Connect with us

Tomohon

Verifikasi Lapangan Hybrid KLA, Pemkot Tomohon Optimis dari Kategori NINDYA Naik UTAMA

Published

on

 

 

TOMOHON, inforakyatnews.com – Pemerintah Kota Tomohon dalam mendukung tercapainya Kota Layak Anak (KLA) terus berinovasi guna memberikan pelayanan prima pada masyarakat khususnya anak-anak.

Dalam beberapa tahun terakhir Kota Tomohon berhasil sabet penghargaan KLA tingkat pratama pada tahun 2018, 2019 dan 2021. Terakhir pada tahun 2022 dibawah pimpinan Walikota Caroll Senduk dan Wakil Walikota Wenny Lumentut (CSWL) sukses terima penghargaan KLA dari menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati atau lebih dikenal dengan ibu Bintang Puspayoga Kategori NINDYA. (22/6) 2022

Walikota Tomohon Caroll Joram didampingi Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring saat mengikuti kegiatan Verifikasi Lapangan Hybrid (VLH) Evaluasi Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2023 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI secara virtual bertempat di Ruang Rapat Walikota Tomohon, mengatakan guna terwujudnya pelayanan prima kepada masyarakat pemerintah Kota Tomohon telah membuat Perda Kota layak anak Nomor 1 Tahun 2020. Selain kebijakan-kebijakan yang dilakukan juga langkah operasional telah dilaksanakan oleh berbagai SKPD lintas sektor dan pemangku kepentingan yang tergabung dalam gugus tugas Kota Tomohon layak anak.

“Ini merupakan hal yang sangat positif bagi warga kota Tomohon, karena sudah jelas tujuan utama sinergitas yang telah dibangun dan dilaksanakan bukan hanya untuk pencapaian predikat saja, akan tetapi lebih kepada pencapaian secara utuh yaitu terwujudnya pemenuhan hak dan perlindungan anak untuk menghasilkan generasi yang unggul dan berkualitas,” ujar Walikota Caroll Senduk. (6/6) 2023.

Lanjut Walikota Caroll, perlu diapresiasi Kementerian Pemberdayaan perempuan dan Anak karena Kota Tomohon mendapat kesempatan untuk mengikuti Verifikasi Lapangan Hybrid Kota Layak Anak Tahun 2023.

“Untuk pencapaian predikat pada tahun 2023 ini tentunya dapat meningkat di kategori yang lebih tinggi yaitu kategori Utama,” ujarnya.

Narasumber dalam kegiatan Meydian Widyastuti Selaku Plt Sekretaris Deputi Kementerian P3A Republik Indonesia bersama tim juga mengatakan bahwa dalam sebuah Kabupaten/Kota dengan kategori layak anak mempunyai 5 klaster hak anak yang terdiri dari Kluster pertama Hak Sipil dan Kebebasan, Kluster kedua Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan Alternatif, Kluster ketiga Kesehatan dasar dan Kesejahteraan, Kluster keempat Pendidikan dan Pemanfaatan Waktu Luang dan Kegiatan Budaya, dan Kluster Kelima yaitu Perlindungan Khusus.

Hadir juga Mewakili Kajari Tomohon Dedi Ansiga SH, Mewakili Kapolres Tomohon Iptu Stevi Sumolang SH, Ketua TP PKK Kota Tomohon drg Jeand’Arc Senduk-Karundeng, Plh Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Alfet Posumah SPd, Mewakili Pimpinan Bank Sulutgo Helvi Rugian, Mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tomohon Recky Kaligis, Jajaran Pemerintah Kota Tomohon. (Wan/*)

Print Friendly, PDF & Email

Tomohon

Walikota Caroll Bersama Jajaran Melayat di Rumduk Ayah Terkasih Sekretaris BKPSDMD Eden Kawung

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Walikota Tomohon Caroll J. A. Senduk melayat di rumah duka Almarhum Joppy Welly Kawung (74) dalam keluarga besar Kawung-Kapero di Desa Tombasian Bawah, Jaga 4, Kecamatan Kawangkoan Barat, Kabupaten Minahasa. (16/4) 2024.

Almarhum Joppy Welly Kawung merupakan ayah terkasih dari Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Tomohon Eden Kawung.

Walikota saat menghadiri mengungkapkan selaku pribadi mendoakan keluarga yang ditinggalkan juga turut berduka cita kepada keluarga besar.

“Untuk itu saya selaku pribadi dan keluarga bersama seluruh jajaran pemerintah Kota Tomohon menyampaikan Turut berduka cita yang dalam atas meninggalnya bapak Joppy Welly Kawung tutup usia 74 tahun 11 bulan 9 hari keluarga besar Kawung-Kapero.” ungkap Walikota Caroll Senduk.

Walikota juga mengatakan, keluarga berduka untuk terus berpengharapan kepada Tuhan Yesus karena Tuhan Yesus sumber penghiburan yang sejati.

Mewakili keluarga besar Kawung-Kapero, Sekretaris BKPSDMD Kota Tomohon Eden Kawung mengungkapkan satu kehormatan bagi kami keluarga atas kedatangan Walikota Tomohon Caroll Senduk.

“Kunjungan dari pimpinan memberikan kekuatan bagi kami keluarga besar Kawung-Kapero di tengah-tengah duka cita yang kami alami ketika bapak kami berpulang kami sangat Kehilangan sebagai manusia biasa kami sangat sedih ketika ditinggalkan oleh orang yang paling Kami kasih,” ucap Eden Kawung.

“Sosok seorang ayah yang saya selalu sampaikan di atas adalah orang yang tangguh motivator bagi kami anak-anak walaupun di tengah-tengah kondisi sakit dia tetap berjuang tetap berjuang memberi semangat,” tukasnya.

Turut mendampingi Walikota Tomohon, Ketua TP-PKK Jeand’arc Senduk-Karundeng, Sekretaris Kota Tomohon Edwin Roring, Asisten Administrasi Umum Masna Pioh, Kadis Capil Kota Tomohon Albert Tulus, Kadis BPBD Hengky Supit, Kadis PPKB Mareyke Manengkey, Inspektorat Jean Bolang juga pejabat lainnya.(wan)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Walkot Caroll Senduk Hadiri Malam Grand Final Remaja Teladan GMIM Wilayah Tomohon Satu

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Walikota Tomohon Caroll Senduk SH (CS) menghadiri Grand Final Remaja Teladan GMIM Wilayah Tomohon Satu, bertempat di Wale Syaloom Kolongan, Minggu (14/4/2024).

Walikota dalam sambutannya mengatakan, selaku pribadi, pemerintah menyampaikan selamat berlomba bagi para remaja teladan dalam grand final hari ini, dimana kedepannya akan menjadi teladan dimana berada serta menjadi panutan.

“Sebagai Orang Tua bangga melihat anak-anak kita menjadi anak-anak remaja Gereja yang luar biasa dan boleh menjadi teladan bagi teman baik dalam keluarga, gereja maupun masyarakat,” ujar Walikota.

Dia mengatakan para remaja ini juga semoga menjadi penerus-penerus dalam pembangunan Iman. “Jadikan Ajang Grand Final ini sebagai peluang untuk mengasah potensi diri, karena pencapaian hari ini bukanlah akhir dari segalanya, melainkan standard dan pondasi awal untuk kedepannya,” sebut Senduk. (***)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Headline

Pemilihan Remaja Teladan Wilayah Tomohon IV, Diapresiasi Walikota Caroll Senduk

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Walikota Tomohon Caroll Senduk SH (CS) menghadiri Grand Final Pemilihan Remaja Teladan Wilayah Tomohon IV tahun 2024 bertempat di GMIM Nafiri Pangolombian, Minggu (14/04/2024)

Khadim dalam ibadah kegiatan ini, Pdt Kristi Sigar Sampie, MTh, selaku Ketua BPMJ Jemaat GMIM Nafiri Pangolombian.

Dalam Sambutannya, Walikota menyampaikan selamat berkompetisi kepada seluruh finalis remaja teladan GMIM wilayah Tomohon IV.

“Kami pemerintah mengapresiasi kepada seluruh panitia Remaja Teladan wilayah Tomohon IV yang telah melaksanakan kegiatan yang membawa dampak positif bagi para remaja, terutama untuk GMIM. Dimana bakat dan talenta yang ada pada remaja dapat dikembangkan dan dapat berguna sekaligus bermanfaat buat diri sendiri, Gereja, maupun masyarakat,” ujar Walikota. (***)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending