Connect with us

Tomohon

Pengadaan PPPK Pemkot Tomohon Ada Dasar Hukum-nya

Published

on

TOMOHON, inforakyatnewe.com – Pengadaan Pengawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Pemkot Tomohon tahun 2023, didasarkan pada aturan Kemenpan RB Nomor 546 tahun 2023 tentang penetapan kebutuhan formasi Pemerintah Kota Tomohon tahun 2023.

Hal ini dikatakan oleh Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring, Kamis (13/6/2024).

“Dimana penetapan tersebut telah ditetapkan formasi Guru 70, Kesehatan 74,
Teknis 133. Dalam penetapan formasi tersebut didasarkan pada usulan melalui kebutuhan yang disampaikan oleh tiap Perangkat Daerah,” kata Roring.

Dijelaskannya, dalam rangka optimalisasi pengadaan PPPK untuk mengisi kebutuhan yang ada, maka Menpan mengeluarkan Kepmenpan Nomor 649 thn 2023 tentang mekanisme seleksi PPPK fungsional guru dan Kepmenpan 648 tentang mekanisme seleksi PPPK untuk jabatan fungsional.

“Penetapan tersebut didasarkan pada keadaan tenaga non ASN yang ada pada unit kerja dengan membandingkan jumlah tenaga non ASN yang bekerja berdasarkan masa kerja. Dan kualifikasi pendidikan pada unit organisasi dan kebutuhan formasi yang dibutuhkan,” jelas Roring.

Dia merinci, berdasarkan Kepmenpan 648 tahun 2023 pemenuhan kebutuhan PPPK untuk tenaga kesehatan dan tenaga teknis yang diumumkan oleh instansi pemerintah dengan ketentuan: Kebutuhan Khusus paling banyak sebesar 80% dan Kebutuhan umum paling sedikit sebesar 20%.
Penentuan kebutuhan tersebut berlaku bagi masing-masing jenis jabatan fungsional tenaga kesehatan dan teknis.

Dikatakannya lagi, adapun tata cara penerimaan yaitu pelamar yang melamar pada formasi khusus adalah tenaga non ASN yang bekerja pada instansi pemerintah. Dimana dia melamar, dan pelamar yang melamar pada formasi umum adalah yang memiliki pengalaman bekerja baik pada instansi swasta maupun instansi pemerintah.

“Untuk pelamar yang melamar pada formasi khusus dinyatakan lulus seleksi jika berperingkat terbaik dan diberlakukan terdahulu bagi peserta Eks THK-II dan apabila masih terdapat kebutuhan khusus yang belum terpenuhi,” ungkapnya.

Lanjutnya, kebutuhan tersebut diisi oleh peserta non ASN yang berperingkat terbaik. Peserta pada kebutuhan umum dinyatakan lulus seleksi jika memenuhi nilai ambang batas (passing grade) dan berperingkat terbaik. Sedangkan untuk formasi guru berdasarkan Kemenpan 649 tahun 2023 untuk pelamar khusus terdiri dari Pelamar prioritas (peserta yang memenuhi nilai ambang batas pada seleksi PPPK JF guru tahun 2021), Eks THK-II Guru Non-ASN di sekolah Negeri yang terdaftar pada data DAPODIK.

“Untuk Pelamar umum adalah Lulusan Pendidikan profesi (PPG) guru yang terdaftar pada pangkalan data kelulusan Pendidikan profesi guru. Guru yang terdaftar pada DAPODIK Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Pelamaran untuk formasi guru didahulukan yang pertama untuk pelamar khusus dan apabila masih tersedia kebutuhan dapat dilamar oleh pelamar umum,” papar Roring.(***)

Print Friendly, PDF & Email

Olahraga

Dukung Kemajuan Sepak Bola Kota Tomohon, Walikota Caroll Gelar Kejuaraan Antar Kelurahaan

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Pertandingan sepak bola antar Kelurahan se Kecamatan Tomohon Utara (Tomut) yang bertajuk “WALIKOTA CUP 2024, dihadiri dan resmi dibuka oleh Walikota Tomohon Caroll Senduk SH, bertempat di Lapangan Ir Dim Sondakh Kelurahan Tinoor Satu Kecamatan Tomohon Utara (Tomut), Sabtu (13/7/2024) sore tadi.

Kegiatan tersebut diawali dengan ibadah pembukaan yang dipimpin oleh Pdt Marco Wagey MTh.

Perlu diketahui, pertandingan sepak bola antara Kelurahan se Kecamatan Tomohon Utara (Tomut) tersebut disponsori langsung oleh Walikota Tomohon Caroll Senduk.

Walikota Caroll Senduk dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Lurah Tinoor Satu Rendra Rempas yang menginisiasi kegiatan pertandingan sepak bola antar Kelurahan se Kecamatan Tomohon Utara (Tomut).

“Hal ini tentu baik bagi kemajuan sepak bola yang ada di Kota Tomohon. Sebagai pemerintah kami memberikan apresiasi kepada seluruh panitia. Ke Depan nantinya ada kegiatan yang sama yakni pertandingan sepak bola antar kelurahan yang ada di Kota Tomohon. Ini harapan demi kemajuan sepak bola yang ada di Kota Tomohon,” kata Walikota Caroll Senduk saat bawakan sambutan pada pembukaan Walikota Cup 2024.

Lanjut, dirinya merasa bangga bisa hadir di lapangan Ir Dim Sondakh yang luar biasa ini. “Sekali lagi saya mau sampaikan terimakasih kepada seluruh masyarakat dan penonton yang mensupport kegiatan pertandingan sepak bola ini. Kami bangga melihat masyarakat begitu antusias dalam kebersamaan dengan pemerintah boleh menyelenggarakan lomba sepak bola antar Kelurahan se Kecamatan Tomohon Utara (Tomut),” tandas Walikota Caroll Senduk itu.

Sebelumnya, Lurah Tinoor Satu, Rendra Rempas menyampaikan banyak terimakasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada bapak Walikota Tomohon Caroll Senduk yang sudah membuka secara resmi pertandingan antar Kelurahan se Kecamatan Tomohon Utara.

“Atas nama pribadi dan masyarakat Kelurahan Tinoor Satu menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pak Walikota Caroll Senduk yang berkesempatan hadir dan membuka secara resmi pertandingan sepak bola saat ini,” ungkap Rendra Rempas saat sampaikan sambutan.

Diketahui, ada 10 Kelurahan se Kecamatan Tomohon Utara (Tomut) yang ikut dalam pertandingan sepak bola untuk memperebutkan piala Walikota Cup tahun 2024 saat ini.

Untuk hari ini, pertandingan pertama antara Kelurahan Tinoor Satu (1) melawan Kelurahan Kakaskasen Satu (1). Dan untuk pertandingan besok, Minggu 14 Juli, untuk pertandingan hari kedua antara Kelurahan Wailan versus Kelurahan Kinilow, kemudian Kelurahan Kayawu versus Kelurahan Kakaskasen Dua (2).

Turut hadir, Asisten III Setdakot Tomohon Masna Pioh, Kadis P3AD Tomohon Olga Karinda, Kabag Prokopim Setdakot Tomohon Christo Kalumata, Camat Tomohon Utara (Tomut) Ricky Supit dan sejumlah lurah yang ada di Kecamatan Tomohon Utara. (***)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Tomohon

Walikota Caroll Senduk Hadiri RUPS-LB 2024 BSG

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Walikota Tomohon Caroll Senduk SH, menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) Tahun 2024 PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara Gorontalo (BSG).

Kegiatan ini berlangsung di Kantor Pusat BSG, Jumat (12/07/2024), dihadiri oleh Para Pemegang Saham yaitu Para Kepala Daerah Gubernur/Walikota/Bupati di Provinsi Sulawesi Utara dan Provinsi Gorontalo serta Para Direksi dan Komisaris BSG. (***)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Tomohon

Walikota Caroll Sebut Pemkot Tomohon Layanan Perizinan Dipermudah Untuk Masyarakat

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon berkomitmen, semua perizinan apapun harus dimudahkan. Ini agar semua masyarakat boleh merasakan bagaimana yang dinamakan pelayanan pemerintah sekarang ini.

Hal ini ditegaskan Walikota Tomohon Caroll Senduk SH, saat menghadiri Forum Konsultasi Publik membahas tentang Standar Pelayanan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG), Kamis (11/7/2024).

“Pelayanan harus dengan mudah, cepat, dan tepat. Ini menjadi harapan Pemerintah Kota Tomohon saat ini,” ujar Walikota.

Dia menegaskan lagi, menjadi komitmen pemerintah saat ini tidak ada pungutan-pungutan di luar ketentuan yang ada, saat mengurus perizinan. Semua pembayaran langsung ke bank, tidak ada lagi petugas yang pegang uang.

“Kalau masyarakat menemui ada kendala segera laporkan. Bisa SMS atau datang langsung ke kantor menanyakan kenapa pelayanan ada kendala dalam hal perizinan, terutama dalam hal ini PBG,” tandas Walikota.

Meski begitu, dia menambahkan, semua pengurusan perizinan tentunya harus sesuai dengan mekanisme yang ada, serta persyaratan semua terpenuhi. Kalau syarat-syarat yang diminta semua lengkap tentu secepatnya akan selesai. Juga perizinan yang dimaksud cepat selesai. (**)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending