Connect with us

Daerah

Syukur HUT ke-151 di Gereja Tua Galilea Watumea, Bupati Kumendong: Pelihara Cagar Budaya

Published

on

MINAHASA, inforakyatnews.com – Penjabat Bupati Minahasa, Dr Jemmy S. Kumendong MSi, mengikuti ibadah bersama jemaat GMIM Galilea Watumea di gedung Gereja ‘Tua’ Watumea, wilayah Tandengan. Ibadah ini dirangkaikan dengan ibadah syukur HUT gedung gereja GMIM Galilea ke-151. Pada Minggu (9/12/23)

Adapun khadim dalam ibadah ini dipimpin oleh Khadim Pdt Heski Manus MTh, mengambil pembacaan ayat Alkitab Yesaya 8:23 – 9:1-6.

Menariknya ibadah dipandu dengan menggunakan bahasa daerah sehingga menimbulkan kesan Minahasa yang sangat kental dalam suasana peribadatan, menyatu dengan gedung Gereja berbahan 95 persen dari kayu yang kini sudah ditetapkan sebagai Cagar Budaya.

“Namun tidak sekedar benda, tetapi narasi iman, doa, puji, sembah, sukacita dan syukur dinaikkan dari Gedung Gereja ini. Kita merenung di masa Advent kedua ini menanti Dia yang akan datang. Kita belajar predikat yang melekat pada Dia Sang Raja Damai,” ucap Khadim Pdt Heski Manus dalam khotbahnya.

Bupati Kumendong dalam sambutan mengatakan sangat terkesan dengan keberadaan gedung Gereja.

Pj. Bupati Minahasa Dr Jimmy S. Kumendong M.Si

“Pertama situasi dan kondisi masih sangat alami dan telah ditetapkan sebagai Cagar budaya. Perlu peran serta semua jemaat untuk menjaga keberadaan dan terpelihara. Kedua penggunaan bahasa daerah dalam peribadatan. Hal ini mempertahankan budaya sekaligus jati diri kita sebagai Tou Minahasa,” ujar Bupati Kumendong seraya mengatakan keberadaan jemaat dan gereja yang sudah mencapai 151 tahun meruapakan momen yang penuh sukacita dengan mempertinggi kualitas pelayanan dan iman anggota jemaat.

Lanjut Bupati Kumendong menghimbau, agar jemaat mempertahankan damai dan sukacita Natal. Menghadapi pesta demokrasi, Pemilu Pilpres dan Pileg jangan sampai membuat kita saling menebar kebencian dalam mendukung calon yang berbeda.

“Esensi dari sebuah pemilihan untuk mendapatkan pemimpin yang terbaik dengan sebijak mungkin. Jangan terpengaruh berita hoax, apalagi menyebarkan hingga menimbulkan ketidaknyamanan,” kunci Bupati Kumendong sembari meminta dukungan dari masyarakat untuk berbagai program pemerintah.
Masa kemarau yang baru dilewati sangat memukul produksi pertanian di daerah namun bisa dilewati, untuk itu mari kita terus giat berusaha dan bekerja. Banyak selamat untuk jemaat GMIM Galilea Watumea.

Turut hadir jajaran Pemkab Minahasa, Kaban Bapedda Jefri Tangkulung, Camat Eris Hendrik Lombogia, Ketua BPMW Tandengan, Pdt Raymond Rende STh, Ketua Jemaat GMIM Galilea Watumea, anggota DPRD Minahasa, Kapolsek Eris, Danramil Eris, para pelayan khusus, tokoh agama, tokoh masyarakat, para calon legislatif dan seluruh jemaat.(*)

Daerah

Dibuka Kakanwil Lumbuun, Kalapas Tondano Y Paath Ikuti Bimtek Watkesrehab

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas), Tondano, Kantor wilayah Kemenkumham Sulut, Yulius Paath mengikuti pembukaan kegiatan Bimbingan Teknis Watkesrehab dengan mengusung tema kebutuhan dasar, sanitase dan kesehatan lingkungan, Pada Rabu (21/2/2024) lalu.

Adapun kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kakanwil Kemenkumham Sulut, Ronald Lumbuun ini diikuti oleh petugas kesehatan dilingkungan Kanwil Kemenkumham Sulut .

Dalam sambutannya, Kakanwil Lumbuun menyampaikan pentingnya penyelenggaraan pelayanan prima untuk mereka yang sedang menjalani pidana atau ditahan dalam Lembaga pemasyarakatan, Rumah Tahanan Negara dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak melalui layanan kesehatan. Meskipun melakukan kesalahan namun hak yang melekat pada setiap individu seperti kebutuhan dasar kesehatannya harus tetap dilindungi.

Pada kesempatan ini, Lapas Tondano mengutus Kasibinapigiatja, I Made Budana, Dokter Gandi Napitupulu dan Perawat Pius Rawung untuk mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Watkesrehab dengan mengusung tema kebutuhan dasar, sanitase dan kesehatan lingkungan, selama beberapa hari kedepan. (HerS)

Continue Reading

Daerah

Diresmikan Presiden Jokowi, Bupati Kumendong Hadiri Peresmian INPRES Jalan di Sulut

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com
-Penjabat Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong, M,Si. Menghadiri Acara Peresmian Pelaksanaan INPRES Jalan Daerah di Provinsi Sulawesi Utara Oleh Presiden Republik Indonesia (RI). Ir. Joko Widodo.

Acara tersebut dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI di Kecamatan Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow. Jumat, (23/02/2024)

Dalam acara tersebut dihadiri pula Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Gubernur Sulut Prof. Dr. (HC). Olly Dondokambey, SE. Bupati Bolmong Bupati Bolsel, Bupati Bolmut, Walikota Kotamobagu, Bupati Sitaro.

Turut hadiri mendampingi Bupati, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Plt.Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Kadis PUPR, Kadis Pertanian, Plt.Kabag Prokopim.(HerS)

Continue Reading

Daerah

Kumendong Hadiri Ibadah Syukur GMIM Waleta Pineleng Ke-20

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com
-Pejabat Bupati Minahasa Pnt. Dr. Jemmy S. Kumendong, M.Si menghadiri Ibadah Syukur HUT ke-20, Jemaat GMIM Waleta Graha Indah Pineleng Dua, Kamis (22/2/2024).

Pada kesempatan ini PJ Bupati Kumendong dalam sambutannya mengucapkan selamat ulang tahun ke- 20, kepada Jemaat GMIM Waleta Graha Indah Pineleng Dua.

“Saya mewakili Pemerintah Kabupaten Minahasa dan Jajaran pejabat yang ada, mengucapkan selamat merayakan HUT Ke-20 Jemaat GMIM Waleta Graha, kiranya Tuhan akan memberkati jemaat gereja yang ada. “Ucapnya.

Adapun khadim dalam
Ibadah syukur ini dipimpin oleh Pdt. Jefry Saisab, S.Th, M.Si, selaku Wakil Sekretaris Koordinasi Bidang Program Kategorial BIPRA dan Lansia Sinode GMIM.

Turut hadir dalam Ibadah Syukur, Ketua BPMW Pineleng, Pdt. Ny. Grace Rumengan-Ngantung, M.Th, Plt. Kadis P3A Minahasa, Agustivo Tumundo, SE, M.Si, Staf Khusus Bupati Minahasa, Teddy Masengi, Camat Pineleng, Sekcam Pineleng, Hukum Tua Pineleng Dua Indah, Ketua BPMJ Pdt.Ny. Margaretha Najoan-Karundeng, M.Teol Pdt Jemaat dan Pelayan Khusus serta Jemaat Waleta Graha Indah Pineleng Dua Indah.(HerS)

Continue Reading

Trending