Connect with us

Uncategorized

Ketersedian Bapok dan Stabilitas Harga Salah Satu Prioritas Pemkot Tomohon Jelang Hari Raya

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Pemerintah Kota Tomohon jamin ketersedian pangan menjelang hari besar umat muslim yakni Idul Fitri dan Paskah.

Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) bersama TPID terus memantau terkait ketersedian stok pangan di pasar dan ritel selama bulan puasa berlangsung.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Rudy Lengkong menyebut, harga-harga bahan pokok cukup terkendali, sekalipun memang ada beberapa komoditas yang sudah mengalami kenaikan harga pada beberapa waktu yang lalu, seperti beras, gula, minyak, dan telur.

“Khusus untuk komoditas beras dalam rangka menjaga pasokan ketersediaan stok dan stabilitas harga, maka telah dilakukan Kerjasama Antar Daerah (KAD) Business to Business (B to B) antara Pedagang Kota Tomohon dengan Petani/Pemasok dari Kabupaten Bolaang Mongondow sebagai bentuk sinergitas Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan bertempat di Hotel Sutan Raja Kotamobagu yang di fasilitasi oleh BI Perwakilan Sulut.” kata Lengkong. (15/3) 2024.

Lengkong juga mengatakan, harapannya lewat KAD ini, pasokan beras dan harga stabil dapat terjaga di Kota Tomohon.” ungkap Lengkong.

Direncanakan kerjasama ini akan di tingkatkan menjadi KAD G to G antara Pemkot Tomohon dan Kabupaten Bolaang Mongondow.

“Selama bulan puasa dan jelang hari raya Idul Fitri dan Paskah, pemerintah melalui Dinas Terkait bersama TPID menghimbau kepada pedagang agar tidak menaikkan harga secara sepihak, dan tidak menahan stok ketika dibutuhkan oleh konsumen.” tutur Lengkong.

Lengkong juga mengatakan, Pemerintah dan TPID akan terus memantau dan sewaktu-waktu akan melaksanakan sidak pasar dan gudang-gudang penyimpanan bahan pokok. (wan/***)

Print Friendly, PDF & Email

Daerah

Jadi Program Warga Binaan, Kumendong Hadiri Peresmian SAE di Lapas Kelas IIB Tondano

Published

on

Bupati Minahasa Dr Jemmy Stani Kumendong Hadiri Peresmian SAE di Lapas Kelas IIB Tondano.

TONDANO, inforakyatnews.com. – Penjabat (Pj.) Bupati Minahasa Jemmy Stani Kemendong, menghadiri Peresmian, Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) di Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tondano, yang diresmikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Utara Ronald Lumbuun, di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tondano, Kamis (11/4/2024).

Acara peresmian ini diwarnai dengan kegiatan penebaran benih ikan mujair di bioflog yang bertujuan untuk mendukung program pembinaan kemandirian narapidana. Dengan adanya SAE, narapidana yang memenuhi syarat administratif dan substantif akan memiliki kesempatan untuk mengembangkan minat, bakat, dan keahliannya dalam berbagai program pembinaan di lapas.

Selain itu, program pemberian hasil atau premi dari kegiatan yang dihasilkan oleh narapidana melalui SAE juga menjadi salah satu upaya untuk memberikan motivasi bagi Warga Binaan dalam mengikuti program pembinaan dengan sungguh-sungguh.

Diharapkan melalui Sarana Asimilasi dan Edukasi ini akan menjadi tonggak baru dalam upaya rehabilitasi dan reintegrasi sosial narapidana di Lapas Tondano, serta meningkatkan kontribusi mereka dalam pembangunan masyarakat setelah kembali ke lingkungan masyarakat.

Turut hadir pula dalam kegiatan ini, jajaran pejabat Pemkab Minahasa dan Kepala Lapas Kelas IIB Tondano Yulius Patah, bersama jajaran yang ada. (HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tondano mengucapkan Selamat Merayakan Hari Idul Fitri 1445 H

Published

on

Gema Takbir kembali terdengar maka, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tondano mengucapkan Selamat Merayakan Hari Idul Fitri 1445 H

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tondano, Yulius Paath dan Keluarga serta Segenap Keluarga Besar Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tondano mengucapkan Selamat merayakan hari raya Idul Fitri 1445 H.

Bila mulut salah berucap, mata salah menatap, kaki salah melangkah, dan diri salah bertindak, mohon dibukakan pintu maaf.

Minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin.
(HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Manggarai

KPU Manggarai Minta Dukungan Media Untuk Sukseskan Pilkada Serentak 2024

Published

on

Media gathering tahapan Pemilu dan Pilkada serentak 2024 oleh KPU Manggarai bersama Insan Media.

Manggarai, inforakyatnews.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) meminta dukungan seluruh awak media di daerah itu, untuk bersinergi dalam menyukseskan tahapan Pemilu 2024 dan Pilkada Serentak 2024.

Permintaan itu sampaikan Ketua KPU Kabupaten Manggarai Rikardus Pentor dalam kegiatan Media Gathering yang berlangsung di Cafe Victory, Kelurahan Satar Tacik, Kamis (21/3/24). Hadir dalam kegiatan itu sejumlah komisioner KPU Manggarai dan puluhan awak media.

Rikar mengatakan, ada beberapa hal penting yang disampaikan ke publik melalui media terkait kegiatan ini yakni pertama, terkait tahapan pemilu Capres/Cawapres, Pemilu DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, yang saat ini sudah masuk dalam tahapan yang ke-10 atau tahapan rekapitulasi secara nasional.

Dalam tahapan ke-10 ini, kata Rikard, ada 2 tahapan lanjutan yakni KPU RI memberi kesempatan kepada peserta Pemilu untuk mengajukan sengketa ke Mahkamah Konstitusi (MK) selama 3×24 jam setelah SK KPU RI dibacakan.

“Ada beberapa kemungkinan kalau ada yang mengajukan sengketa yaitu, ada penundaan penetapan calon terpilih dan penetapan ini baru bisa dilaksanakan setelah ada keputusan final dari MK. Ini kalau ada sengketa,” jelas Rikard.

Kedua, jika tidak ada sengketa maka KPU menunggu surat resmi dari MK tentang daftar seluruh daerah yang tidak ada sengketa di MK. Surat ini menjadi acuan bagi KPU untuk melakukan dua tahapan berikutnya yakni penetapan alokasi kursi hasil Pemilu 2024 dan penetapan calon terpilih.

Terkait persiapan KPU menjelang Pemilhan Gubernur/ Wakil Gubernur, Pemilihan Bupati/Wakil Bupati, yang dilaksanakan 27 November 2024 mendatang, Rikard menyebut kalau saat ini KPU sedang mempersiapkan diri untuk pembentukan badan Ad Hock. Sementara untuk dasar pencalonan Kepala daerah/wakil kepala daerah mengacu pada hasil Pemilu 2024.

“Sehingga ada dua SK yang akan kami terbitkan nanti yaitu SK Pengalokasian kursi dan SK Penetapan Calon Terpilih.SK penetapan Alokasi Kursi itulah yang menjadi dasar pencalonan,”jelas Rikard.

Rikard juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat manggarai yang telah menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 14 Pebruari 2024 lalu. Apresiasi yang sama juga disampaikan kepada steakholder terkait, baik aparat keamanan, pemerintah daerah dan awak media yang telah membantu KPU sehinga seluruh tahapan Pemilu 2024 bisa berjalan dengan baik.

“Kepada awak media, kami dari KPU menyampaikan ucapan terima kasih karena telah membantu kami memberikan edukasi, informasi kepada pemilih,”ujar Rikard.

“Kami berharap kerjasama, koordinasi kita yang sudah berjalan dengan baik selama ini bisa terus kita lakukan di waktu-waktu mendatang. Kami (KPU) akan selalu terbuka untuk memberikan informasi, edukasi kepada masyarakat melalui teman-teman media. Sebab tanpa media, corong informasi kami tidak akan pernah sampai ke masyarakat,”tambah Rikard.

Menyadari pentingnya penting peran media tersebut, Rikard meminta seluruh awak media di daerah itu untuk berpartisasi dan punya semangat yang sama sehingga bisa menghasilkan Pilkada yang berkualitas pada November 2024 nanti. (Adi Nembok).

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending