Connect with us

Nasional

Perijinan Tambang LHK dan Harga Listrik Jadi Fokus Kunker BULD DPD-RI

Published

on

NASIONAL, inforakyatNews.com – Badan Urusan Legislasi Daerah terfokus pada perijinan bidang pertambangan, lingkungan hidup dan kehutanan.

Melalui Badan Urusan Legislasi Daerah (BULD) turun langsung ke daerah guna memantau dan evaluasi ranperda perda terkait dengan perizinan.

Ketua BULD MPR RI Ir Stefanus Berty Arnicotje Nicolaas Liow MAP (SBANL) mengutarakan. Sesuai dengan amanat Undang-undang MD3 dan tata tertib DPD RI, pihaknya melaksanakan tugas dan kewenangan melakukan pemantauan dan evaluasi rancangan peraturan daerah dan peraturan daerah terkait dengan perizinan.

“Ini tujuannya bagaimana mengharmonisasi legislasi pusat dan daerah serta mendorong produk hukum daerah pada masa sidang yang berjalan ini”,ujar senator asal Sulawesi Utara ini. (13/10/2022).

SBANL sapaan akrab Stefanus merinci, bahwa perizinan yang dimaksudkan yakni sektor pertambangan, lingkungan hidup dan kehutanan. Sehingga bisa mengetahui sampai dimana kewenangan daerah maupun pusat.

“Kehadiran DPD-RI di daerah sebagai jembatan, moderator dan sebagai fasilitator antara pusat dan daerah. Sebab memang DPD-RI adalah wakil daerah yang mempunyai tugas memperjuangkan aspirasi serta kepentingan daerah di pusat.” kata SBANL ketika bersua dengan awak media.

Disisi lain ia (SBANL) mengatakan kunjungan kerja yang dilakukan sejak tanggal 8 sampai 31 Oktober 2022 tersebut dimasing-masing perwakilan daerah 32 Provinsi anggota DPD-RI adalah untuk memastikan tidak ada kenaikan harga listrik di bulan Oktober hingga akhir tahun 2022.

“Yang pasti tarif harga listrik di 3 bulan berjalan ini tetap sama seperti di bulan Juli sampai September 2022. Hal ini dilakukan demi menjaga daya beli masyarakat serta daya saing sektor industri dan bisnis mengendalikan inflasi serta memperkuat stabilitas perekonomian nasional” ujar SBANL disela kunjungan kerjanya, selain melakukan pendataan, Komite 2 DPD RI mengecek penyediaan pasokan tenaga listrik oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah dalam hal pendanaan.

Menurutnya, pengecekan tersebut merupakan bagian dari ruang lingkup kewenangan dari Pemerintah Pusat dan Pemda Provinsi di bidang ketenagalistrikan. Sehingga menjadi tujuan kami dalam kunker kali ini adalah mendapatkan data permasalahan serta program yang jelas yang sementara dan akan dilakukan oleh Pemda Provinsi dan pihak PLN khususnya di wilayah Suluttenggo.

Selain itu, SBANL mengatakan berbagai upaya dilakukan guna menggali informasi dari pemda dan PT PLN. Liow menyebutkan pihaknya juga meminta informasi dari masyarakat maupun Insan Pers yang langsung turun di lapangan.

“Nantinya, seluruh hasil informasi yang dikumpulkan akan dirumuskan dalam rapat dengar pendapat umum dengan stakeholder terkait seperti pihak PT PLN Pusat.” tutup SBANL. (wan)

Breaking News

Pasca Bentrokan 2 Kelompok di Kota Bitung, Situasi Sudah Kondusif, Kapolda: Jangan Mudah Terprovokasi

Published

on

SULUT, Inforakyatnews.com – Pasca bentrokan 2 kelompok di Kota Bitung yang terjadi pada hari Sabtu, 25 November 2023 pukul 16.30 Wita, situasi kamtibmas kembali kondusif. Namun demikian polisi masih tetap berjaga di beberapa titik di Kota Bitung.

Hal itu disampaikan Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto saat menggelar konferensi pers, yang dihadiri sejumlah wartawan baik, cetak, elektronik dan media online, di Polres Bitung, Minggu (26/11/2023) malam.

“Kami sampaikan kepada seluruh masyarakat khususnya yang ada di Kota Bitung dan umumnya masyarakat Sulawesi Utara serta seluruh masyarakat Indonesia, sampai dengan malam ini situasi dan kondisi di wilayah Kota Bitung aman dan terkendali. Saya sudah melakukan banyak kegiatan dari mulai pagi sampai dengan malam ini, dan banyak melakukan pertemuan dengan para tokoh, masyarakat, dan komunitas, malam ini terlihat bahwa aktivitas masyarakat di beberapa tempat berjalan seperti biasa. Mereka melakukan banyak kegiatan perekonomian berjalan sebagaimana mestinya. Ini menunjukkan bahwa kegiatan atau aktivitas dan situasi kondisi di wilayah Kota Bitung ini aman dan terkendali,” katanya, didampingi Kabid Humas Kombes Pol Iis Kristian, Dirreskrimum Kombes Pol Gani F. Siahaan dan Forkopimda Kota Bitung.

Pada peristiwa bentrokan antara Ormas Adat dan Ormas Keagamaan, yang menyebabkan 3 korban yaitu 2 luka-luka dan 1 meninggal dunia ini, polisi sudah menangkap sebanyak 7 terduga pelaku.

“Polisi sudah menangkap sebanyak 7 terduga pelaku, yaitu pria inisial RP dan HP yang diduga melakukan penganayaan di TKP Kelurahan Sari Kelapa, dan 5 terduga pelaku di TKP Jalan Sudirman, yaitu pria inisial GK, FL, BI, MP dan RA,” kata Kapolda.

Selain menangkap para terduga pelaku, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti, antara lain 5 sajam jenis parang, pedang samurai, badik dan anak panah, serta 2 buah kayu totara.

Kapolda juga berpesan kepada seluruh masyarakat agar bersama-sama ikut berpartisipasi menjaga keamanan.

“Dukung pelaksanaan tugas baik dari TNI, Polri maupun Pemerintah Kota Bitung, untuk menjaga situasi ini, tidak hanya masyarakat termasuk juga para tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat, dibuktikan bahwa kemarin malam sudah dilakukan pertemuan dan sudah ada komitmen ada kesepakatan untuk tidak memperpanjang masalah ini dan kemudian mempercayakan proses penyelesaiannya dilakukan secara prosedur hukum,” pesannya.

Terkait isu-isu yang bertebaran, Kapolda minta agar tidak mudah terprovokasi. “Jangan mudah percaya dengan isu atau informasi yang sumbernya tidak bisa dipercaya, bahkan mungkin sumber-sumber yang berasal dari akun-akun yang anonim, akun-akun yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Kepada seluruh masyarakat untuk tidak mudah terpengaruh, tidak terprovokasi dengan akun-akun atau isu-isu yang berkembang itu kalau ada informasi sekecil apapun yang kira-kira itu berhubungan dengan situasi dan kondisi yang berkembang di wilayah Kota Bitung,” imbau Irjen Pol Setyo.

Ia juga mengimbau kepada para pelaku yang melakukan tindak pidana penganiayaan kekerasan secara bersama-sama terhadap para korban agar segera menyerahkan diri.

“Sebaiknya menyerahkan diri, secepatnya datang ke Polres untuk kemudian menyampaikan dengan baik dan akan ditangani secara baik. Saya jamin haknya untuk kemudian diperlakukan secara baik oleh para Penyidik. Kalau tidak nanti pasti akan dilakukan upaya penangkapan atau kalau misalkan melarikan diri pasti akan dilakukan upaya dan dimasukkan dalam daftar pencarian orang,” tegasnya.

Kapolda juga menyampaikan terima kasih kepada wartawan yang telah berpartisipasi untuk menyampaikan imbauan terutama membuat berita-berita secara positif yang tidak tendensius dan tidak terpengaruh dengan isu-isu yang beredar.

“Harapannya kalau rekan-rekan jurnalis menyampaikan secara proporsional, mudah-mudahan permasalahan ini bisa segera selesai. Kota Bitung bisa cepat normal kembali, sebagaimana biasa, sesuai falsafah torang samua basudara,” pungkasnya. (***)

Continue Reading

Breaking News

Irjen Dedi Prasetyo Sebut Humas Polri Koordinasi Dengan Media Terkait Proses Dan Tahapan Pemilu

Published

on

JAKARTA. inforakyatnews.com – Asisten Kapolri bidang SDM Irjen Dedi Prasetyo memberikan pembekalan dalam anev dan koordinasi fungsi kehumasan bertajuk Optimalisasi Pengelolaan Media Digital Oleh Humas Polri Dalam Rangka Mendukung Terselenggaranya Pemilu Damai 2024.

Dalam sambutannya, Dedi menekankan bahwa Humas Polri memiliki tantangan yang tidak mudah ke depan. Oleh karenanya, pengoptimalan potensi, upaya pencegahan kerawanan, dan peningkatan kesigapan merespons harus terus dilakukan.

“Humas Polri harus terus memberikan literasi digital kepada masyarakat untuk mencerdaskan masyarakat,” kata Dedi dalam sambutannya di Jakarta, Selasa (21/11/23).

Lebih lanjut, Dedi menegaskan, personel Humas Polri harus siap sedia 24 jam. Selain itu, koordinasi dengan polda jajaran harus terus ditingkatkan agar segala upaya pencegahan dan penanganan dilakukan secara masif.

Humas Polri

“Harapannya dengan meningkatkan persatuan dan kesatuan untuk membangun Indonesia harus berjalan dengan baik, betul betul aman jujur dan baik,” kata Dedi.

Ditambahkan Dedi, Humas Polri juga harus sadar bahwa dalam Pemilu 2024 tidak hanya berperan melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan konten negatif di media sosial. Menurut As SDM.

“Tahun 2019 menjadi pelajaran buat kita semuanya, tahun 2024 selalu mengingatkan kepada kita, bahwa pemilu 2024 penting bagi masa depan bangsa Indonesia. Bagaimana Pemilu 2024 menentukan keberhasilan dalam masa depan bangsa Indonesia,” ucap Dedi.

Menurut Dedi, Mabes Polri melalui Humas Polri juga harus merangkul para tokoh masyarakat wilayah untuk bersinergi demi mengawal serta menjaga pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan netral, aman dan damai.

“Tidak berhenti disitu, Humas Polri juga menjalin komunikasi dengan media untuk memberi keyakinan bahwa masyarakat aman selama proses dan tahapan Pemilu,” tutup Dedi. (Wan/*)

Continue Reading

Daerah

Bupati Kumendong Dan Bung Rio Dondokambey Ikuti Talk Show Wakefest Series 2023 Danau Tondano Minahasa di Jakarta

Published

on

MINAHASA, inforakyatnews.com, -Penjabat Bupati Minahasa Dr.Jemmy.S. Kumendong M.Si dan Ketua Umum Panitia Minahasa Wakefest 2023 Bung Rio Dondokambey mengikuti Talk Show Wakefest Series 2023 Danau Tondano Minahasa di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, di Jakarta, Senin (13/11/23).

Kegiatan ini dipandu langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno.

Adapun Talk Show Wakefest Series 2023 Danau Tondano Minahasa, dengan Tema “Like Tondano Home For Everyone ” Danau Tondano adalah Rumah bagi semua orang.

Melalui acara ini berharap Keindahan serta Olah Raga Air (Sport Tourism) dikenal masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Menparekraf Sandiaga Uno menyambut baik event internasional ini dan juga merupakan bukti destinasi super prioritas terintegrasi dengan potensi wisata lainnya termasuk Minahasa. “Event internasional seperti ini sebagai bukti destinasi super prioritas yang saling berkaitan dengan potensi wisata lainnya. Kabupaten Minahasa termasuk didalamnya,” tegas Menparekraf Sandiaga Uno.

Sementara itu Ketum Panitia, Rio Dondokambey, turut menegaskan kesiapan pelaksanaan Wakefest 2023 sebagai bentuk kolaborasi Pemprov Sulut, Pemkab dan masyarakat Minahasa. “Filosofi Sitou Timou Tumou Tou (Manusia Hidup untuk Menghidupi Orang Lain) sebagai komitmen mempersembahkan event kelas internasional bagi masyarakat Minahasa,” ujar Rio Dondokambey.

Terkait hal ini, Bupati Kumendong, menyampaikan Pemkab Minahasa terus memantau kesiapan infrastruktur hingga hal teknis lainnya demi kesuksesan kegiatan bergengsi bertaraf internasional ini. “Kami terus berusaha menyiapkan segala fasilitas, sarana prasarana dan suasana kenyamanan peserta yang akan hadir. Pemerintah dan masyarakat Minahasa berterimakasih kepada pusat dan Pemerintah Provinsi dalam hal ini Pak Gubernur Olly yang tak kenal lelah mensupport berbagai kegiatan yang akan berdampak positif bagi kemajuan daerah Minahasa, termasuk di bidang pariwisata. Minahasa siap menjadi tuan rumah yang baik,” urai Bupati Kumendong seraya mengungkapkan kegiatan event internasional ini diyakini bakal memberikan multiplier effect bagi perekonomian warga Minahasa.

Acara ini turut dihadiri Para Dirjen didampingi Kepala dinas Pariwisata Provinsi Sulut, Kepala dinas Pora Provinsi Sulut, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Minahasa, BPBD Sulut dan Minahasa, serta Ny. Ira Tulong. (HerS)

Continue Reading

Trending