Menu

Mode Gelap
KPK Buka Kelas Pemuda Anti Korupsi Tahun 2022 di Sulut Hadirkan DJ Ribka, HUT ke-8 “Good Day Club” Bakal Spektakuler GMNI Cabang Manggarai Demo Tolak Kenaikkan Harga BBM Kata BMKG Soal Cuaca Tak Menentu Saat ini Pemda Manggarai Himbau Masyarakat Waspada Wabah PMK

Manggarai · 18 Agu 2022 15:39 WITA ·

Tarian Caci Meriahkan Perayaan HUT RI di Manggarai


 Tarian Caci Meriahkan Perayaan HUT RI di Manggarai Perbesar

Manggarai, Inforakyatnews.com -Memeriahkan perayaan HUT ke-77 RI, Pemerintah Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur, menggelar tarian caci selama dua hari, Kamis 18/8 hingga Jumat 19/8, di Lapangan Motang Rua Ruteng, Ibu Kota Kabupaten Manggarai.

Tari Caci adalah permainan rakyat masyarakat manggarai. Permainan ini telah diwariskan secara turun temurun.

Caci sendiri berasal dari dua kata yakni Ca artinya satu dan Ci artinya paksa atau memaksa. Sehingga Caci bermakna memaksa satu lawan satu bertarung dengan cambuk dan perisai. Penari bersenjatakan cambuk sebagai penyerang dan seorang lainnya bertahan menggunakan perisai. Caci juga adalah sukacita dan kegembiraan.

Dalam permainan ini ada daya juang yang ditunjukkan tentang kemampuan seorang penari dalam menyerang dan menangkis serangan.

Ketua Panitia, Wilfridus Buntanus menyebut Caci dalam rangka Perayaan HUT ke-77 RI tahun ini melibat peserta dari 12 Kecamatan sewilayah Kabupaten Manggarai. Enam kecamatan yakni Kecamatan Satar (Koordinator), Satar Mese Barat, Satar Mese Utara, Lelak, Ruteng dan Kecamatan Rahong sebagai tamu (Weki Landang) dan sebagai tuan rumah (Ngara Golo) yakni Kecamatan Langke Rembong (Koordinator), Wae Rii, Cibal, Cibal Barat, Reok dan Reok Barat.

Menurut Kadis Pariwisata Manggarai ini, tarian caci warisan budaya turun temurun yang perlu dilestarikan. Caci juga merupakan Ikon budaya manggarai.

“Ini juga untuk promosi pariwisata di daerah. Beberapa pelaku pariwisata sengaja kita undang untuk menyaksikan acara ini,” kata Fridus. (Adi)
.

Artikel ini telah dibaca 84 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

SMK St.Aloisius Wakil NTT Pada Ajang Lomba Kompetensi Siswa SMK Tingkat Nasional

21 September 2022 - 15:41 WITA

GMNI Cabang Manggarai Demo Tolak Kenaikkan Harga BBM

6 September 2022 - 22:48 WITA

Literasi Harus Lahirkan Insan Berkarakter dan Berintegritas

28 Agustus 2022 - 18:18 WITA

Polisi Tangkap Bandar Togel Online, 1 Juta Lebih Uang Disita

20 Agustus 2022 - 18:08 WITA

Turnamen Mbaumuku Cup 1, RT 014 Juara 1 Bola Volly Putra/Putri

16 Agustus 2022 - 14:59 WITA

Gunakan Kunci Palsu, Pria Asal Welu Cibal Bawa Kabur Sepeda Motor

4 Agustus 2022 - 19:08 WITA

Trending di Manggarai