Connect with us

Tomohon

Jalur Pendakian Gunung Lokon Ditutup Sementara, Warga Diimbau Taat Radius Bahaya

Published

on

 

TOMOHON, inforakyatnews.com – Pemerintah Kota Tomohon melalui Tim Gabungan, Jumat 21/7/2023) melakukan Sosialisasi dan Pemantauan langsung ke lokasi-lokasi yang termasuk dalam Radius 2,5 Km dari Kawah Gunung Lokon.

Berdasarkan Surat Edaran Pemerintah Kota Tomohon No. 361/SEKRE/599-BPBD Tentang Larangan Melakukan Pendakian dan Aktivitas di Gunung Lokon.

Larangan Aktivitas di Radius 2,5 Km berdasarkan Peta KRB (Kawasan Rawan Bencana)-III meliputi antara lain :

1. Pelaku Usaha :
– D’Lokon, Pelangi dan Mahoni
– 1 lokasi Tambang Galian C
– Pekerja Bangunan
– Para Petani
2. Para Petani di Lokasi Perkebunan Radius 2,5 Km Kel. Kakaskasen 2 dan sebagian Kel. Kakaskasen 1, Kinilow dan Tinoor
3. Para Pecinta Alam / Pendaki G.Lokon/Turis/Wisatawan Mancanegara dan Lokal

Dalam Sosialisasi dan Pemantauan tersebut telah di tegaskan agar segera mengindahkan Surat Edaran Pemkot.

Sekda Tomohon selaku Ex Officio Kepala BPBD Kota Tomohon menegaskan kepada para camat dan Lurah agar terus memantau aktivitas di lokasi-lokasi tersebut dan jika ada pelanggar segera berkoordinasi dengan pihak Kepolisian, TNI maupun SatpolPP.

Sekda menambahkan Pemerintah telah melakukan tugasnya dan berkewajiban memperingati, ini membutuhkan kesadaran bahwa Ancaman Bahaya Bencana harus diikuti dengan kesiapsiagaan dan mitigasi. Ini bagian dari usaha pemerintah untuk mengurangi risiko dari dampak bencana itu sendiri. Kota Tomohon telah banyak mendapat pengalaman dari kejadian-kejadian bencana sebelumnya, kita berusaha untuk tetap menekan korban jiwa, kita bersyukur bahwa selama Bencana Gunung Lokon tahun-tahun sebelumnya Korban Jiwa berada pada titik Zero Korban Jiwa oleh karena itu saat ini kita terus berupaya sambil tetap berdoa semoga Kota Tomohon terus di jauhkan dari Bencana.

Hadir dalam Sosialisasi dan Pemantauan , Kalaksa BPBD Kota Tomohon, Sekretaris SatpolPP Kota Tomohon, Kabid Trantibum SatpolPP Kota Tomohon, Camat Tomohon Utara, Kabid Darurat dan Logistik BPBD Kota Tomohon, Babinkamtibmas (Unsur Polri) setempat, Babinsa (Unsur TNI) setempat, Lurah Kakaskasen 2 dan Perangkat Linmas, Komandan TRC-PB BPBD Kota Tomohon, Pusdalops-PB BPBD Kota Tomohon, Anggota SatpolPP, Anggota TRC-PB dan Pusdalops PB BPBD Kota Tomohon.
(Wan/*)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tomohon

Jelang Coklit, KPU Tomohon Bekali Panitia Ad Hoc

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon bekali PPS dan PPK sekota Tomohon.

Ketua Komisi KPU Kota Tomohon Albertien Vierna Pijoh menjelaskan, pihaknya saat ini melakukan pembekalan kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“Hari ini kami mengundang seluruh panitia Ad Hoc KPU, karna pada tanggal 24 Juni nanti kemungkinan akan diadakan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih,” ujar Ketua KPU Kota Tomohon Albertien Vierna Pijoh disela-sela rapat koordinasi persiapan pembentukan petugas pemutahiran data pemilih (Pantarlih) Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024.

Vierna Pijoh juga mengatakan, perekrutan petugas Pantarlih nanti adalah PPS dibantu PPK, maka dari itu KPU Kota Tomohon melakukan pembekalan agar dalam perekrutan Petugas Pantarli nantinya adalah orang yang kredibel. Apa lagi terkontaminasi dengan Partai Politik atau tim pemenangan.

“Intinya membekali para Ad Hoc kami supaya dalam merekrut Pantarli nanti tidak terkendala dan menjadi masalah,” tukasnya. (10/6) 2024.

Diketahui jadwal perekrutan petugas Pantarlih akan dilaksanakan pada 13 Juni 2024 ole PPS dan dibantu oleh PPK (wan)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Tomohon

Terkait Verfak, Simangunsong Sebut KPU Tomohon Terbuka Bagi PKD

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon menyebut tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) saat ini memasuki tahapan verifikasi faktual jumlah dukungan pasangan bakal calon (Balon) Walikota dan Wakil Walikota non partai atau perseorangan.

Ditemui di Sekretariat KPU Kota Tomohon, Komisioner KPU Kota Tomohon Divisi Hukum dan Pengawasan, Youne Y. P. Simangunsong mengatakan pihaknya (KPU) sementara dalam proses persiapan verifikasi faktual (Verfak).

“Ya, saat ini sementara dalam proses persiapan Verfak jumlah dukungan pasangan perseorang, dan nantinya diawasi oleh teman teman dari Bawaslu,” ujar Simangunsong. (6/6) 2024.

Dikatakannya, untuk proses Verfak nantinya di lapangan Panitia Pemungutan Suara (PPS) akan terbuka terhadap Pengawas Kelurahan Desa (PKD).

“Dalam proses di lapangan KPU akan tetap terbuka, sesuai yang diatur dalam undang-undang, tidak ada batas-batasan untuk pengawas melakukan tahapan pengawasan dan itu adalah tugas domain mereka untuk melakukan pengawasan. Kami tidak akan menghalangi tugas mereka. Jadi kami akan tetap terbuka,” tukasnya. (wan)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Tomohon

Pemkot Tomohon Terima Kunjungan Tim OTS Prioritas Nasional Wantannas R.I

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Walikota Tomohon Caroll Senduk yang diwakili Asisten Perekonomian Dra Lily Solang didampingi Kadis Kominfo Novi Politon dan mewakili dari unsur Badan Kesbang, Sat Pol PP menerima Kunjungan Kerja On The Spot (OTS) Prioritas Nasional 2024 Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas RI).

Lily Solang mengatakan, kunjungan tersebut membahas kaitannya keamanan menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

“Kunjungan kerja ini bertemakan Bagaimana Strategi Penanganan Terpadu Potensi Resiko Pilkada Serentak 2024 dalam rangka menjaga stabilitas keamanan Nasional,” ujar Lily Solang. (4/6) 2024.

Kegiatan yang digelar di Ballroom Novotel Manado, dihadiri Tim On The Spot (OTS) Prioritas Nasional Wantannas R.I. terdiri atas:
Laksdya TNI Dr. T.S.N.B. Hutabarat, M. M.S. (Sesjen wantannas R.I), Irjen pol. Drs. R. Eko wahyu prasetyo, S.H. (Koordinator), Brigjen pol. Dr.H, Nazirwan Adji wibowo, S.I.K., M.Si. (Ketua Tim OTS PN)
, Marsma TNI Albertus lrianto Wakil -1
, Laksma TNI Judijanto, M.Si., MADS Wakil -2
, Kolonel Laut (T) Eko Erys Hidayanto, S.T., M.M., CHRMP (Sekretaris), Kolonel lnf. Sukirman Sulaeman
, Kolonel Laut (H) Dr. Rudy Hartono, S.H., M.H.
, Kolonel Adm. Ade Rismaedi
, Kolonel Lek. Bambang suyanto
, Chairul Didiek Djunaedi, S.E.
, Dr. Sumantri, S.Pd,. M.Si.

Turut hadir, Kapolres Tomohon AKBP Lerry Tutu, Komandan Kodim 1302/Minahasa,
Ketua KPU Kota Tomohon Viena Pijoh, Ketua Bawaslu Kota Tomohon diwakili Yosi Kora, Kajari Kota Tomohon diwakili Kasi Intel, Tim Pemeriksa
Daerah Dewan Kehormatan Penyelengara Pemilu (TPD DKPP) tingkat Kota
Tomohon, Rektor dan Dekan Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia Tomohon
(UKIT), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Forum Kerukunan Umat
Beragama (FKUB), Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, dan Tokoh Agama. (wan)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending