus rantai penularan penyakit yang ditularkan oleh si nyamuk Aedes aegypti, “kata Walean. Kepada Media ini, ketika ditemui di lokasi penyemprotan, di Desa Noongan 3.

Dia pun menghimbau bagi warga untuk bekerjasama dalam memutus mata rantai nyamuk demam berdarah ini dengan rajin membersihkan lingkungan yang ada selain kita melakukan kerja bakti.

” Saya menghimbau kepada warga masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, dan sebaiknya mameriksa saluran air yang ada di sekitar rumah, dan jika ditemukan barang bekas yang berpotensi bisa menyebabkan tergenangnya air untuk dapat mencegah sedini mungkin agar tidak berpotensi menyebabkan berkembangnya nyamuk demam berdarah ini, “imbaunya.

Sementara itu Kepala UPT Puskesmas Tumaratas, dr Claudya Timontiling, ketika dihubungi Media ini, mengatakan hal ini dilakukan melalui koordinasi dengan Dinas Kesehatan kabupaten Minahasa sebagai bagian dari Pemkab Minahasa.

“Oh iya, jelas kami setiap melaksanakan kegiatan fogging dikoordinasikan dengan dinas kesehatan minahasa atas hasil PE puskesmas, dan kalau fogging dilakukan berdasarkan angka kejadian kasus, kalau ada kasus ditindak lanjuti lewat kegiatan surveilance, untuk penanggulangan dengan pencegahan, tetap yang utama Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) juga 3M Plus. Fogging kalau memenuhi kriteria fogging karena tetap untuk memutus mata rantai penularan DBD yang paling penting itu 3M plus, “ucapnya. Sembari menghimbau agar warga supaya rutin melakukan 3M plus supaya tidak ada penambahan kasus baru untuk DBD.

Adapun cara Mencegah Demam Berdarah,
Terapkan 3M. Program 3M terdiri dari menguras bak mandi, menutup tempat penampungan air, dan memanfaatkan kembali limbah barang bekas.

Dan Kapan waktu fogging yang baik?
Pelaksanaan fogging harus dilakukan pada waktu yang tepat, yaitu sekitar pukul 07.00 – 10.00 dan pukul 14.00 – 17.00. Dikarenakan pada waktu itulah nyamuk Aedes aktif dan beraksi menggigit manusia.(HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Breaking News

Peringati 75 Tahun Hubungan Indonesia-AS, DPP K3 Akan Kukuhkan DPW K3 USA di KJRI Los Angeles

Published

on

INFORAKYATNEWS.COM – Tahun ini genap 75 tahun hubungan diplomatik Republik Indonesia dengan Amerika Serikat (AS). Momentum tersebut menjadi inspirasi diadakannya pengukuhan Dewan Pengurus Wilayah Kerukunan Keluarga Kawanua (K3) Amerika Serikat yang dilakukan secara adat di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Los Angeles pada Sabtu, 4 Mei 2024.

Selain melestarikan budaya asli Minahasa yang merupakan budaya Indonesia, Dewan Pengurus Pusat (DPP) Kerukunan Keluarga Kawanua (K3) juga berinisiasi menjalin kesatuan sekaligus mempererat hubungan antar negara yang telah terjalin selama 75 tahun.”Kami menjalin hubungan sekaligus melestarikan serta mempromosikan budaya Minahasa, Sulawesi Utara di Negeri Paman Sam (Sebutan Lain untuk Amerika Serikat, red),” tukas Ketua Umum DPP K3 Angelica Tengker.

Ketua DPW K3 Luar Negeri USA Welly Rey bersama pengurusnya Periode 2023-2027 akan dikukuhkan secara adat oleh DPP K3 yang dipimpin Ketua Umum Angelica Tengker dab Sekretaris Jenderal Teichi Kolopita. Kegiatan juga di meriahkan dengan bazaar Nusantara, musik khas daerah Kolintang, tarian Kabasaran serta diiringi sejumlah artis Kawanua juga Generasi Muda Kawanua akan turut berpartisipasi. Rencananya Konsulat Jenderal (Konjen) Los Angeles Purnomo A Chandra akan hadir sekaligus membuka kegiatan adat tersebut.

Rombongan DPP K3 yang akan hadir di AS terdiri dari Ketua Dewan Pembina Irjen Pol (Purn) Ronny F Sompie, Ketua Umum Angelica Tengker, Sekjen Teichi Kolopita, Bendahara Umum Nova Rumondor, Wakil Ketua Umum Michael Lakat, Ketua Bidang OKK Ifan Wellem Pioh, Ketua Bidang Infokom Jimmy Endey, Jeanne Sompie, Nobby Benharto Wowor, Jursi Gusty Alfrita, Rizart Supit, Jussac Ariel Luther, Roddy Tinggogoy, Royke Robertus Paruntu, Stephanie Michelle Wengkang, Matheys Hahijary, Nathanael Daniel Benedict Pioh, Olivia Helena Esterfien Lakat, Reinhard Matindas, Frieda Valentida Kusnadi dan Marina Christina Tinggogoy.(**)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Breaking News

“Bergerak Maju, Menjadi lebih Kuat”, Walikota Caroll Launching TIFF 2024

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Pemerintah Kota Tomohon melaunching Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2024 dilaksanakan di Samping Menara Alfa Omega Pusat Kota Tomohon. Jumat, (19/04/2024).

Launching TIFF diawali dengan FunWalk oleh Walikota Tomohon Caroll J A Senduk SH bersama Forkopimda Tomohon, Jajaran Pemkot Tomohon dan para Sponsorship.

Kesempatan tersebut Walikota Tomohon mengatakan, Tomohon International Flower Festival adalah event pariwisata yang adalah salah satu penggerak utama bagi kegiatan perekonomian daerah Kota Tomohon, kuncinya adalah melaksanakan event yang berkualitas, dengan mensinergikan beragam komponen terkait dalam masyarakat. Agar manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat, bersama stakeholder terkait dan UMKM yang terdampak dari pergerakan wisatawan dan aktivitas ekonomi kreatif lainnya.

“Tentu, hal ini mendukung program nasional dalam meningkatkan arus kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara sekaligus untuk mengajak lebih banyak masyarakat berwisata di dalam negeri dan mendongkrak pertumbuhan wisatawan nusantara hingga berlipat-lipat banyaknya.” tutur Walikota Caroll Senduk.

Walikota juga mengatakan, ini sekaligus membangun kolaborasi bersama pemerintah pusat, Pemerintah daerah, asosiasi, komunitas dan stakeholder industri pariwisata untuk bekerja sama dan sama-sama bekerja dalam meningkatkan kualitas event dan destinasi, hingga memperbanyak atraksi event-event yang berkesan dan menarik. sehingga terus menjadi event pariwisata Indonesia berkelas dan mendunia.

Pelaksanaan Launching TIFF 2024 dengan tema “Bergerak Maju, Menjadi lebih Kuat” (Moving Forward, Getting Stronger) adalah sebagai motivasi dan ajakan untuk bergerak maju dengan penuh semangat dan optimisme, untuk menjadi kuat bersama melalui kegiatan Pariwisata dan ekonomi kreatif. Sehingga mampu menggerakkan perekonomian masyarakat Kota Tomohon dan sekitarnya.

“Mari kita bekerja bersama, kita ciptakan perluasan lapangan kerja, sebagai bagian dari kemajuan perekonomian kita. serta untuk mendukung dan menyukseskan visi Tomohon maju berdaya saing dan sejahtera.” tukasnya.

Dilanjutkan dengan Launching Tomohon International Flower Festival oleh Walikota Tomohon didampingi Forkopimda Tomohon dan Tokoh-tokoh Agama ditandai dengan pelepasan Merpati.

Turut hadir, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring, SE, ME, Ketua DWP Kota Tomohon Prisilia Tirsa Roring -Rawung, Kapolres Tomohon AKBP Lerry Tutu, SIK, MM., Danrindam 13 Merdeka Kolonel INF Endra Saputra Kusuma, ZRSE., Pabung kota Tomohon Mayor CBA Novel Maridjan,Mewakili ketua PN Tondano Devid Losu, Korwil BIN Ahmad Firgaus, Kemenag Kota Tomohon Arvel Moningka, M.Th.,Тokoh-tokoh Agama, Tokoh-tokoh Masyarakat,Jajaran Pemerintah Kota Tomohon, para  Sponsorship, hadirin dan undangan. (wan/***)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending