Connect with us

Tomohon

Sinkronisasi Program Daerah dan Pusat, Wali Kota Caroll Senduk Selaraskan Dalam Musrembangnas 2024

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Wali Kota Tomohon Caroll Senduk mengikuti Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrembangnas) 2024 yang dibuka Presiden RI Ir Joko Widodo bersama Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin, di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Senin (06/05/2024)

Dalam Musrembang tersebut Wali Kota Caroll Senduk menyatakan komitmennya sebagai pemerintah daerah siap memastikan adanya singkronisasi program daerah & pusat sesuai arahan Presiden.

“ Dalam arahannya, Presiden meminta kami para pimpinan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah untuk memastikan penggunaan anggaran agar tepat sasaran. Dan, hal ini akan kami jalankan di Kota Tomohon,” ujar Caroll Senduk.

Wali Kota juga menambahkan Presiden Joko Widodo juga meminta pemerintah daerah harus betul-betul hati-hati dalam mengelola setiap rupiah anggaran yang kita miliki.

“Kita telah memiliki Rencana Pembangunan Jangka Panjang, kita telah memiliki Rencana Pembangunan Jangka Menengah, dan masuk ke tahunan kita masing-masing juga telah memiliki Rencana Kerja Pemerintah (RKP). Tetapi yang belum adalah sinkron atau tidak dengan rencana besar yang kita miliki, ini yang belum. Oleh sebab itu, sinkronisasi itu menjadi kunci,” ungkap Caroll Senduk mengutip statement Presiden.

Selain itu, Presiden Ir Joko Widodo juga menegaskan pemerintah daerah harus berbagi tugas dengan pemerintah pusat dalam menyelesaikan pembangunan proyek-proyek pemerintah di daerah.

Misalnya ketika pemerintah pusat telah membangun bendungan, maka pembangunan irigasi primer, sekunder, dan tersier yang menghubungkan ke sawah-sawah, itu menjadi tanggung jawab pemerintah daerah.

“Membangun pelabuhan, pelabuhan dibangun oleh Kementerian Perhubungan, tapi jalan mestinya ini daerah, jalan menuju ke pelabuhannya, meskipun hanya pendek, mungkin hanya 5 km, hanya 4 km, tidak dikerjakan. Ini yang namanya tidak sinkron, tidak seirama. Semuanya harus in line dengan tadi RPJP, RPJM, RKP, semuanya in line, kementerian sampai ke daerah itu harus segaris,” tegasnya.

Presiden juga mengingatkan kepada pimpinan kementerian/lembaga yang hadir untuk memberikan proyek pembangunan kepada daerah-daerah yang berkomitmen dan siap menyelesaikan proyek tersebut hingga tuntas. Untuk itu, sinkronisasi antara Sekretariat Daerah (Setda) dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menjadi kunci dalam perencanaan pembangunan di daerah.

“Kita telah membangun bendungan sampai saat ini selama 10 tahun sudah 42 bendungan dan akan selesai mungkin 60-an insyaallah tahun ini, akan menjadi 60-an, atau kalau meleset-meleset dikit ya menjadi 54, karena yang lain dikebut tapi bisa selesai, bisa tidak, tapi pasti akan selesai insyaallah. Kemudian jalan tol 2.049 km, jalan nasional 5.833 km selesai, pelabuhan baru 25, airport baru, bandara baru 25. Tapi ini tidak cukup, kalau jalan tol sudah dibangun Bappeda mestinya melihat disambungkan kemana, ini kan utama, poros utamanya, terus disambungkan ke mana, sambungkan ke wilayah pariwisata, sambungkan ke wilayah perkebunan, ke wilayah produktif, sambungkan ke wilayah pertanian yang produktif, sambungkan ke sentra-sentra kerajinan, itu harusnya yang mengerjakan daerah,” jelas Presiden.

Meskipun demikian, ia meminta para kepala daerah yang tidak memiliki kemampuan untuk menyelesaikan proyek-proyek tersebut meminta bantuan kepada pemerintah pusat. Presiden mengatakan bahwa proyek pembangunan jalan daerah yang menjadi penghubung ke sentra-sentra produktif dapat dilakukan melalui Inpres Jalan Daerah (IJD).

“Tahun lalu habis Rp14,6 triliun untuk perbaikan jalan-jalan daerah yang rusak. Tahun ini disiapkan lagi Rp15 triliun, tapi prioritas mana yang menimbulkan return ekonomi. Jangan sampai hanya jalan hanya dipakai untuk harian saja, tetapi harus ada oh ini jalan logistik, oh ini jalan menuju ke sentra produktif untuk pertanian, untuk perkebunan, itu produktif dan menimbulkan return ekonomi. Itu yang harus mulai dikalkulasi, mulai dihitung, dan kemudian diputuskan di daerah,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden meminta agar pemerintah daerah dapat memanfaatkan aliran air dari bendungan untuk kebutuhan air baku masyarakat. Namun, hingga saat ini proyek tersebut belum berjalan karena pemerintah daerah tidak memiliki kemampuan untuk membangun pipa sambungan ke rumah tangga. Untuk itu, pemerintah akan menyiapkan Instruksi Presiden (Inpres) untuk membantu menyelesaikan proyek tersebut.

“Oleh sebab itu, kemarin saya sampaikan kepada Menteri Bappenas, ya sudah disiapkan lagi Inpres untuk sambungan rumah tangga yang berkaitan dengan air minum. Tapi jangan semuanya itu pemerintah pusat, ini kalau didengar Inpres Jalan Daerah, Inpres sambungan ke rumah tangga untuk air minum, alhamdulillah, alhamdulillah, Bapak-Ibu ngerjain yang mana. Ini yang harus kita pikirkan bersama-sama agar apa yang kita telah bangun itu betul-betul bisa produktif karena rakyat membutuhkan,” tandasnya.

Hadir mendampingi Presiden, di antaranya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Hadi Tjahjanto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan.(***)

Print Friendly, PDF & Email

Tomohon

Untuk Tomohon Maju, Walikota Caroll Senduk Dialog Bersama Ratusan Masyarakat Tomohon

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Pemerintah Kota Tomohon guna menciptakan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah menggelar dialog publik, “Masyarakat Bertanya, Walikota Menjawab”.

Digelar di Rumah Kopi Kit Sang, Kelurahan Kamasi, Walikota Caroll Senduk menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut.

Kesempatan itu Walikota Caroll Senduk menekankan pentingnya memberikan kritik yang konstruktif kepada pemerintah.

“Jika ingin membangun Kota Tomohon yang lebih baik ke depan, hendaknya memberikan kritikan yang membangun untuk pemerintah. Jika ada solusi, berikan. Tidak ada manusia yang sempurna, apalagi pemerintah. Di dalamnya, Walikota dan pejabat tidak sempurna.” ujar Walikota Caroll Senduk.

Dia juga mengingatkan masyarakat akan pentingnya menjaga integritas informasi yang disebarluaskan. “Saya berharap tidak ada berita hoax di Tomohon. Kota ini dikenal sebagai kota religius. Karena kita semua orang gereja, jangan hidup berpikir negatif terus. Berpikirlah positif agar lebih baik,” ungkapnya.

Walikota Caroll Senduk menegaskan bahwa dialog publik ini adalah bentuk respon pemerintah dalam menyerap harapan dan aspirasi masyarakat. Ia berjanji bahwa kegiatan serupa akan dilaksanakan secara rutin dan bahkan akan diadakan langsung di setiap kelurahan.

“Ini untuk merespon apa yang diharapkan masyarakat,” Kata Caroll Senduk.

Dikesempatan tersebut, Walikota mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang hadir. “Sebagai pemerintah, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat yang sudah hadir dalam dialog publik ini,” tutupnya.

Dialog Publik ini tidak hanya menjadi wadah komunikasi antara pemerintah dan masyarakat tetapi juga memperkuat hubungan sosial di Tomohon. Warga yang hadir merasa didengarkan dan diberi kesempatan untuk berkontribusi dalam pembangunan kota.

Hal ini menunjukkan komitmen Wali Kota Caroll Senduk dalam menciptakan pemerintahan yang transparan dan inklusif, demi Tomohon yang lebih baik di masa depan.

Turut hadir mendampingi Walikota Tomohon Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring SE ME dan segenap Jajaran Pemerintah Kota Tomohon, Tokoh-tokoh masyarakat di Kota Tomohon, Insan Pers. (wan/**)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Tomohon

Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, Pemkot Tomohon Serahkan Bantuan Hewan Qurban di Tiga Masjid

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Umat Muslim di seluruh dunia hari ini merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah. Hari yang penuh makna ini menjadi momentum untuk merefleksikan nilai-nilai pengorbanan, ketaatan, dan kepedulian sosial.

Pemerintah Kota Tomohon dibawah pimpinan Walikota Caroll Senduk dukung penuh demi kelancaran salah satu hari besar Umat Muslim di Kota Tomohon.

Momentum tersebut Walikota Caroll Senduk mengunjungi dan memantau kelancaran perayaan di tiga Masjid di Kota Tomohon yakni Masjid Besar Nurul Imam Kampung Jawa Tomohon, Masjid Agung Al-Mujahidin Matani, Masjid At Taqwa Kinilow. (17/6) 2024.

Walikota Caroll mengatakan, Atas nama pemerintah kota Tomohon, pribadi dan keluarga menyampaikan selamat hari raya Idhul Adha kepada seluruh umat Islam yang ada di Kota Tomohon.

“Semoga melalui perayaan dan ibadah kurban saat ini mengajarkan umat semakin taat kepada Allah SWT, berkurban dengan penuh keikhlasan dan peduli terhadap sesama terutama kepada fakir miskin dan kaum dhuafa. Sekali lagi saya bersama Keluarga mengucapakan selamat berbahagia dan selamat berhari raya. Salam Kasih buat kita sekalian.” Ujar Walikota Caroll Senduk.

Kesempatan itu Pemerintah Kota Tomohon mendukung dengan menyerahkan bantuan hewan Qurban.

“Di hari raya Idhul Adha ini pemerintah kota Tomohon memberikan bantuan 3 ekor sapi untuk jemaah masjid agung al-mujahidin matani, jemaah mesjid Nurul iman kampung Jawa dan jemaah Masjid At Taqwa Kinilow.” tukasnya.

Penyerahan hewan kurban dari pemerintah kota Tomohon untuk jemaah masjid al-mujahidin matani diserahkan oleh asisten 1 Drs. Oktavianus Mandagi, MAP didampingi Pimcab. Bank SulutGo Tomohon: Lidya Dondokambey, dan diterima oleh imam masjid al-mujahidin: H. Sutardi Abdul Karim, BA dan Ketua Yayasan Masjid al-mujahidin,Abdul Mahmud.

Penyerahan hewan kurban dari pemerintah kota Tomohon untuk jemaah masjid Nurul Iman Kampung Jawa diserahkan oleh asisten 1 Drs. Oktavianus Mandagi, MAP, dan diterima oleh Ketu Badan Takmir Masjid, Haryanto Tubagus.

Penyerahan hewan kurban dari pemerintah kota Tomohon untuk jemaah masjid At-Taqwa diserahkan oleh asisten 3 : Masna J.M. Pioh, S.Sos dan diterima oleh Ketua Pembina Yayasan Hidayahtullah, Nuryadi Madjid bersama Ketua Keimanan Masjid At-Taqwa, Fahrudin Hulalata.

Turut Hadir dalam penyerahan hewan kurban ini Jajaran Pemerintah Kota Tomohon. (wan/***)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Tomohon

Juara di MTQ XXX Tingkat Provinsi Sulut, RTQ Daarul Qur’an Tomohon Di Apresiasi Walikota Caroll Senduk

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Walikota Kota Tomohon Caroll J.A Senduk mengapresiasi atas capaian dari RTQ Daarul Qur’an Kota Tomohon.

Hasil membanggakan tersebut usai tim RTQ Daarul Qur’an Tomohon berhasil merebut Juara 3 Tahfidz Qur’an Golongan 5 Juz Dan Tilawah Pada MTQ XXX Tingkat Provinsi Sulawesi Utara di Kotamobagu. Mereka Merupakan Para Santri Terbaik Hasil Didikan Dari Pengasuh Ust Barokah Zaenul Alam S.Q S.Ud Sekaligus Ketua JQH (Jam’iyatul Qurro Wal Huffadz) NU Wilayah SULUT.

RTQ Daarul Qur’an Tomohon Tersebut dibawah Naungan Yayasan MMIN (Mapalus Mawetengan Indonesia) Dengan Ketua Bunda Nur’ain Hasan S.Pdi Dan Sekretaris Ibu Tri Susanti M.Pd.

Pemerintah Kota Tomohon sangat berbangga kepada santri-santri Kota Tomohon yang mampu menjadi salah satu terbaik.

“Banyak selamat kepada para santri yang mampu mengangkat nama Kota Tomohon di ajang MTQ ke XXX Provinsi Sulawesi Utara. Semoga semuanya bisa menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Juga, menjadi kebanggaan bagi orang tua dan Kota Tomohon,” ungkap Walikota Caroll Senduk.

Apresiasi pun dilontarkan oleh Zamroni Khan Selaku Pengawas Pada RTQ Tersebut, ia menyampaikan ucapan selamat dan sukses Atas Pencapaian Yang Terbaik Bagi Para Santri RTQ DAARUL QUR’AN Tomohon Yang Selama Ini Digembleng Siang Dan Malam Agar Menjadi Insan Yang Qur’ani Kata Khan Yang Juga Ketua PCNU Kota Tomohon Dengan Mimik Yang Cukup Bahagia.

Diketahui pengumuman dilaksanakan bersamaan dengan acara penutupan MTQ ke XXX Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2024 yang digelar di Alun Alun Boki Hotinimbang. Kota Kotamobagu. Sabtu (15/6).

Hadir dalam kegiatan ini Gubernur Sulut diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan sekaligus PJ Walikota Kotamobagu Asripan Nani dan jajaran Forkopimda Kotamobagu, Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulut, Bupati Bolsel dan jajaran, Kepala Kemenag Kab/Kota, tokoh agama, tokoh masyarakat dan panitera.

Rangkaian acara MTQ ke XXX ini telah resmi ditutup oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan mewakili Gubernur Sulawesi Utara. Dalam sambutannya, ia menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada kepada Pemerintah Kotamobagu yang telah sukses menjadi tuan rumah MTQ ke XXX tahun ini.

Rangkaian MTQ yang berlangsung sekitar sepekan dan dibuka oleh WAGUB Sulut Steven Kandow tersebut Tergolong meriah dan spektakuler dengan menghasilkan beberapa putra dan putri terbaik Sulawesi Utara untuk selanjutnya mengikuti MTQ XXX Secara Nasional yang akan diadakan pada Bulan September 2024 Di IKN Balikpapan Kalimantan Timur dan cukup membanggakan serta apresiasi yang setinggi tingginya buat santri dari RTQ (Rumah Tahfidh Al Qur’an) DAARUL QUR’AN Tomohon SBB:

  1. FAKHIRA ZAUZA HASNA
    Juara 1 Tahfidz Qur’an Golongan 10 Juz Dan Tilawah
  2. AMIRA AFIFA HIPPY
    Juara 1 Tahfidz Qur’an Golongan 5 Juz Dan Tilawah
  3. MUHAMMAD HILMANU YASIR
    Juara 2 Tahfidz Qur’an Golongan 30 Juz Dan Tilawah
  4. LALA LATIFATUL HASANAH

(wan**)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending