Connect with us

Tomohon

Pemkot Tomohon Miliki Aplikasi e-PPGBM Guna Tekan Angka Stunting

Published

on

 

TOMOHON, inforakyatnews.com – Kegiatan monitoring evaluasi pengumpulan dan pelaporan data gisi terintegrasi dalam aplikasi e-PPGBM (Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat).
Dilaksanakan di Grand Master Resort Tomohon, senin (30/10/2023).

Kadis Kesehatan Daerah Kota Tomohon, dr John Lumopa M Kes, sebagai unsur pelaksana kegiatan :
Kegiatan ini dilaksanakan untuk terselenggaranya kegiatan Monitoring Evaluasi Pengumpulan dan Pelaporan Data Gizi Terintegrasi dalam aplikasi e-PPGBM.

Tujuan khusus kegiatan ini yakni teridentifikasinya data by name by address balita serta hasil penimbangan dan pengukuran di aplikasi e-PPGBM, serta teridentifikasinya data status gizi balita (stunting, wasting, underweight) di aplikasi e-PPGBM.

Peserta kegiatan para pengelola program gizi Puskesmas, pengelola program ibu Puskesmas dan para pengelola program anak Puskesmas dan Dinas Kesehatan.

Kegiatan ini berlaku 30 – 31 oktober 2023, dan sebagai narasumber dari Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulut Wanda Pascoal sebagai pengelola program gizi.

Walikota Tomohon Caroll J A Senduk SH melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs O D S Mandagi yang membuka kegiatan tersebut mengatakan.

Dalam rangka pencegahan, penanggulangan serta percepatan penurunan stunting di Kota Tomohon perlu dilakukan perencanaan berkualitas dan terintegrasi demi terlaksananya kegiatan upaya percepatan pencegahan dan  penurunan stunting oleh pemerintah bersama dengan pemangku kepentingan.

“Pengumpulan dan pengelolaan data gizi selama ini masih ditemui permasalahan pengolahan secara manual, oleh karena itu perlu adanya pengumpulan dan pelaporan data gizi yang terintegrasi dengan aplikasi e-PPGBM Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat.”

“Marilah kita secara bersama-sama memberikan sumbangan pemikiran dalam bentuk masukan dan saran untuk mengimplementasikan penurunan stunting di Kota Tomohon sehingga arah pembangunan yang kita sepakati bersama ini dapat bermanfaat dan senantiasa berpihak pada kepentingan dan kesejahteraan masyarakat Kota Tomohon yang kita cintai.” (Wan/***)

Print Friendly, PDF & Email

Tomohon

Jelang Coklit, KPU Tomohon Bekali Panitia Ad Hoc

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon bekali PPS dan PPK sekota Tomohon.

Ketua Komisi KPU Kota Tomohon Albertien Vierna Pijoh menjelaskan, pihaknya saat ini melakukan pembekalan kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“Hari ini kami mengundang seluruh panitia Ad Hoc KPU, karna pada tanggal 24 Juni nanti kemungkinan akan diadakan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih,” ujar Ketua KPU Kota Tomohon Albertien Vierna Pijoh disela-sela rapat koordinasi persiapan pembentukan petugas pemutahiran data pemilih (Pantarlih) Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024.

Vierna Pijoh juga mengatakan, perekrutan petugas Pantarlih nanti adalah PPS dibantu PPK, maka dari itu KPU Kota Tomohon melakukan pembekalan agar dalam perekrutan Petugas Pantarli nantinya adalah orang yang kredibel. Apa lagi terkontaminasi dengan Partai Politik atau tim pemenangan.

“Intinya membekali para Ad Hoc kami supaya dalam merekrut Pantarli nanti tidak terkendala dan menjadi masalah,” tukasnya. (10/6) 2024.

