Connect with us

Daerah

Ketua TP-PKK Minahasa Djeneke Kumendong-Onibala Paparkan Strategi TP-PKK Dukung Percepatan Penurunan Stunting

Published

on

MINAHASA, inforakyatnews.com -Ketua TP-PKK Minahasa, Ny Djeneke Kumendong-Onibala SH MSA, menyampaikan berbagai strategi TP-PKK dalam melaksanakan percepatan penurunan stunting di Minahasa.

Dihadapan para Camat, Hukum Tua dan perangkat desa yang hadir dalam kegiatan FGD Percepatan Penurunan Stunting Melalui Perencanaan Pembangunan Desa yang dilaksanakan oleh Dinas PMD Minahasa, di hotel Mercure, Selasa (28/11/23).

Dalam kesempatan tersebut, Ny Djeneke mengungkapkan sepuluh langkah keswadayaan PKK, yakni:
•Ikut dalam proses Perencanaan Program
•Ikut dalam Pelaksanaan Program dan Kegiatan
•Melakukan Pemantauan dan Pengendalian terhadap Proses Kegiatan
•Ikut dalam Proses Penilaian/Evaluasi Hasil-Hasil Program/Kegiatan Pencegahan Stunting
•Melestarikan Program/Kegiatan Pencegahan Stunting.

“Program PKK tidak mempunyai program tersendiri, namun 10 program pokok yg ada menajamkan semua program gubernur dan jajarannya agar lebih tajam dan dapat diaplikasikan secara nyata di lapangan,” ujar Ny Djeneke.

Lanjut dalam penanganan stunting langsung :
●mengawal perencanaan penggunaan dana desapkk terlibat dalam musrenbang penentuan anggaran di desa, di kab, di provinsi
●menggalang sumber dana lain yang legal
●memastikan fasilitas di posyandu tersedia sesuai standart
●memastikan kader posyandu berkompeten melayani di posyandu (fasilitas, kesejahteraan, operasional)
●memastikan semua ibu hamil mendapat pelayanan sesuai standart
●memastikan ibu hamil naik berat badannya
●memastikan bayi dan balita dipantau pertumbuhannya
●memastikan pemberian makanan tambahan bagi yang terindikasi memerlukan pmt (bumil, bayi, balita)
●memastikan semua ibu hamil melahirkan di fasilitas kesehatan yang memadai secara gratis (memudahkan akses dana jampersal yg ada di dinkes)
Sedangkan dalam penanganan stunting
tidak langsung :
●memastikan semua tercatat dalam dokumen kependudukan (ktp/kk) untuk memudahkan mendapatkan bantuan sosial
●mengawal ketersediaan pangan dalam rumah tangga melalui pemanfaatan pekaranganpertanian dan perikanan
●mengawal umkm berkembang di desa untuk meningkatkan perekonomian
●meningkatkan ketrampilan warga yg berdampak peningkatan ekonomi makanan lokal, souvenir dan lain-lain.
●meningkatkan kualitas/sarana paud di desa
●mengembangkan koperasi di desa
●mencegah trafficking
●mencegah pernikahan dini
●pembinaan usaha kecil dalam rumah tangga
●mengembangkan lingkungan yang bersih dan sehat
●mengembangkan rumah sehat dan layak huni
●jambanisasi
● dan lainnya. (*)

Daerah

Dibuka Kakanwil Lumbuun, Kalapas Tondano Y Paath Ikuti Bimtek Watkesrehab

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas), Tondano, Kantor wilayah Kemenkumham Sulut, Yulius Paath mengikuti pembukaan kegiatan Bimbingan Teknis Watkesrehab dengan mengusung tema kebutuhan dasar, sanitase dan kesehatan lingkungan, Pada Rabu (21/2/2024) lalu.

Adapun kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kakanwil Kemenkumham Sulut, Ronald Lumbuun ini diikuti oleh petugas kesehatan dilingkungan Kanwil Kemenkumham Sulut .

Dalam sambutannya, Kakanwil Lumbuun menyampaikan pentingnya penyelenggaraan pelayanan prima untuk mereka yang sedang menjalani pidana atau ditahan dalam Lembaga pemasyarakatan, Rumah Tahanan Negara dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak melalui layanan kesehatan. Meskipun melakukan kesalahan namun hak yang melekat pada setiap individu seperti kebutuhan dasar kesehatannya harus tetap dilindungi.

Pada kesempatan ini, Lapas Tondano mengutus Kasibinapigiatja, I Made Budana, Dokter Gandi Napitupulu dan Perawat Pius Rawung untuk mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Watkesrehab dengan mengusung tema kebutuhan dasar, sanitase dan kesehatan lingkungan, selama beberapa hari kedepan. (HerS)

Continue Reading

Daerah

Diresmikan Presiden Jokowi, Bupati Kumendong Hadiri Peresmian INPRES Jalan di Sulut

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com
-Penjabat Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong, M,Si. Menghadiri Acara Peresmian Pelaksanaan INPRES Jalan Daerah di Provinsi Sulawesi Utara Oleh Presiden Republik Indonesia (RI). Ir. Joko Widodo.

Acara tersebut dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI di Kecamatan Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow. Jumat, (23/02/2024)

Dalam acara tersebut dihadiri pula Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Gubernur Sulut Prof. Dr. (HC). Olly Dondokambey, SE. Bupati Bolmong Bupati Bolsel, Bupati Bolmut, Walikota Kotamobagu, Bupati Sitaro.

Turut hadiri mendampingi Bupati, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Plt.Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Kadis PUPR, Kadis Pertanian, Plt.Kabag Prokopim.(HerS)

Continue Reading

Daerah

Kumendong Hadiri Ibadah Syukur GMIM Waleta Pineleng Ke-20

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com
-Pejabat Bupati Minahasa Pnt. Dr. Jemmy S. Kumendong, M.Si menghadiri Ibadah Syukur HUT ke-20, Jemaat GMIM Waleta Graha Indah Pineleng Dua, Kamis (22/2/2024).

Pada kesempatan ini PJ Bupati Kumendong dalam sambutannya mengucapkan selamat ulang tahun ke- 20, kepada Jemaat GMIM Waleta Graha Indah Pineleng Dua.

“Saya mewakili Pemerintah Kabupaten Minahasa dan Jajaran pejabat yang ada, mengucapkan selamat merayakan HUT Ke-20 Jemaat GMIM Waleta Graha, kiranya Tuhan akan memberkati jemaat gereja yang ada. “Ucapnya.

Adapun khadim dalam
Ibadah syukur ini dipimpin oleh Pdt. Jefry Saisab, S.Th, M.Si, selaku Wakil Sekretaris Koordinasi Bidang Program Kategorial BIPRA dan Lansia Sinode GMIM.

Turut hadir dalam Ibadah Syukur, Ketua BPMW Pineleng, Pdt. Ny. Grace Rumengan-Ngantung, M.Th, Plt. Kadis P3A Minahasa, Agustivo Tumundo, SE, M.Si, Staf Khusus Bupati Minahasa, Teddy Masengi, Camat Pineleng, Sekcam Pineleng, Hukum Tua Pineleng Dua Indah, Ketua BPMJ Pdt.Ny. Margaretha Najoan-Karundeng, M.Teol Pdt Jemaat dan Pelayan Khusus serta Jemaat Waleta Graha Indah Pineleng Dua Indah.(HerS)

Continue Reading

Trending