Menu

Mode Gelap
Alfamart Peduli Kreativitas Anak Sejak Dini Debt Collector Dilarang Gunakan Kekerasan dalam Penagihan Hutang Konsumen Kebersamaan dalam Dialog Lintas Iman, Wujud Toleransi Beragama di Sulut KPK Buka Kelas Pemuda Anti Korupsi Tahun 2022 di Sulut Hadirkan DJ Ribka, HUT ke-8 “Good Day Club” Bakal Spektakuler

Daerah · 15 Feb 2022 15:51 WITA ·

Pembiayaan Pembangunan Tidak Bisa Hanya Harap APBD dan PAD


 Bupati Manggarai, Herybertus G. L Nabit Perbesar

Bupati Manggarai, Herybertus G. L Nabit

Manggarai, inforakyatnews.com – Bupati Manggarai Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Herybertus G. L. Nabit menyebut sumber pembiayaan pembangunan tidak bisa hanya mengharapkan APBD dan PAD saja tetapi perlu juga sumber-sumber pembiayaan lainnya.

Bupati Hery mengatakan itu saat menggelar rapat antara pemerintah dan pimpinan BUMN, BUMD di wilayah Kabupaten Manggarai dalam rangka optimalisasi Corporate Social Responsibility (CSR), Selasa (15/02) di Kantor Bupati Manggarai.

Menurut Bupati, dari dahulu hingga saat ini, ketergantungan Pemkab Manggarai terhadap pembiayaan pemerintah pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Bagi Hasil (DBH) masih cukup tinggi.

Karena itu, untuk meningkatkan PAD maka perlu keterlibatan masyarakat dan BUMN dan BMUD, apalagi di tengah keterbatasan keuangan akibat pandemi covid-19 saat ini.

“Pertemuan hari ini lebih pada menggugah keterlibatan kita semua.Kami menyandari, pimpinan BUMD dan BUMN yang ada di sini merupakan perwakilan dari kantor pusat masing-masing. Keputusan pasti ada di pusat, tapi tidak ada salahnya kita kumpul seperti ini untuk membangun koordinasi dan berharap pertemuan hari ini memberi dampak untuk pembangunan,” kata Bupati.

Bupati juga berharapa agar BUMD dan BUMN bisa berkontribusi dalam pembangunan daerah baik melalui CSR maupun kontribusi jenis lainnya. Dalam melakukan kegiatan, hendaknya juga selalu berkoordinasi dengan pemerintah daerah agar tidak terjadi tumpang tindih program.

“Jangan sampai juga ada BUMN atau BUMD tidak berbuat apa-apa dalam satu tahun, tidak ada CSR. Memang CSR itu tidak harus melalui APBD, bisa juga langsung ke masyarakat. Tapi saya minta untuk kegiatan CSR yang langsung ke masyarakat tolong juga disampaikan informasinya kepada kami, supaya jangan ada tumpang tindih,” kata politisi PDIP ini

Penulis : Adi Nembok

Artikel ini telah dibaca 44 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

Polisi Grebek Judi Sabung Ayam, 2 Pelaku Ditangkap

28 November 2022 - 19:57 WITA

Entrasol Ajak Warga Ruteng Jalan Sehat dan Senam Aerobik

12 November 2022 - 16:43 WITA

Mashuri Tutup LT-III Regu Penggalang Kwarcab Gerakan Pramuka Merangin

11 November 2022 - 12:39 WITA

Merangin Peringati Hari Pahlawan 2022

11 November 2022 - 12:33 WITA

Longsor, Wabup Langsung Turun Sampai Jalan Kembali Normal

11 November 2022 - 12:29 WITA

Nilwan Yahya Optimis, Merangin Raih Camat Teladan

11 November 2022 - 12:25 WITA

Trending di Daerah