Connect with us

Tomohon

Kepedulian Pemkot Tomohon, Walikota Caroll Serahkan Insentif Kepada Ratusan Lansia

Published

on

 

 

TOMOHON, inforakyatnews.com – Perhatian khusus terus diupayakan pemerintah Kota Tomohon kepada masyarakat lanjut usia (Lansia).

Hal ini terlihat dengan terus disalurkannya bantuan sosial Lansia atau insentif secara bergilir dibeberapa kelurahan di Kota Tomohon.

Walikota Tomohon Caroll Senduk saat menyerahkan insentif kepada Lansia mengatakan di Kelurahan Kumelembuai mengatakan, Bantuan sosial berupa uang tunai bagi lansia adalah program Pemerintah Kota Tomohon yang merupakan bentuk kepedulian dan perhatian Pemerintah Kota Tomohon bagi para lansia.

“Adanya bantuan ini diharapkan dapat bermanfaat, menambah pemenuhan kebutuhan para lansia. Pergunakanlah bantuan ini dengan sebaik baiknya.
Semoga para lansia tetap sehat, kuat dan selalu dalam perlindungan Tuhan Yang Maha Kuasa.” Ujar Walikota Caroll Senduk. jumat (8/9/2023)

Sementara itu Staf Ahli Walikota Bidang Pemerintahan dan Kemasyarakatan drg Jeand’arc Senduk Karundeng saat mewakili Walikota dalam penyerahan di Kelurahan Matani satu, Matani tiga dan Kelurahan Walian mengajak agar Lansia untuk terus bersama-sama menopang akan program Pemerintah Kota Tomohon didalamnya dukungan doa untuk Pemerintah dan jajarannya agar Pemerintahan berjalan baik untuk kesejahteraan seluruh masyarakat Kota Tomohon.

“Mari kita jaga lingkungan kita masing-masing, jaga kebersihan, kalau lingkungan kita bersih dan sehat tentu tubuh kita pun tetap sehat dan kuat.” Tukas Jeand’arc Senduk-Karundeng.

Diketahui jumlah penerima bansos Lansia atau insentif tersebut sebanyak 202 penerima dengan rincian di Kelurahan Kumelembuai sebanyak 35 orang, Walian 50 orang, Matani satu 42 orang, dan Kelurahan Matani tiga 80 orang.

Insentif yang diserahkan saat ini yakni bulan Juli dan Agustus 2023 Rp 500.000/bulan, total Rp.1.000.000. (wan/*)

Print Friendly, PDF & Email

Tomohon

Rakor Tahapan Pencalonan Kepala Daerah, Pijoh: Agustus Tahapan Pendaftaran Cakada

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara menggelar Rapat Koordinasi Tahapan Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024, Minggu-Rabu (14-17/07/2024) di Hotel Sentra Manado.

Agenda tersebut, dikuti langsung oleh seluruh Komisioner KPU di seluruh Kabupaten dan Kota se-Sulut. Salah satunya, ikut hadir juga Komisi Pemilihan Umum Kota Tomohon.

Rakor tersebut diawali dengan sambutan Anggota KPU Sulut, Lanny Ointu, yang sekaligus membuka kegiatan secara resmi. Dalam sambutannya, ia menekankan pentingnya kehadiran para komisioner dari setiap KPU Kabupaten/Kota untuk hadir pada setiap kegiatan rakor, demi memperkuat koordinasi agar Pilkada bisa berjalan dengan lancar.

“Administrasinya tolong dikawal dengan baik dalam proses di tahapan yang sangat penting ini,” ujarnya.

Selanjutnya, Ketua Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Sulut, Salman Saelangi, yang dalam penyampaiannya mengatakan agar lebih diperkuat lagi koordinasi, karena pada Pilkada saat ini lebih rentan terjadi masalah.

“Tahapan pencalonan ini, sangat-sangat rentan masalah. Artinya memang butuh keseriusan, kesamaan persepsi, kesamaan pemahaman, terhadap bagaimana pencalonan dan syarat-syaratnya,” ungkapnya.

Saat diwawancarai wartawan, Rabu (17/07/2024) lewat pesan WhatsApp, Ketua KPU Tomohon, Albertien V.G Pijoh mengatakan, agenda tersebut sangat penting untuk dilaksanakan.

“Rakor ini sangat penting, karena bulan depan sudah masuk tahapan pendaftaran calon kepala daerah. Yang pada saat itu, setiap bakal pasangan calon (bapaslon) harus memasukkan syarat-syarat admistrasi calon dan pencalonan,” ungkapnya.

Dikatakannya, narasumber dalam rakor tersebut, berasal dari instansi-instansi yang berkaitan dengan jenis dokumen yang harus dimasukkan bapaslon ke KPU. Sehingga, melalui rakor tersebut bisa didapatkan kesepahaman dan pengetahuan yang terkoordinasi.

“Untuk itu, pada akhirnya diharapakan kelak segala pengurusan dokumen dimaksud untuk pendaftaran bapaslon bisa berjalan dengan lancar,” tandasnya.

Selain itu hadir pula Plt. Sekretaris KPU Sulut, Meidy Malonda dan Kepala Bagian Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Partisipasi Hubungan Masyarakat, Hukum dan SDM KPU Sulut, Carles Worotitjan.

Diketahui, sebagai peserta rakor yakni Ketua dan Anggota KPU Kabupaten/Kota, Kasubag Teknis dan Parhubmas, serta Operator Silonkada. (***)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Tomohon

TIFF 2024, Simulasi ToF Digelar 2 Agustus

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Agenda tahunan Pemerintah Kota Tomohon, Tomohon Internasional Flower Festival (TIFF) 2024 terus dimatangkan.

Berbagai persiapan pelaksanaan TIFF dimusyawarahkan panitia pelaksana. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tomohon, Edwin Roring SE ME saat memimpin rapat di Taman Wisata Alam, mengatakan salah satu topik mengemuka, yaitu rencana simulasi agenda utama, iring-iringan kendaraan hias bunga yang dikenal dengan nama, Tomohon of Flower (TOF).

“Simulasi pertama parade kendaraan hias akan dilaksanakan pada tanggal 2 Agustus 2024. Selanjutnya, simulasi kedua pada tanggal 7 Agustus 2024,” ujar Sekda Roring yang juga sebagai Ketua Harian Panitia TIFF 2024. Rabu (17/7).

Pun di dalam rapat tersebut, setiap seksi kepanitiaan melaporkan progres atau kemajuan yang telah dicapai untuk menyukseskan TIFF. Turut hadir, Wakil Ketua Panitia TIFF 2024, Lidya Dondokambey, Sekretaris Panitia TIFF 2024, Judhistira Siwu, SE MSi, jajaran Pemerintah Kota Tomohon dan seluruh Panitia TIFF 2024. (***)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Tomohon

Lokakarya IKM, Sekot Roring Ajak Guru Menyesuaikan Dengan Era Digitalisasi

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Walikota Tomohon yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring SE ME menghadiri Kegiatan Lokakarya Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yang dilaksanakan di AAB Guest House Tomohon. Rabu,(17/7/2024).

Dalam sambutan Walikota Tomohon yang di bacakan oleh Sekretaris Daerah Kota Tomohon mengatakan, Kurikulum Merdeka merupakan langkah maju dalam dunia pendidikan indonesia yang menekankan pada kebebasan belajar, inovasi, dan pengembangan potensi siswa secara maksimal kurikulum ini memberikan bagi keleluasaan guru untuk mengembangkan metode pengajaran yang kreatif dan relevan dengan kebutuhan siswa, sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan bermakna.

“Kita sekarang ini berada di jaman era digitalisasi, kita sebagai guru harus menyesuaikan dengan era digitalisasi.
Pada saat ini Tomohon dalam bidang pendidikan sudah On the track.” ajak Sekot.

Peran serta bapak/ibu dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka sangatlah penting. Guru bukan hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai fasilitator, motivator, dan inspirator bagi siswa. Dengan memahami dan menerapkan kurikulum ini, kita dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis, interaktif, dan berpusat pada siswa.

Tujuan dari merdeka belajar adalah mendapatkan kualitas pendidikan/mutu pendidikan yang tinggi bagi peserta didik.

Pemerintah Kota Tomohon mendukung penuh implementasi kurikulum merdeka yang kreatif dan inovatif. Melalui lokakarya ini, Kami berharap bapak/ibu Guru dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang kurikulum ini, serta keterampilan praktis yang diperlukan untuk mengimplementasikannya di sekolah masing-masing. Kami juga berkomitmen untuk terus menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung serta berbagai program pelatihan untuk meningkatkan kompetensi para Guru.

Ada dua hal yang ingin saya ingatkan yang pertama adalah Loyalitas, kita definisikan Loyalitas adalah peleburan mental antara pemimpin dan yang di pimpin.

“Jadi diharapkan kepada para ASN untuk jaga Loyalitas dan yang kedua adalah Integritas itu termasuk kejujuran dan ketulusan Kalau kita mampu mengembangkan ini integritas kita pasti terjaga.” tutur Sekot Edwin Roring.

Kesempatan itu Sekretaris Daerah Kota Tomohon membuka kegiatan tersebut secara resmi

Dihadiri oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tomohon Dr. Juliana Dolvin Karwur,M.Kes, M.Si, Sekdis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tomohon Simon Kilis, S.Pd, para Kepsek dan para guru se-Tomohon yang menjadi peserta kegiatan IKM. (***)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending