Connect with us

TNI/Polri

Kunjungi Polres Tomohon, Kapolda Yudhiawan: Jadilah Polisi Yang Teladan

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Kapolda Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol. Yudhiawan SH SIK MH M.Si, kunjungi Polres Tomohon, Kamis (21/3) 2024

Dalam lawatan tersebut merupakan agenda kunjungan kerja Kapolda di wilayah hukum Kepolisian Daerah Sulut.

Dari pantauan awak media, Kapolda dijemput langsung oleh Kapolres Kota Tomohon AKBP Lerry Tutu, SIK MM bersama jajaran, Walikota Tomohon Caroll Senduk SH, Ketua DPRD Tomohon Djemmy Jerry Sundah SE bersama unsur Forkopimda dan PJU Polres Tomohon..

Kesempatan tersebut, Irjen Pol Yudhiawan menghimbau agar seluruh jajaran polres Tomohon dapat menjadi teladan dan contoh bagi masyarakat.

“Jadilah polisi yang teladan, baik teladan kepada atasan, teladan terhadap sesama anggota dan tentunya kepada masyarakat,” harap Kapolda Sulut.

Irjen Pol Yudhiawan juga mengatakan, agar seluruh jajaran Polres Tomohon bisa memiliki jati diri Polri dan tidak melupakan Tupoksi Polri.

“Kita dituntut agar selalu loyal pada institusi kita. Selalu berbuat baik terhadap sesama anggota dan atasan serta selalu menciptakan suasana harmonis di Polres Tomohon,” tukasnya. (wan)

Print Friendly, PDF & Email

Daerah

Bupati Kumendong Dan Ketua TP-PKK Minahasa Ikuti Halal Bihalal Idul Fitri Bersama Kapolres Minahasa

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com
-Penjabat Bupati Minahasa Jemmy S. Kumendong bersama Ketua TP-PKK kabupaten Minahasa Ny. Djeneke Onibala SH, MSA, serta Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa Dr Lynda D Watania, MM, M.Si, Menghadiri Halal Bi Halal Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah Kapolres Minahasa AKBP S. Sophian SIK, MH, dan Ketua Bhayangkari Minahasa, Ny. S. Sophian. Bertempat di Rumah Dinas Kapolres Minahasa, Jumat (12/4/2024).

Halal Bi Halal Idul Fitri 1445 H, bertujuan untuk menjalin silahturahmi di hari yang Fitri hari kemenangan bagi umat muslim setelah sebulan penuh melaksanakan ibadah puasa.

”Atas nama Pemerintah kabupaten Minahasa, Saya menyampaikan selamat Idul Fitri 1445 H kepada Kapolres Minahasa dan keluarga bersama jajaran. Kiranya silahturahmi ini makin mempererat dan memperkokoh hubungan kerjasama dalam membangun kabupaten Minahasa,” ucap Bupati.

Tidak lupa juga dalam kesempatan ini, Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada Jajaran Polres Minahasa yang telah melaksanakan tugas pengamanan perayaan Idul Fitri di tanah Minahasa, sehingga perayaan ini berjalan aman dan damai.

” Pemerintah Kabupaten Minahasa mengapresiasi kepada Aparat Kepolisian Resort Minahasa yang telah bekerja keras mengamankan perayaan hari besar ini. Dan puji syukur semuanya berjalan dengan aman dan damai,” ujar Kumendong.

Kedatangan Bupati Minahasa dirumah dinas Kapolres Minahasa, disambut dengan hangat oleh Kapolres Sophian bersama Ketua Bhayangkari beserta Jajaran Polres Minahasa.

Turut hadir pula dalam kegiatan ini Kepala Inspektorat Minahasa, Moudy Lontaan, Kepala dinas Kominfo Minahasa, Maya Kainde, Kepala dinas Pendidikan Minahasa, Tommy Wuwungan, Kepala dinas Dukcapil Minahasa Meydi Rengkuan, Kepala Kesbangpol Minahasa, Janny H. Moniung , Kepala dinas Perhubungan Minahasa, David Mangundap, Sekretaris DPRD Minahasa Riany Suwarno, Kepala dinas Perpustakaan Minahasa, Steady Tumbelaka, Kepala bagian SDA, Lexie S. J. Korengkeng, Kepala bagian Kesra, Pdt. Giovanni Rorora, serta Camat Tondano Utara. (HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Toleransi Kuat, Pawai Takbiran di Langowan Raya Berjalan Aman dan Lancar

Published

on

Pawai Takbiran di Langowan Raya Berjalan Aman dan Lancar.

LANGOWANRAYA, inforakyatnews.com – Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kecamatan Langowan Timur menyelenggaran Pawai takbiran dalam rangka hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah yang dilaksanakan di Taman Cita Waya. Selasa (9/4/34).

“Kali ini ditahun 2024 giliran jamaah Masjid Baiturrahman yang ditunjuk PHBI yang menjadi tuan rumah sekaligus panitia lokal pada pelaksanaan kegiatan malam takbiran setelah sebelumnya ditahun 2023 yang menjadi tuan rumah adalah jamaah masjid At- Taqwa Langowan. Kegiatan ini juga disponsori oleh kerukunan arisan HKBI At-Taqwa, Hukmul dan HKBI Baitul Ikhlas yang didalamnya terdapat jamaah umat muslim di Langowan juga dukungan dari keempat Keimamaman Masjid dan BTM di langowan raya, “ujar Sekretaris PHBI Langowan Haris Tumbol.

Kegiatan ini berjalan aman dan lancar berkat dukungan dan Sinergitas antara Pemerintah Kecamatan Langowan Timur, Polres Minahasa, Koramil, Polsek Langowan, Polsek Langowan Barat, Polsek Kawangkoan, Polsek Tompaso serta berbagai organisasi kemasyarakatan (Ormas) yaitu GP Ansor / Banser, Pakasaan Tou Langowan, LMI, dan Panji Yosua.

“Atas nama PHBI Kecamatan Langowan mengucapkan terima kasih kepada unsur aparat penegak hukum TNI/Polri, Pemerintah Kecamatan Langowan, Saudaraku umat kristiani yang tergabung dalam Organisasi Kemasyarakatan dan ormas adat, serta semua yang terlibat didalamnya yang telah menjaga dan mengawal sehingga kegiatan dimalam takbiran ini dapat berjalan dengan baik, aman, lancar dan kondusif, “ujarnya.

“Haris menambahkan bahwa tingkat toleransi antar umat beragama di kecamatan Langowan Raya begitu kuat, dengan adanya rasa tali persaudaraan yang begitu tinggi antara sesama umat beragama dengan saling menghormati, saling menjaga satu dengan lainnya, ” Ungkapnya sembari terus berharap agar silaturahmi ini dapat selalu terjalin agar dalam bermasyarakat dapat menjalani kehidupan yang rukun dan damai.

Diketahui, dalam kegiatan pawai takbiran dilepas langsung oleh Camat Langowan Timur Ir. Isye Libi Supit, yang diikuti oleh Kapolsek Langowan Iptu Edi Asri, Danramil Langowan serta sejumlah Tokoh Agama.(HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Usai Apel Siaga, Lapas Kelas IIB Tondano Bersama APH Gelar Sidak Di Kamar Tahanan

Published

on

Lapas Kelas IIB Tondano Bersama APH Gelar Sidak Di Kamar Tahanan.

MINAHASA, inforakyatnews.com -Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tondano Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Utara mengelar Apel Siaga bersama Aparat Penegak Hukum (APH) , yang terdiri dari TNI, Polri, BNNP, SATOPSPATNAL kantor wilayah kemenkumham sulut dan buka puasa bersama Jelang idulfitri 1445 H, Bertempat di Ruang Lapas Kelas IIB Tondano, Jumat (5/4/24)

Dalam Apel siaga yang dipimpin oleh Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan dan Teknologi Informasi, Moh. Ilham Agung Setyawan mengatakan kegiatan ini dalam rangka apel siaga ini yang diinisiasi Lapas Tondano.

“Apel ini dilaksanakan serentak. Dalam rangkaian hari bakti kemasyarakatan ke 60. Adapun
tujuannya untuk menciptakan keamanan, dimana ada tiga kegiatan yang akan dilakukan usai apel ini diantaranya
Deteksi dini, Berantas Narkoba, Sinergitas, “Kata Ilham.

Lebih lanjut disampaikannya, setelah kegiatan ini nantinya akan diambil sampel tes urine kepada tahanan lapas kelas IIB Tondano kepada sebanyak 20 orang.

“Hal ini dilakukan untuk Penanganan keamanan tidak bisa oleh lapas sendiri tapi secara sinergistas. Namun dengan sinergitas yang baik kita bisa menghadapi tantangan jaman yang semakin kompleks, jadi kita harus siap, bersama TNI, Polri, BNNP, dan atas nama kantor wilayah menyampaikan terima kasih atas kehadirannya dan kerjasama yang baik. “Ucapnya.

Diketahui dalam sidak usai apel siaga ini didapati hasil didalam kamar tahanan yang didapat ada sendok Steinleis dan pisau dari korek api, paku dan kabel serat tali, yang jika dilihat barang semua ini terlihat biasa namun berpotensi buruk jika dibiarkan dalam kamar tahanan.

“Ilham menjelaskan juga bahwa sidak ini sering dilakukan 8 sampai 10 kali dalam sebulan. Dan sidak kali ini bersama APH merupakan momen dihari bakti kemasyarakatan ke 60,” tuturnya

Sementara itu Kepala Lapas Kelas IIB Tondano, Yulius Paath mengatakan terkait sidak yang dilakukan dan melalui temuan ini, dalam kamar tahanan masih barang-barang kategori ringan.

“Melalui hasil temuan ini meski barang-barang dianggap kecil, namun bisa menyebabkan hal negatif, dan yang bahaya adalah minum keras dan narkoba yakni obat obatan, dan kami juga melarang mengunakan alat elektronik dalam kamar tahanan. Tiap malam juga petugas jaga melakukan rendom pemeriksaan dikamar tahanan, “ujar Paath menambahkan.

Dalam sidak ini, sesuai hasil sampel yang diambil BNN kepada 20 tahanan lapas untuk pemeriksaaan tes urine narkoba dinyatakan nihil dari pengunaan narkoba. Hasil ini sangat baik dikarenakan sistem penjagaan di lapas kelas IIB Tondano sangat baik melalui deteksi dini menghasilkan hal positif dalam kamar tahanan di lapas Tondano. (HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending