Connect with us

Tomohon

Kepedulian Pemkot Tomohon, Walikota Caroll Serahkan Insentif Kepada Ratusan Lansia

Published

on

 

 

TOMOHON, inforakyatnews.com – Perhatian khusus terus diupayakan pemerintah Kota Tomohon kepada masyarakat lanjut usia (Lansia).

Hal ini terlihat dengan terus disalurkannya bantuan sosial Lansia atau insentif secara bergilir dibeberapa kelurahan di Kota Tomohon.

Walikota Tomohon Caroll Senduk saat menyerahkan insentif kepada Lansia mengatakan di Kelurahan Kumelembuai mengatakan, Bantuan sosial berupa uang tunai bagi lansia adalah program Pemerintah Kota Tomohon yang merupakan bentuk kepedulian dan perhatian Pemerintah Kota Tomohon bagi para lansia.

“Adanya bantuan ini diharapkan dapat bermanfaat, menambah pemenuhan kebutuhan para lansia. Pergunakanlah bantuan ini dengan sebaik baiknya.
Semoga para lansia tetap sehat, kuat dan selalu dalam perlindungan Tuhan Yang Maha Kuasa.” Ujar Walikota Caroll Senduk. jumat (8/9/2023)

Sementara itu Staf Ahli Walikota Bidang Pemerintahan dan Kemasyarakatan drg Jeand’arc Senduk Karundeng saat mewakili Walikota dalam penyerahan di Kelurahan Matani satu, Matani tiga dan Kelurahan Walian mengajak agar Lansia untuk terus bersama-sama menopang akan program Pemerintah Kota Tomohon didalamnya dukungan doa untuk Pemerintah dan jajarannya agar Pemerintahan berjalan baik untuk kesejahteraan seluruh masyarakat Kota Tomohon.

“Mari kita jaga lingkungan kita masing-masing, jaga kebersihan, kalau lingkungan kita bersih dan sehat tentu tubuh kita pun tetap sehat dan kuat.” Tukas Jeand’arc Senduk-Karundeng.

Diketahui jumlah penerima bansos Lansia atau insentif tersebut sebanyak 202 penerima dengan rincian di Kelurahan Kumelembuai sebanyak 35 orang, Walian 50 orang, Matani satu 42 orang, dan Kelurahan Matani tiga 80 orang.

Insentif yang diserahkan saat ini yakni bulan Juli dan Agustus 2023 Rp 500.000/bulan, total Rp.1.000.000. (wan/*)

Bawaslu

Masuki Tahapan Pilkada 2024, Bawaslu Tomohon Mantapkan Persiapan

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Tahapan Pemilihan umum (Pemilu) hingga waktu pencoblosan dan penghitungan suara telah usai 14 Februari kemarin.

Sejak awal tahapan hingga memasuki proses hitung suara, Bawaslu Tomohon telah menginventarisir beragam temuan maupun laporan dugaan pelanggaran.

Pada Rapat koordinasi pengelolaan barang dugaan pelanggaran Pemungutan dan penghitungan suara pemilu tahun 2024 di Kota Tomohon yang digelar di Ruang rapat Grand Master, Ketua Bawaslu Tomohon Stenly Kowaas
menyebut, memasuki tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bawaslu melakukan evaluasi.
Rabu (21/2) 2024

“Kami berharap lewat rakor ini bisa mendapatkan bahan evaluasi. Tentunya juga mendapatkan masukan dari para peserta yang hadir maupun para narasumber.” ujar Stenly Kowaas saat membuka rakoor.

Kowaas pun mengatakan, nantinya kita akan koordinasi bersama dengan pihak penyelenggara yakni KPU. Tentunya juga menjadi bahan dasar yang penting bagi jajaran pengawas dalam dampak pelaksanaan pemilihan kepala daerah yang tidak lama lagi.

Ketua Bawaslu Tomohon Stenly Kowaas dalam kesempatan itu mengakui bahwa pelaksanaan pemungutan suara secara makro mungkin di kota Tomohon berjalan dengan baik.

“Dibeberapa tempat terjadi kesalahan kecil secara teknis. Sebab kita tau bersama perolehan suara dari partai-partai dan calon-calon itu sebagian besar juga beda tipis. Dan ini bisa manjadi masalah dikemudian hari,” ujarnya.

“Harapannya lewat rakor ini bisa mendapatkan bahan evaluasi. Tentunya juga mendapatkan masukan dari para peserta yang hadir maupun para narasumber.” tukasnya

Tampil sebagai narasumber dalam rakor ini, yakni Evendi Sondakh kalangan akademisi dan Irwan Maki selaku pengamat pemilu.

Tampak turut mendampingi Ketua Bawaslu Tomohon, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, dan Penyelesaian Sengketa Yossi Christian Korah. (wan)

Continue Reading

Breaking News

Polres Tomohon Terima Penghargaan dari Kemenkeu

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Dibawah pimpinan Kapolres AKBP Lerry Tutu,  Kepolisian Resort (Polres) Kota Tomohon terima penghargaan.

Penghargaan diterima dari Kementrian Keuangan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Provinsi Sulawesi Utara Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Manado.

Kapolres Tomohon Lerry Tutu mengatakan, Penghargaan yang di peroleh Polres Tomohon hari ini, merupakan hasil kerja dari seluruh personel Polres Tomohon, terutama dalam hal pengelolaan anggaran.

“Semoga juga dengan adanya penghargaan ini, akan memotivasi kami Polres Tomohon dalam pengelolaan anggaran di Polres Tomohon untuk lebih baik lagi.” ujar Kapolres Lerry saat menghadiri  langsung kegiatan executive gathering dirangkaikan dengan rapat koordinasi pelaksanaan anggaran tahun 2024 sekaligus penyerahan penghargaan dari pihak KPPN tipe A1 Manado di Lantai 6 gedung keuangan negara Manado. (21/2) 2024.

Disamping itu Kapolres juga mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Polres Kota Tomohon.

“Terima kasih kepada Kementrian Keuangan Republik Indonesia, melalui KPPN Manado yang telah memberikan kepercayaan dan reward kepada Polres Tomohon, semoga ke depan reward yang diberikan ini dapat dipertahankan dan akan menjadi dasar untuk pengelolaan anggaran di Polres Tomohon semakin baik lagi.” ungkap Lerry Tutu. (wan/***)



Continue Reading

Breaking News

PDI Perjuangan Tomohon Perkasa di Pileg 2024, “Bungkam” Sindiran Target 13 Kursi

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Sempat bertebaran isu target dari ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kota Tomohon Caroll Senduk “impossible” untuk bisa meraih 13 kursi DPRD, nyatanya mampu ditunjukkan dengan hasil yang sangat memuaskan.

Pada beberapa waktu lalu Ketua DPC PDI-P Kota Tomohon Caroll Senduk menargetkan 13 kursi mampu diraih PDI-P Tomohon.

“PDI-P Kota Tomohon targetkan 13 kursi untuk pileg 14 Februari 2024 nanti,” ujar Caroll Senduk. (8/5) 2023.

Beragam kalangan pun beranggapan bahwa target dari DPC PDI-P Tomohon sangat sulit dan tidak akan mampu mencapai 13 kursi legislatif Tomohon.

Dikutip dari salah satu media online

Menurut mantan anggota DPRD Tomohon periode 2004-2009 Hanny Manuel Meruntu, memprediksikan maksimal PDIP memperoleh 9 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon hasil Pemilu 2024 mendatang. Sudah sangat maksimal dan bisa saja hanya memperoleh di bawah itu.

‘’Kita realistis saja. Untuk Pemilu 2024, PDIP maksimal Sembilan kursi. Itu jika semua komponen solid dan aktif bergerak. Tapi, jika tidak bisa hanya memperoleh delapan kursi,’’ katanya, November 2023 lalu.

Dia pun merinci, beberapa caleg yang dapat memperoleh kursi yakni untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Tomohon 1 meliputi Kecamatan Tomohon Tengah dan Tomohon Timur, kans peraih kursi adalah Drs Harryanto Lasut MAP dan salah satu Abraham Wakas atau Hudson Bogia. Jika cukup, ketiga nama tersebut meraih kursi.

Sementara untuk Dapil Tomohon 2 di Kecamatan Tomohon Selatan, nama Syenni Supit dan dr Jerry Bororing yang disebutnya yang paling berpeluang jika memperoleh 2 kursi.

Dapil Tomohon 3 Kecamatan Tomohon Barat, Hamer sapaan akrabnya, menjagokan Netty Senduk. Untuk Dapil ini, dia memprediksi ada 4 partai politik yang akan memperoleh maisng-masing 1 kursi dari 4 yang diperebutkan. ‘’Partai lainnya adalah Partai Golkar, Gerindra dan Hanura. Tapi, jika Partai Hanura meleset, satu kursi itu akan jatuh ke PDIP atau Golkar,’’ katanya.

Untuk Dapil Tomohon 4 di Tomohon Utara, Hamer menyebut PDIP kans 3 kursi. Itu berasal dari Marco Nangka (Tinoor), Franky Oroh (Wailan) dan Drs Jhony Runtuwene (Kakaskasen)/Karlheinz Senduk (Kakaskasen Dua).

Hasil Quickcount Internal usai pemilu 14 Februari

Dari hasil Quickcount Internal usai pemilu 14 Februari, PDI-P sangat dominan di dapil 1 Tomohon (Tomohon Tengah/Timur) dan dapil 4 Tomohon (Tomohon Utara), sementara dapil 2 (Tomohon Selatan) PDI-P mampu meraih suara yang sangat siknifikan, begitu juga dapil 3 (Tomohon Barat).

Diperkirakan, dari hasil Quickcount Internal PDI-P Bisa sabet 15 kursi legislatif Tomohon, yang artinya melebihi 13 kursi dari target sebelumnya.

Sebut saja Karlheinz Putra Minahasa Senduk meraup suara 3646, terbanyak di Dapil 4. Hal ini diikuti oleh kader potensial PDIP, yakni Johny Runtuwene yang duduk diperingkat kedua dengan jumlah 2812 suara. Para caleg PDIP di Dapil 4 pun tetap tampil dominan, dimana untuk peringkat ketiga diraih Adolfien Supit dengan jumlah suara sebanyak 1818, posisi Keempat Franky Oroh dengan 1333 suara, posisi kelima ada Fecky Rumondor dengan jumlah suara mencapai 1015 suara, diikuti Vonny Mongdong 921 suara serta Marco Nangka 792 suara.

Caleg-caleg di Dapil 1 Kota Tomohon juga melejit. Seperti halnya Caleg nomor urut 5 Abraham Arthuro Wakas berhasil memperoleh suara terbesar dengan jumlah 2698 suara, diikuti Anita Mamesah 1838 suara, Rocky Poli 1664 suara, Maria Pijoh 1656 suara, Haryanto Lasut 1570 suara, Hudson Bogia 1088 suara, serta Cindy Langitan 40 suara.

Hal ini juga berlaku bagi Caleg di Dapil 2, yang meraih hasil signifikan. Seperti Ferdinand Mono Turang, Syalom Mokorimban dan Jerry Bororing. Akan halnya di Dapil 3, ada James Kojongian dan Santi Maria Runtu yang memperoleh suara signifikan. (wan)

Continue Reading

Trending