Diketahui jadwal perekrutan petugas Pantarlih akan dilaksanakan pada 13 Juni 2024 ole PPS dan dibantu oleh PPK (wan)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Tomohon

Terkait Verfak, Simangunsong Sebut KPU Tomohon Terbuka Bagi PKD

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon menyebut tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) saat ini memasuki tahapan verifikasi faktual jumlah dukungan pasangan bakal calon (Balon) Walikota dan Wakil Walikota non partai atau perseorangan.

Ditemui di Sekretariat KPU Kota Tomohon, Komisioner KPU Kota Tomohon Divisi Hukum dan Pengawasan, Youne Y. P. Simangunsong mengatakan pihaknya (KPU) sementara dalam proses persiapan verifikasi faktual (Verfak).

“Ya, saat ini sementara dalam proses persiapan Verfak jumlah dukungan pasangan perseorang, dan nantinya diawasi oleh teman teman dari Bawaslu,” ujar Simangunsong. (6/6) 2024.

Dikatakannya, untuk proses Verfak nantinya di lapangan Panitia Pemungutan Suara (PPS) akan terbuka terhadap Pengawas Kelurahan Desa (PKD).

“Dalam proses di lapangan KPU akan tetap terbuka, sesuai yang diatur dalam undang-undang, tidak ada batas-batasan untuk pengawas melakukan tahapan pengawasan dan itu adalah tugas domain mereka untuk melakukan pengawasan. Kami tidak akan menghalangi tugas mereka. Jadi kami akan tetap terbuka,” tukasnya. (wan)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Tomohon

Pemkot Tomohon Terima Kunjungan Tim OTS Prioritas Nasional Wantannas R.I

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Walikota Tomohon Caroll Senduk yang diwakili Asisten Perekonomian Dra Lily Solang didampingi Kadis Kominfo Novi Politon dan mewakili dari unsur Badan Kesbang, Sat Pol PP menerima Kunjungan Kerja On The Spot (OTS) Prioritas Nasional 2024 Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas RI).

Lily Solang mengatakan, kunjungan tersebut membahas kaitannya keamanan menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

“Kunjungan kerja ini bertemakan Bagaimana Strategi Penanganan Terpadu Potensi Resiko Pilkada Serentak 2024 dalam rangka menjaga stabilitas keamanan Nasional,” ujar Lily Solang. (4/6) 2024.

Kegiatan yang digelar di Ballroom Novotel Manado, dihadiri Tim On The Spot (OTS) Prioritas Nasional Wantannas R.I. terdiri atas:
Laksdya TNI Dr. T.S.N.B. Hutabarat, M. M.S. (Sesjen wantannas R.I), Irjen pol. Drs. R. Eko wahyu prasetyo, S.H. (Koordinator), Brigjen pol. Dr.H, Nazirwan Adji wibowo, S.I.K., M.Si. (Ketua Tim OTS PN)
, Marsma TNI Albertus lrianto Wakil -1
, Laksma TNI Judijanto, M.Si., MADS Wakil -2
, Kolonel Laut (T) Eko Erys Hidayanto, S.T., M.M., CHRMP (Sekretaris), Kolonel lnf. Sukirman Sulaeman
, Kolonel Laut (H) Dr. Rudy Hartono, S.H., M.H.
, Kolonel Adm. Ade Rismaedi
, Kolonel Lek. Bambang suyanto
, Chairul Didiek Djunaedi, S.E.
, Dr. Sumantri, S.Pd,. M.Si.

Turut hadir, Kapolres Tomohon AKBP Lerry Tutu, Komandan Kodim 1302/Minahasa,
Ketua KPU Kota Tomohon Viena Pijoh, Ketua Bawaslu Kota Tomohon diwakili Yosi Kora, Kajari Kota Tomohon diwakili Kasi Intel, Tim Pemeriksa
Daerah Dewan Kehormatan Penyelengara Pemilu (TPD DKPP) tingkat Kota
Tomohon, Rektor dan Dekan Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia Tomohon
(UKIT), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Forum Kerukunan Umat
Beragama (FKUB), Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, dan Tokoh Agama. (wan)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending