Connect with us

Daerah

Program CABI di Wilayah Percontohan Sulut, Kumendong: Selain Kalbar, Minahasa Satusatu Tempat Kegiatan FAO Dari PBB

Published

on

MINAHASA, inforakyatnews.com – Pj.Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong M.Si menghadiri Peluncuran Program Community ASF Biosecurity Intervention (CABI), bagi peternak Babi skala mikro kecil di wilayah percontohan Provinsi Sulawesi Utara yang diselenggarakan Kementerian Pertanian R.I, bertempat di Gedung Olahraga, Desa Pinabetengan, kecamatan Tompaso Barat, Selasa (19/3/2024).

Dalam Sambutannya, Pejabat Bupati Minahasa Dr. Jemmy Kumendong M.Si, mengatakan, “Perlu disikapi pelaksanaan kegiatan ini adalah bagian dari upaya untuk membuat para peternak mampu beternak dengan baik.

“Kepada para peserta peternak babi mari ikuti kegiatan ini dengan baik, agar supaya mendapatkan pengetahuan bagaimana berternak babi yang baik, pasca virus ASF untuk mendapatkan hasil produksi ternak babi berkwalitas, ” Kata Kumendong.

Adapun tujuan pelaksanaan program CABI yaitu melatih peternak babi skala mikro kecil agar memiliki pengetahuan dalam menerapkan Biosecurity dan saya harap ini menjadi solusi bagi peternak untuk memutus matarantai pengendalian ASF serta dapat memberikan informasi kepada para peternak lainnya.

“Dengan adanya program CABI dari Kementerian Pertanian R.I, dan FAO, kita akan lebih modern lagi dengan mengelolah ternak babi di kabupaten minahasa, karena Minahasa merupakan salah centra peternakan babi, sehingga Minahasa juga menjadi salah satu tempat digelarnya kegiatan ini, selain Kalbar, yang bekerjasama dengan FAO dari PBB, ” Pungkasnya.

Sementara Kepala Balai Besar Maros Drh. H. Agustia, M.P menyampaikan, Target kami dengan adanya program CABI ini bisa merubah cara berternak babi.

“Jadi bagi para petani dan peternak babi dalam rangka kita bisa mengantisipasi penyakit ASF, target kami para peternak babi di Kabupaten Minahasa dapat kembali berkembang dengan hasil yang maksimal tanpa ASF, “Ucap Dia.

Adapun Perwakilan FAO untuk Indonesia Dan Timor Leste, Rajendra Aryal mengatakan kami gembira atas kolaborasi dengan pemerintah provinsi dan kabupaten, sehingga kegiatan ini bisa dilaksanakan,

” Diketahui saat ini belum ada vaksin terkait dengan virus ASF ini. Jadi bagaimana kita menjaga Bio security, terhadap perawatan babi, maka pengalaman dengan peternak babi diluar negeri juga penting menjaga Bio security, dan kami berharap kabupaten Minahasa bisa menjadi daerah percontohan bagi daerah lain dan luar negeri, terkait cara merawat dan beternak babi. “Terangnya.

Usai itu, Bupati Kumendong menerima secara simbolis berupa bantuan obat-obatan peternakan, dan selanjutnya Bupati melakukan tanda tangan bersama untuk sertifikat peluncuran program CABI di Wilayah Percontohan Desa Pinebetegan, kecamatan Tompaso Barat, kabupaten Minahasa.

Turut hadir, Direktur kesehatan hewan diwakili ketua kelompok substansi perlindungan hewan, Drh. Ira Firgorita, Kepala Balai Besar Veteriner Maros Drh. H. Agustia, M.P, Perwakilan FAO untuk Indonesia dan timur Leste Rajendra Aryal, Kepala Dinas Pertanian Minahasa Dr. Ir. Margaretha Ratulangi, MAP, Camat Tompaso Barat, Stevri V. Pandey, ST, MAP, Hukum Tua Pinabetengan Elsye Tandaju, Para Peserta Peternak serta tamu undangan lainnya.(HerS)

Print Friendly, PDF & Email

Daerah

Pemkab Minahasa Gelar Coffee Morning dengan Insan Pers, Sekda Watania Sebut Hal Ini

Published

on

Pemkab Minahasa Gelar Coffee Morning dengan Insan Pers

MINAHASA,inforakyatnews.com
-Pemerintah Kabupaten Minahasa dipimpin Penjabat Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong MSi diwakili Sekretaris Daerah Dr Lynda D. Watania MM MSi, menggelar coffee morning dengan Insan Pers Biro Minahasa, bertempat di Aula Serba Guna Desa Tonsealama, Kecamatan Tondano Utara, Jumat kemarin (19/7/24).

Kegiatan ini diawali dengan laporan yang disampaikan Kadis Komunikasi dan Informatika Kabupaten Minahasa Maya Marina Kainde SH, MAP.

“Kegiatan ini merupakan suatu bentuk kebersamaan yang kuat antara pemerintah kabupaten Minahasa bersama dengan pers biro Minahasa yang adalah mitra kerja dalam mempublish rangkaian giat pemkab Minahasa untuk bisa diketahui oleh segenap warga masyarakat, kami berharap kegiatan ini bisa berjalan dengan baik dan menghasilkan lompatan lompatan berupa ide dan inovasi yang luar biasa dalam suatu kolaborasi yang indah antara pemkab dan insan pers” ujar Kainde dalam sambutannya.

Diwaktu yang sama, Sekda Watania mengatakan, Atas nama pemerintah mengucapkan terimakasih kepada rekan rekan pers yang sudah menjalin sinergitas dengan pemerintah kabupaten minahasa, pihak kami siap dikritisi berkaitan dengan kebijakan-kebijakan pemerintah, baik di bidang pembangunan infrastruktur, ekonomi, kesehatan, pertanian, pendidikan, sosial dan budaya.

Hal ini agar kami lebih semangat dalam melayani masyarakat. Apa yang harus kami lakukan yang terbaik untuk masyarakat” kata Watania.

“Sinergitas antara pers dan pemerintah sangat dibutuhkan untuk mensosialisasikan program pemerintah kepada masyarakat, saya mengajak untuk terus menjaga kekompakan dan bersatu untuk kemajuan tanah Minahasa yang sangat kita cintai” tutup Watania.

Diketahui, kegiatan coffee morning dihadiri kurang lebih 40 wartawan liputan biro Minahasa, juga dihadiri unsur pemerintah kecamatan Tondano Raya sebagai tuan rumah, Camat Tondano Utara dan Hukum Tua Tonsea lama bersama jajaran Kecamatan Tondano Utara.

Turut Hadir dalam pertemuan ini, Asisten I Bidang Administrasi Umum Sekdakab, Drs. Riviva Maringka MSi, Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan, Dr Arody Arely Tangkere MAP, Asisten III Bidang Administrasi Umum, Dr Vicky Christian Tanor SPi MSi , Kepala BKPSDM Drs. Moudy Leonhard Pangerapan MAP, Staf Ahli bidang Pemerintah Hukum dan Politik Jhoni Tendean AP, MAP, Plt Staf Ahli Bidang Perekonomian Keuangan dan Pembangunan Dra Riany Suwarno, Camat Tondano Raya, Manager Operasi PT PLN Nusantara Power Oudy Rumbayan, Sekdis Kominfo Aneke Rantung, Kabid IKP Ricky Taniowas, Kabid E-government, Doni Elean, Serta Kepala Seksi Risly Lumowa.(HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Tingkatkan Pelayanan Publik, Kadis Diskominfo Maya Kainde Paparkan Konsep “Si Matuari”

Published

on

Tingkatkan Pelayanan Publik, Kadis Diskominfo Maya Kainde Paparkan Konsep “Si Matuari”

MINAHASA, inforakyatnews.com – Ulai melalui beberapa tahapan dalam pelaksanaan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat II.
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Minahasa Maya Kainde, SH, MAP melaksanakan Implementasi, terkait Sosialisasi Proyek Perubahan “Si Matuari” yakni Membangun SPBE Melalui Strategi dan Integrasi, Masyarakat Terlayani, Administrasi Unggul, Responsif dan Inovatif.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) beserta Pejabat dan Aparatur Sipil Negeri (ASN) Dinas terkait Layanan Data dan Informasi yang mendukung SPBE di kabupaten Minahasa, dan digelar diruang Kantor Diskominfo Minahasa.

Diketahui sebelumnya, Rancangan Proyek Perubahan ‘si Matuari’, ini sudah di seminarkan dihadapan team penguji dan di kawal oleh Mentor dan coach dan kemudian masuk pada tahapan visitasi kepemimpinan Nasional ( VKN ) dan saat ini sudah masuk pada tahapan sosialisasi proyek perubahan si Matuari.

Pada Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan VII Tahun 2024 yang sudah dilaksanakan sejak bulan April 2024 sampai Bulan September 2024.

Dalam kesempatan tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa Dr Lynda Watania, MM MSi menjadi mentor bagi Kepala Dinas Kominfo Minahasa dan beberapa Pejabat Eselon II.

Sosialisasi Implementasi Proyek ‘Si Matuari’ dipimpin Kepala Dinas Kominfo Minahasa Maya Marina Kainde SH.MAP didampingi Sekertaris Dinas Aneke Rantung.SE, Kepala Bidang (Kabid) TIK, Sepdy A.Tumengkol ST.

Serta Kepala Bidang Persandian Drs.Vandy V Maswonggo M.Si, dan Kabid IKP , Ricky Taniowas SE, serta Kabid Layanam E-Goverment Donny T.E. Elean S.Kom, MM.

Menurut Kainde, penerapan konsep “SI MATUARI” (Strategi dan integrasi Masyarakat Terlayani, Administrasi Unggul, Responsif, Inovatif) dengan dukungan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) menjadi kunci dalam menghadapi berbagai permasalahan publik .

“Pelayanan publik diantaranya bisa meliputi pelayanan kebutuhan kesehatan, pendidikan, kesejahteraan, keamanan, sosial dan pembangunan nasional.. Namun, proses pelayanan publik di Kabupaten Minahasa sering kali menghadapi berbagai kendala yang dirasakan oleh masyarakat,”yang harus kita solusikan bersama, “jelas Kainde.

Oleh karena itu, masyarakat berhak mendapatkan pelayanan publik seutuhnya. Secara keseluruhan, kata dia, proyek perubahan ini merupakan bagian dari upaya yang lebih relevan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, memperkuat hubungan antara pemerintah dan masyarakat, dan memperkuat tata kelola pemerintahan yang baik.

“Hal ini sesuai dengan Visi Pemerintah Kabupaten Minahasa yaitu Minahasa Maju Dalam Ekonomi Dan Budaya, Berdaulat, Adil, Dan Sejahtera,” terang Kainde.

Disamping itu, selaras dengan Misi yakni Meningkatkan Pembangunan Sumberdaya Manusia Yang Berbudaya dan Berdaya Saing, Mewujudkan Kemandirian Ekonomi .

Kemudian, Mewujudkan Pengembangan Kewilayahan Dengan Prinsip Pembangunan Berkelanjutan, Meningkatkan Pemerataan Kesejahteraan Masyarakat Yang Berkeadilan; dan Memantapkan Manajemen Birokrasi Yang Profesional Melalui Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik.

“Nah, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Minahasa menitik beratkan pada pencapaian misi yang kelima yaitu Memantapkan Manajemen Birokrasi Yang Profesional Melalui Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik,” papar Kainde.

Oleh karena itu, dirinya berharap agar materi ini dapat menginspirasi dan membawa manfaat dalam rangka penerapan ‘Si Matuari’ dalam pemerintahan untuk pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan kita semakin melakukan lompatan-lompatan yang lebih baik lagi untuk memaximalkan tugas kita dalam jangkauan bidang apapun.

“Tentu sinergitas antar OPD dapat terjalin sehingga dalam melaksanakan Sinkronisasi Data dan Informasi Elektronik di Tahun 2024 dapat berjalan dengan baik,” pungkas Kadis Kominfo Maya Kainde. (Kominfo Minahasa)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Bahas Agenda Penting, Bupati Kumendong Pimpin Rapat Forkopimda

Published

on

Bupati Kumendong Pimpin Rapat Forkopimda.

MINAHASA, inforakyatnews.com
– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa menggelar rapat bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) guna membahas agenda penting dan evaluasi, yang dihadiri Pj Bupati Minahasa Dr Jemmy Stani Kumendong M. Si, bertempat di Ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa, Kamis (18/7/24).

Rapat yang dipimpin Pj. Bupati Minahasa Dr. Jemmy S. Kumendong M,Si, membahas serta mengevaluasi terkait sejumlah program pemerintah kabupaten minahasa seperti inflasi daerah, pencegahan bencana alam banjir dan perubahan cuaca iklim dari musim penghujan ke musim kemarau panjang, tahapan Pilkada Minahasa 2024, serta persiapan pengamanan pengucapan syukur minahasa pada minggu 21 Juli 2024.

Bupati Kumendong menjelaskan rapat forkopimda tersebut dilaksanakan tidak lain untuk membangun sinergitas pimpinan daerah kepolisian ,TNI Kejaksaan serta stakeholder yang lainnya. Kumendong mengatakan soal Inflasi daerah, pemerintah kabupaten minahasa berhasil menekan inflasi , sehingga pemerintah pusat memberikan insentif fiskal sebesar 6,39 Miliard, ”kata Kumendong.

Menurut Kumendong dalam menghadapi pengucapan syukur banyak hal yang perlu di antispasi diantaranya ketersediaan 9 bahan pokok, Gas elpiji serta stok khususnya daging babi di pasar- pasar, sehingga bupati sudah mengeluarkan surat edaran Bupati Minahasa nomor 447/BM-VII-2024 tentang perayaan pengucapan syukur ,serta ada juga juga surat edaran dari FKUB kabupaten Minahasa No. 01/FKUB-MIN/6-2024 Tentang Pelaksanaan pengucapan syukur di Minahasa.

Selain itu juga yang perlu di antisipasi soal kemacetan lalulintas serta komsumsi minuman beralkohol (Miras) hal ini perlu di antisipasi sehingga tidak terjadi gangguan kamtibmas, ”Tegas Bupati.

Kumendong menambahkan, masalah pencegahan dan penanggulangan bencana banjir serta perubahan iklim dari cuaca atau musim penghujan ke musim kemarau, Dia meminta kerjasama semua stakeholder dan masyarakat agar segala sesuatu yang terjadi terkait bencana alam bisa teratasi, “pintanya.

Memasuki Pilkada di Minahasa, Bupati mengatakan bahwa akan mendukung sepenuhnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa dalam tahapan Pilkada. ”tandasnya.

Turut hadir pula dalam kegiatan ini, Dandim 1302 Minahasa, Kapolres Minahasa, Kapolres Kota Tomohon, Kapolresta Manado, Kajari Tondano, Pengadilan Minahasa, FKUB, KPU, Bawaslu Minahasa serta jajaran Pemkab Minahasa. (HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending