Menu

Mode Gelap
Alfamart Peduli Kreativitas Anak Sejak Dini Debt Collector Dilarang Gunakan Kekerasan dalam Penagihan Hutang Konsumen Kebersamaan dalam Dialog Lintas Iman, Wujud Toleransi Beragama di Sulut KPK Buka Kelas Pemuda Anti Korupsi Tahun 2022 di Sulut Hadirkan DJ Ribka, HUT ke-8 “Good Day Club” Bakal Spektakuler

Breaking News · 20 Nov 2021 13:41 WITA ·

Kunjungan Ma’ruf Amin ke Sulut, Nobatkan Kota Tomohon Sebagai Kota Toleransi se-Indonesia


 Kunjungan Ma’ruf Amin ke Sulut, Nobatkan Kota Tomohon Sebagai Kota Toleransi se-Indonesia Perbesar

Manado, (inforakyatnews.com) – Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’uf Amin didampingi oleh Menteri Tenaga Kerja RI, Menteri Koperasi dan UKM RI, Sekjen Asosiasi FKUB, Gubernur Sulawesi Utara dan Walikota Tomohon, menghadiri Kegiatan Konferensi Nasional FKUB Ke-VI Se- Indonesia dan Pekan Kerukunan Internasional 2021 yang dilaksanakan di Convention Hall Hotel Sutan Raja di Minahasa Utara. Jumat (19/11/2021)

Dalam kunjungan kerjanya ke Sulawesi Utara, Wakil Presiden RI membuka Pekan Kerukunan Internasional dan Konferensi Nasional (KONAS) Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) ke-6 se-Indonesia

Pada kegiatan ini Kota Tomohon ditetapkan sebagai Kota Toleransi se-Indonesia, yang ditandai dengan Penandatanganan Prasasti oleh Wakil Presiden Republik Indonesia.

Menurut Wapres, dengan kondisi masyarakat Indonesia yang majemuk dan memiliki perbedaan latar belakang agama, suku, adat dan budaya, para pendiri bangsa (founding fathers) telah berhasil merumuskan Pancasila sebagai dasar negara yang merupakan kesepakatan (konsensus) nasional.

Lebih jauh Wapres mengungkapkan, hal ini dapat terwujud karena masing-masing pendiri negara memiliki rasa empati, toleran, dan tidak egois serta lebih mengedepankan kepentingan bersama dari pada kepentingan kelompoknya masing-masing.

“Sikap-sikap positif ini harus kita rawat, kita jaga, kita pelihara demi tetap berlangsungnya keutuhan bangsa dan negara Republik Indonesia yang harus kita wariskan kepada generasi sesudah kita khususnya kalangan milenial, generasi Z, dan generasi yang lebih belia lagi,” tegas Wapres.

Terkait hal ini, Wapres Ma’ruf Amin mencatat bahwa masyarakat Sulut mampu merawat keutuhan bangsa dengan meneruskan jejak para “founding fathers” menumbuhkan nilai-nilai toleransi.

Untuk itu, Wapres menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada masyarakat Sulut yang telah berperan menciptakan kerukunan antar warga tanpa melihat latar belakang agama, suku, dan budaya.

“Saya bangga dengan masyarakat Sulawesi Utara yang selama ini dikenal sebagai masyarakat yang toleran,” puji Wapres.

Di akhir sambutannya, Wapres pun secara resmi mencanangkan Kota Tomohon sebagai Kota Toleransi.

“Akhirnya, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, saya nyatakan “Pekan Kerukunan Internasional Dan Konferensi Nasional FKUB KE-6 Se-Indonesia Tahun 2021” secara resmi dibuka, dan saya canangkan Kota Tomohon sebagai Kota Toleransi. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa memberikan pertolongan-Nya dan meridhoi setiap ikhtiar yang kita lakukan,” pungkas Wapres.

Sementara, Wali Kota Tomohon, Caroll J A Senduk S.H didampingi Wakil Wali Kota Tomohon Wenny Lumentut S.E, dalam kesempatan itu memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada tokoh-tokoh agama dan seluruh masyarakat Kota Tomohon yang bersinergi dengan Pemkot sehingga Kota Tomohon boleh mendapat pengakuan sebagai kota toleransi se-indonesia yang dibuktikan dengan dicanangkannya kota tomohon sebagai kota toleransi oleh Wakil Presiden RI.

“Kiranya kerukunan yang telah tercipta selama ini akan tetap dijaga dan lestarikan,” ujar Caroll Senduk.

“Terima kasih kepada Pemerintah Pusat dan terima kasih kepada Bapak Wakil Presiden yang telah mencanangkan Kota Tomohon sebagai kota toleransi se-indonesia,” pungkas Caroll. (***)

(Judy Tarek)

 

Artikel ini telah dibaca 26 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

Sinergi Pemkot dan DPRD Tomohon, APBD 2023 Disetujui

30 November 2022 - 23:43 WITA

Moment HARGURNAS, Walikota Caroll Sebut Guru Memiliki Peran Yang Amat Mulia Dan Strategis

30 November 2022 - 11:11 WITA

Walikota Caroll Senduk Hadiri Penyerahan CSR BRI Kepada PD Pasar Tomohon

29 November 2022 - 23:03 WITA

3 Desember PERBAKIN Tomohon Kembali Gelar Kejuaraan Menembak

29 November 2022 - 18:50 WITA

Pnt Caroll Senduk Hadiri SMST di Tompaso

28 November 2022 - 23:46 WITA

Walikota Caroll Dampingi Gubernur Olly di Ibadah Pembukaan SMST Ke- 35 dan Soft Opening Gedung Rektorat UKIT

28 November 2022 - 22:27 WITA

Trending di Tomohon