Connect with us

Tomohon

Pemkot Tomohon Peringati Hari Kebangkitan Ke-115, Sekot Roring Irup

Published

on

 

TOMOHON, inforakyatnews.com – Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring, S.E., M.E. menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke- 115 Tahun 2023 Di Kota Tomohon.

Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh setiap tanggal 20 Mei ini dilaksanakan di Lapangan Kantor Walikota Tomohon.

Sambutan Plt. Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang dibacakan oleh Sekot Tomohon menyampaikan seratus lima belas tahun lalu, bara persatuan Indonesia sebagai negara mulai menyala. hal ini, di tandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya budi utomo pada tanggal 20 mei 1908. sejak saat itu, gerakan perjuangan Indonesia dengan gegap gempita bergerak maju mewujudkan republik indonesia sebagai negara satu, berdaulat, adil, dan makmur. Didirikan oleh Dr. Soetomo bersama para mahasiswa School Tot Opleiding Van Indische Arsen (STOVIA), Budi Utomo berdiri untuk mendorong bangsa indonesia mengejar ketertinggalannya dari bangsa lain di masa itu. di samping itu, Budi Utomo juga melandaskan dirinya untuk mengejar 3 (tiga) tujuan yang menjadi cita-cita utama kebangkitan nasional, yakni, memerdekakan cita-cita kemanusiaan memajukan nusa dan bangsa, mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia. Barisan persatuan yang dibentuk oleh Budi Utomo adalah suatu pemantik bagi kekuatan Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan di masa yang sulit, baik pada masa pra-kemerdekaan maupun pasca kemerdekaan. di masa ini, di saat kemerdekaan telah di raih, barisan perjuangan kita harus tetap rapat, erat, dan terus maju bergerak-mengobarkan api “semangat untuk bangkit” demi mewujudkan Indonesia emas 2045.

Pada tanggal 5 mei 2023, badan kesehatan dunia (WHO) telah mengumumkan bahwa status public health of international concern (pheic) atau darurat kesehatan global untuk covid-19 secara resmi dicabut. kita patut bersyukur karena dunia telah melalui krisis pandemi covid-19. selama tiga tahun terakhir, ditengah kekurangan, tantangan, dan masalah yang kita hadapi bersama, barisan perjuangan rakyat indonesia terbukti tetap erat dalam melaksanakan penanganan pandemi covid-19 sekaligus untuk memulihkan perekonomian bangsa. hal ini, menjadi momentum untuk memaknai hari kebangkitan nasional ke-115 ini sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pasca pandemi. Hari kebangkitan nasional hari ini juga kita maknai dengan memperingati perjuangan bersama kita. kementerian, lembaga, pemerintah daerah, sektor swasta, akademisi, pers,
komunitas, dan seluruh elemen bangsa saling bahu membahu berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan juga kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa kita dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian hingga geopolitik. Data badan statistik menunjukkan bahwa perekonomian Indonesia di tahun 2022 tercatat bertumbuh 5,31% (year on year), jauh meningkat dari pertumbuhan di tahun 2021 sebesar 3,70% (year on year) dan bahkan melebihi capaian pertumbuhan sebelum masa pandemi di tahun 2019. Pertumbuhan ekonomi Indonesia di triwulan I tahun 2023 pun masih tercatat terus bertumbuh sebesar 5,03%, menunjukkan performa yang lebih baik pada periode triwulan IV tahun 2022 yang tumbuh sebesar 5,01%. tentu kita berharap agar capaian-capaian ini dapat kita pertahankan dan terus tingkatkan kesejahteraan masyarakat serta kemajuan bangsa indonesia. Selain merayakan berbagai capaian bangsa indonesia. hari kebangkitan nasional juga kita maknai dengan mensyukuri segala langkah kemajuan, perbaikan, atau bahkan pelajaran yang didapatkan dari perjuangan kita. Kebangkitan Indonesia di tengah krisis dunia yang ditunjukkan melalui kiprah kita di berbagai forum internasional. dunia telah menyaksikan kepiawaian Indonesia dalam memimpin forum beranggotakan 20 negara/entita regional dengan kekuatan ekonomi terbesar, yakni G20, presidensi G20 Indonesia di tahun 2022 semakin membawa harum nama ibu pertiwi dalam mendorong semangat untuk bangkit di tingkat dunia dengan mengangkat tema “recover together, recover stronger”.

Kepemimpinan Indonesia di tingkat dunia pun terus berlanjut dengan keketuaannya dalam forum asean di tahun 2023 yang efektif berlaku sejak tanggal 1 januari 2023 yang lalu. semangat untuk bangkit dan mempercepat pemulihan global pasca pandemi juga dikobarkan di tingkat regional dengan mengusung “asean matters : epicentrum growth” dengan mengusung tema tersebut, Indonesia ingin menjadikan asia tenggara sebagai kawasan penting dan relevan bagi seluruh dunia dalam merespon tantangan regional maupun global, sekaligus memperkuat posisi asean sebagai episentrum pertumbuhan ekonomi dunia. Tingginya kepercayaan dunia kepada Indonesia menjadi momentum untuk mengimplementasikan semangat kebangkitan nasional dalam menyambut era pasca pandemi covid-19 sekaligus perjalanan menuju Indonesia emas 2045. Mengutip perkataan Dr. Sutomo “generasi yang mau berjuang untuk kemandirian bangsanya adalah yang mencintai generasi penerusnya dan mencintai tanah airnya”. Dengan semangat yang sama pula, kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus mempertahankan bara api semangat kebangkitan nasional sembari merapatkan barisan perjuangan kita dengan menunjukkan kerja keras, kerja cerdas, juga kerja bersama demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan. Kita juga ingin agar bara api semangat kebangkitan yang kita jaga saat ini dapat menjadi lentera penerang harapan sekaligus penunjuk jalan bagi perjuangan penerus bangsa kelak. selamat memaknai dan memperingati hari kebangkitan nasional ke-115 bagi kita semua. berjuang, belajar, bertumbuh dan terus melangkah maju dengan semangat untuk bangkit,” tutup Sekdakot Tomohon Edwin Roring.

Peserta Upacara seluruh PNS, Tenaga Kontrak dan Pegawai BUMD yang ada di Lingkungan Pemerintah Kota Tomohon.

Hadir juga Dandim 1302 Minahasa yang diwakili oleh Letnan Dua Inf. Deni Pailah, Kapolres Tomohon yang diwakili oleh Kabag Ops Kompol. Nofri Maramis, S.H., S.I.K., dan Jajaran Pemerintah Kota Tomohon.(wan/*)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tomohon

Jelang Coklit, KPU Tomohon Bekali Panitia Ad Hoc

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon bekali PPS dan PPK sekota Tomohon.

Ketua Komisi KPU Kota Tomohon Albertien Vierna Pijoh menjelaskan, pihaknya saat ini melakukan pembekalan kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“Hari ini kami mengundang seluruh panitia Ad Hoc KPU, karna pada tanggal 24 Juni nanti kemungkinan akan diadakan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih,” ujar Ketua KPU Kota Tomohon Albertien Vierna Pijoh disela-sela rapat koordinasi persiapan pembentukan petugas pemutahiran data pemilih (Pantarlih) Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024.

Vierna Pijoh juga mengatakan, perekrutan petugas Pantarlih nanti adalah PPS dibantu PPK, maka dari itu KPU Kota Tomohon melakukan pembekalan agar dalam perekrutan Petugas Pantarli nantinya adalah orang yang kredibel. Apa lagi terkontaminasi dengan Partai Politik atau tim pemenangan.

“Intinya membekali para Ad Hoc kami supaya dalam merekrut Pantarli nanti tidak terkendala dan menjadi masalah,” tukasnya. (10/6) 2024.

Diketahui jadwal perekrutan petugas Pantarlih akan dilaksanakan pada 13 Juni 2024 ole PPS dan dibantu oleh PPK (wan)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Tomohon

Terkait Verfak, Simangunsong Sebut KPU Tomohon Terbuka Bagi PKD

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon menyebut tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) saat ini memasuki tahapan verifikasi faktual jumlah dukungan pasangan bakal calon (Balon) Walikota dan Wakil Walikota non partai atau perseorangan.

Ditemui di Sekretariat KPU Kota Tomohon, Komisioner KPU Kota Tomohon Divisi Hukum dan Pengawasan, Youne Y. P. Simangunsong mengatakan pihaknya (KPU) sementara dalam proses persiapan verifikasi faktual (Verfak).

“Ya, saat ini sementara dalam proses persiapan Verfak jumlah dukungan pasangan perseorang, dan nantinya diawasi oleh teman teman dari Bawaslu,” ujar Simangunsong. (6/6) 2024.

Dikatakannya, untuk proses Verfak nantinya di lapangan Panitia Pemungutan Suara (PPS) akan terbuka terhadap Pengawas Kelurahan Desa (PKD).

“Dalam proses di lapangan KPU akan tetap terbuka, sesuai yang diatur dalam undang-undang, tidak ada batas-batasan untuk pengawas melakukan tahapan pengawasan dan itu adalah tugas domain mereka untuk melakukan pengawasan. Kami tidak akan menghalangi tugas mereka. Jadi kami akan tetap terbuka,” tukasnya. (wan)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Tomohon

Pemkot Tomohon Terima Kunjungan Tim OTS Prioritas Nasional Wantannas R.I

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Walikota Tomohon Caroll Senduk yang diwakili Asisten Perekonomian Dra Lily Solang didampingi Kadis Kominfo Novi Politon dan mewakili dari unsur Badan Kesbang, Sat Pol PP menerima Kunjungan Kerja On The Spot (OTS) Prioritas Nasional 2024 Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas RI).

Lily Solang mengatakan, kunjungan tersebut membahas kaitannya keamanan menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

“Kunjungan kerja ini bertemakan Bagaimana Strategi Penanganan Terpadu Potensi Resiko Pilkada Serentak 2024 dalam rangka menjaga stabilitas keamanan Nasional,” ujar Lily Solang. (4/6) 2024.

Kegiatan yang digelar di Ballroom Novotel Manado, dihadiri Tim On The Spot (OTS) Prioritas Nasional Wantannas R.I. terdiri atas:
Laksdya TNI Dr. T.S.N.B. Hutabarat, M. M.S. (Sesjen wantannas R.I), Irjen pol. Drs. R. Eko wahyu prasetyo, S.H. (Koordinator), Brigjen pol. Dr.H, Nazirwan Adji wibowo, S.I.K., M.Si. (Ketua Tim OTS PN)
, Marsma TNI Albertus lrianto Wakil -1
, Laksma TNI Judijanto, M.Si., MADS Wakil -2
, Kolonel Laut (T) Eko Erys Hidayanto, S.T., M.M., CHRMP (Sekretaris), Kolonel lnf. Sukirman Sulaeman
, Kolonel Laut (H) Dr. Rudy Hartono, S.H., M.H.
, Kolonel Adm. Ade Rismaedi
, Kolonel Lek. Bambang suyanto
, Chairul Didiek Djunaedi, S.E.
, Dr. Sumantri, S.Pd,. M.Si.

Turut hadir, Kapolres Tomohon AKBP Lerry Tutu, Komandan Kodim 1302/Minahasa,
Ketua KPU Kota Tomohon Viena Pijoh, Ketua Bawaslu Kota Tomohon diwakili Yosi Kora, Kajari Kota Tomohon diwakili Kasi Intel, Tim Pemeriksa
Daerah Dewan Kehormatan Penyelengara Pemilu (TPD DKPP) tingkat Kota
Tomohon, Rektor dan Dekan Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia Tomohon
(UKIT), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Forum Kerukunan Umat
Beragama (FKUB), Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, dan Tokoh Agama. (wan)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending