Connect with us

Breaking News

Taman Dan Lapangan Kota Tondano, Dapatkan Sentuhan Renovasi Kementerian PUPR

Published

on

MINAHASA, inforakyatnews.Com – Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si, IPU, ASEAN.Eng, menghadiri Peletakan Batu Pertama dalam kegiatan Rencana Pembangunan Infrastruktur Pemukiman (RPIP) Pusat Kota Tondano, bertempat di Lapangan Sam Ratulangi Tondano. Jumat (18/8/2023)

Kegiatan yang dilaksanakan Dinas PUPR Kabupaten Minahasa, bertujuan untuk mempercantik lapangan dan taman yang ada di tengah kota Tondano tentunya. Dimana pekerjaan ini merupakan realisasi kementerian PUPR.

Dalam kesempatan ini, Bupati ROR mengucapkan apresiasi dan tentunya terima kasih terhadap Kementerian PUPR yang telah merealisasikan apa yang menjadi aspirasi masyarakat Minahasa, akan keindahan kota tondano, atas pembangunan yang ada di Kabupaten Minahasa.

“Untuk diketahui hal ini merupakan aspirasi masyarakat di Minahasa yang telah ditanggapi oleh pihak Kementerian PUPR dengan merealisasikannya. Meskipun beberapa waktu yang lalu sempat tertunda diakibatkan pandemi Covid-19, tetapi saat ini bisa kita lihat akan segera terealisasi, “ucapnya.

Ditambahkannya juga bahwa selain taman dan lapangan yang ada ditengah kota tondano Nantinya juga akan ada renovasi Monumen Benteng Moraya dan Pulau Likri.

“Harapan Kita semoga hal ini bisa juga terealisasi,dan kami berharap satu atau dua tahun kedepan, hal ini bisa juga terealisasi, ”tutur Bupati Roring.

Adapun Renovasi ini sebelumnya sempat adanya tanggapan dari warga karena dalam master plan sebelumnya akan menghilangkan tulisan God Bless Minahasa di lapangan tersebut, alasanya tulisan ini telah menjadi ikon Kota Tondano. Untuk hal itu maka oleh Bupati Minahasa, ditegaskan bahwa itu tetap dipertahankan, hanya saja posisi tulisannya dipindah dan dengan skala yang sedikit lebih kecil.

“Kepada masyarakat tak perlu kecewa dan berburuk sangka dulu. Karena nantinya “God Bless Minahasa” tetap ada, dan akan ditata lebih baik, ” ungkap Bupati ROR.

Diketahui anggaran yang digunakan dalam pekerjaan ini menurut, Kepala Dinas PUPR Minahasa, Daudson Rombon ST, sesuai anggaran yanga ada untuk renovasi ini dilakukan dengan bantuan dari Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya, yang dilaksanakan Satuan Kerja Pelaksana Prasarana Pemukiman Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulawesi Utara, sebesar Rp 16.007.184.000.

Turut hadir pula dalam kegiatan ini Kapolres Minahasa, AKBP Ketut Suryana SIK, SH, MM, Dandim 1302 Minahasa diwakili Kasdim Minahasa, Sekertaris daerah Minahasa, Lynda Watania, Assistean II, Wenny Talumewo, Jajaran Pejabat Pemkab Minahasa, Para Kepala SKPD, dan Camat Tondano Barat.(HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Breaking News

Pemkab Minahasa Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah

Published

on

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa.

“Saya Penjabat Bupati Minahasa, Dr Jemmy Stani Kumendong M. Si, bersama Keluarga Kumendong – Onibala, Dan Sekertaris Daerah Kabupaten Minahasa Dr Lynda Watania MM. M. Si, bersama Keluarga, serta seluruh Jajaran Pejabat Pemkab Minahasa, mengucapkan selamat merayakan Idul Fitri 1445 Hijriah untuk seluruh Umat Muslim di Kabupaten Minahasa,” ucap Bupati Kumendong, Selasa (9/4/24).

Bupati Minahasa berharap di momen penuh bahagia dan kedamaian ini semoga selalu menyertai seluruh warga Indonesia khususnya masyarakat Minahasa dalam merayakan Idul Fitri tahun ini.

“Kita telah melewati bulan ramadhan yang mewajibkan umat Muslim untuk berpuasa. Dimana tujuannya untuk menguatkan iman dan ketaqwaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala Tuhan Yang Maha Kasih, sehingga tibalah kita menikmati Hari Kemenangan pada Hari Raya Idul Fitri ini,” kata Bupati Kumemdong.

Dia pun mengimbau, dalam perayaan Idul Fitri ini, agar tetap mengedepankan rasa keamanan dan ketertiban, serta menghindari pemborosan atau hal-hal yang bersifat konsumtif.

“Terima kasih atas kerjasama dan doa restu kepada saya selaku Penjabat Bupati Minahasa dalam menjalankan tugas pengabdian di Tanah Minahasa yang kita cintai dan banggakan ini,” ucapnya lagi.

“Sekali lagi, selamat merayakan Idul Fitri 1445 Hijriah bersama keluarga dan orang-orang terkasih. Mohon maaf lahir dan batin,” pungkas Bupati Kumendong.(HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Breaking News

Penurunan Prevalensi Stunting Jadi Satu Agenda Utama Pemkot Tomohon Menuju “Zero Stunting”

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Pemerintah Kota Tomohon dukung penuh program Presiden Jokowi terkait percepatan penurunan prevalensi stunting di Indonesia.

Beberapa waktu lalu Presiden RI Joko Widodo menargetkan Prevalensi Stunting di Indonesia menjadi 14 persen di tahun 2024 dari sebelumnya 21,6 persen prevalensi stunting (2022).

Melihat prestasi Pemerintah Kota Tomohon yang pada 2023 lalu menjadi salah satu daerah di Provinsi Sulawesi Utara dengan prevalensi stunding terendah dengan capaian prevalensi stunting 13,7% yang sebelumnya pada tahun 2021 berada di angka 18,3% sesuai laporan SSGI (Survei Status Gizi Indonesia) Selasa, 21 maret 2023.

Pencapaian tersebut berhasil menobatkan Kota Tomohon sebagai kota dengan prevalensi stunting terendah di Sulawesi Utara sesuai target Perpres Nomor 72 Tahun 2021.

Tahun 2024 ini Pemerintah Kota Tomohon menargetkan prevalensi stunting turun menjadi 9,8 persen, salah satu langkah diambil dengan melaksanakan rembuk stunting.

Tak main main, dibawah pimpinan Walikota Tomohon Caroll J.A Senduk pemerintah Tomohon terus berupaya agar stunting di Kota Tomohon menjadi nol persen atau Zero.

Saat membuka forum Rembuk Stunting Walikota Caroll Senduk mengatakan untuk penurunan stunting dijadikan sebagai agenda utama dengan membentuk tim percepatan yang sudah terbentuk. Tim ini sendiri akan beraksi dengan berpedoman pada 8 Aksi Konvergensi.

” Tim ini bekerja dengan memberikan pelayanan terpadu kepada masyarakat dan setiap saat akan dievaluasi lewat laporan laporan yang disampaikan,” Kata Caroll Senduk pada kegiatan yang digagas Bapelitbangda dengan melibatkan seluruh stakeholder, Senin (18/3/2024) di AAB Guest House di bilangan Kelurahan Matani Kecamatan Tomohon Tengah.

Walikota juga mengatakan penurunan stunting sudah menjadi agenda utama dari pemerintah pusat, yang mematok angka prevelensi menyentuh pada 14 persen skala Nasional.

Penurunan Stunting diberbagai tingkat pemerintahan pusat sampai daerah agar turun sesuai target prevelensi 14 persen nasional, sesuai dengan Perpres No: 72 tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting payung hukum strategi penurunan stunting.

“Di Provinsi Sulawesi Utara, jika sebelumnya hanya beberapa daerah yang jadi lokus program penurunan stunting, maka saat ini meningkat menjadi 15 kabupaten/kota,” kata Walikota pilihan rakyat ini.

Bagi Caroll Senduk, Stunting bisa berdampak buruk pada proses pertumbuhan anak sehingga penurunan stunting menjadi tanggung jawab kita bersama.

” Kasus stunting di Tomohon butuh kerja sama baik bersama semua semua stakeholder agar anak anak balita bisa mendapatkan kemudahan gizi agar pertumbuhannya sampai dewasa bisa berjalan normal,” ujar Caroll Senduk.

Sementara itu Kepala Bapelitbangda Kota Tomohon Inggrid Palit dalam laporannya menyampaikan Rembuk stunting dilaksanakan wujud komitmen untuk pencegahan penanganan dan penurunan stunting, Identifikasi Rencana dan Kegiatan Intervensi Penurunan dan Pencegahan Terintegrasi.

“Dalam Rembuk ini perangkat daerah menyusun kegiatan untuk penurunan stunting dan akan diinput dalam penyusunan RKPD tahun 2025.

“Ini moment untuk pengusulan kegiatan dan memaparkan progres materi yang tercantum dalam 26 indikator,” ungkap Inggrid Palit seraya menambahkan kegiatan ini juga mengacu pada
UU No: 23 Tahun 2012 dan UU No: 36 Tahun 2009 serta Perpres No; 27 Tahun 2012 dan
Perwako No: 245 tahun

Ikut pula hadir Staf Ahli wali kota Ibu Jeand’arch Senduk Karundeng, Kepala BKKBN Wilayah Sulut , Wakil Ketua DPRD Erens kereh, Wakapolres Tomohon Kompol Parura Amping, Danramil Kapten arm Charles Zadrak Sonlay dan Bapeda Sulut James Kewas. (Wan)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Breaking News

Kunjungi Kemen PUPR, Walikota Caroll Sodorkan 7 Proposal Pro Rakyat

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Visi dan Misi dari Wali Kota Caroll Senduk untuk membangun Kota Tomohon tak perlu diragukan lagi. Lihat saja, orang nomor satu di Kota Bunga ini gerilya di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk melakukan loby loby bantuan fasilitas fisik untuk kepentingan rakyat.

Hal ini terbukti, ketika pemimpin pilihan rakyat ini, bersama Sekkot Edwin Roring SE ME, Plt Kaban BKPSDM Albert Tulus, Kadis PUPR  Royke Tangkawarouw ST, Dirut PDAM Adrian Ngenget SE, bertandang ke instansi teknis tersebut dan diterima Direktur Sumber Daya Air (SDA) Ir. Bob Arthur Lombogia, MSi  bersama Direktur Air Tanah & Air Baku (ATAB) dan Direktur Operasi & Pemeliharaan (OP).

Dalam kesempatan tersebut wali kota yang juga kader terbaik milik PDIP Tomohon ini menyerahkan usulan proposal kegiatan untuk penataan kawasan Danau Linouw , Danau Pangolombian, penyediaan air baku, normalisasi sungai-sungai pembangunan checkdam, peningkatan jaringan irigasi untuk mendukung ketahanan pangan, penyediaan sumur – sumur bor untuk kebutuhan air bagi pertanian, yang kesemuanya bernilai miliaran rupiah.

Dirjen SDA Bob  Lombogia yang juga merupakan putra daerah Tomohon saat ini sebagai pejabat eselon IA  di KemenPUPR, dalam pemaparannya  berharap kiranya Kota Tomohon dapat menjadi pilot project kebijakan pengelolaan sumber daya air dalam rangka mengendalikan banjir yakni Zero Delta Q policy atau kebijakan selisih debit nol.

Dimana setiap pembangunan infrastruktur terutama perumahan dan pembangunan kawasan wisata di kaki Gunung Lokon dan Mahawu, agar tidak mengakibatkan terjadinya penambahan air di saluran drainase dan badan Sungai.

“Setiap air yang bertambah harus ditampung atau diendapkan ke tanah dengan menyediakan bangunan penangkap air seperti kolam retensi, bak penampungan dan sumur biopori/sumur resapan yang berfungsi ganda termasuk untuk konservasi air.

Pada kesempatan yang sama Wali Kota Caroll Senduk menyampaikan kiranya sinergitas yang telah terbangun dengan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian PUPR dapat terus ditingkatkan dan kementerian PUPR dapat membantu Pemkot Tomohon dalam menyiapkan infrastruktur yang sangat dibutuhkan untuk peningkatan kesejahteraan rakyat.

“Terima kasih atas sinergitas dan bantuan bantuan yang sudah diterima pemerintah Kota Tomohon,” kata Caroll Senduk. (wan/***)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending