Menu

Mode Gelap
KPK Buka Kelas Pemuda Anti Korupsi Tahun 2022 di Sulut Hadirkan DJ Ribka, HUT ke-8 “Good Day Club” Bakal Spektakuler GMNI Cabang Manggarai Demo Tolak Kenaikkan Harga BBM Kata BMKG Soal Cuaca Tak Menentu Saat ini Pemda Manggarai Himbau Masyarakat Waspada Wabah PMK

Nasional · 18 Mei 2022 11:47 WITA ·

Presiden Jokowi Longgarkan Kebijakan Penggunaan Masker, Ini Syarat dan Ketentuannya


 Presiden Jokowi Longgarkan Kebijakan Penggunaan Masker, Ini Syarat dan Ketentuannya Perbesar

Bogor, inforakyatnews.com – Kebijakan Pemerintah dalam penggunaan masker bagi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 ini akhirnya dilonggarkan. Kebijakan tersebut diambil dengan memperhatikan kondisi penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia yang saat ini makin terkendali.

Kelonggaran kebijakan pemakaian masker bagi masyarakat ini hanya untuk dalam situasi tertentu misalnya saat beraktivitas di luar ruangan atau area terbuka. Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dalam keterangannya di Istana Kepresidenan Bogor pada Selasa (17/05/2022).

“Pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker. Namun, untuk kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik, tetap harus menggunakan masker,” ujar Presiden.

Meski begitu, menurut Presiden, bagi masyarakat yang masuk kategori rentan, lansia, atau memiliki penyakit komorbid, Presiden Jokowi tetap menyarankan untuk menggunakan masker saat beraktivitas.

“Demikian juga bagi masyarakat yang mengalami gejala batuk dan pilek, maka tetap harus menggunakan masker ketika melakukan aktivitas,” imbuhnya.

Selain melonggarkan kebijakan pemakaian masker, pemerintah juga melonggarkan kebijakan tes usap PCR atau Antigen bagi pelaku perjalanan. Aturan tersebut berlaku bagi mereka yang telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 lengkap.

“Kedua, bagi pelaku perjalanan dalam negeri dan luar negeri yang sudah mendapatkan dosis vaksinasi lengkap maka sudah tidak perlu lagi melakukan tes swab PCR maupun antigen,” tandasnya. (***/sean/yut)

 

Artikel ini telah dibaca 68 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

Caroll-Wenny Hadiri Peringatan HUT ke-58 Provinsi Sulut

24 September 2022 - 06:00 WITA

Pondalos Sebut Penggunaan Pelat Ranmor Warna Putih Diberlakukan Bertahap

21 September 2022 - 13:56 WITA

Oknum Polisi Polsek Kembangan Diduga Lecehkan Wartawan, Adrian Minta Kapolda Metro Jaya Turun Tangan

2 September 2022 - 12:54 WITA

Dibuka Gubernur Olly, 5 Negara Turut Serta dalam Gelaran TIFF 2022

8 Agustus 2022 - 19:10 WITA

Rano Karno Siapkan Rinoa Senduk sebagai ‘Yalova’ Cucu Indro Warkop di Si Doel The Series

14 Juli 2022 - 15:40 WITA

Presiden Jokowi Pastikan Ekspor Minyak Goreng Akan Dibuka Kembali

19 Mei 2022 - 22:39 WITA

Trending di Nasional