Connect with us

Daerah

Irup Peringatan Hardiknas, Bupati Kumendong Bacakan Sambutan Mendikbudristek RI

Published

on

MINAHASA, inforakyatnews.com – Penjabat Bupati Minahasa Dr Jemmy Stani Kumendong, M.Si, menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2024. Kegiatan ini berlangsung di Halaman Kantor Bupati Minahasa, Tondano, Kamis (2/5/2024).

Bupati Kumendong dalam sambutannya saat membacakan sambutan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim BA MBA. Mengatakan, Lima tahun terakhir ini adalah waktu yang sangat mengesankan dalam perjalanan Menteri Makarim di Kemendikbudristek, menjadi pemimpin dari gerakan merdeka belajar semakin menyadarkan kami tentang tantangan dan kesempatan yang kita miliki untuk memajukan pendidikan Indonesia.

“Pada awal perjalanan kita sadar bahwa membuat perubahan butuh perjuangan. Rasa tidak nyaman menyertai setiap langkah menuju perbaikan dan kemajuan.
Ketika langkah kita mulai serempak kita dihadapkan dengan tantangan yang tak pernah terbayangkan yakni Pandemi,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, dampaknya, mengubah proses belajar mengajar dan cara hidup kita secara drastis. Pada saat yang sama, pandemi memberi kesempatan untuk mengakselerasi perubahan.

“Dengan bergotong royong, kita berjuang untuk pulih dan bangkit kembali menjadi jauh lebih kuat. Kini, kita sudah mulai merasakan perubahan terjadi di sekitar kita, digerakkan bersama-sama dengan langkah yang serempak dan serentak,” tambahnya.

Ditambahkannya, wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia sedang dibangun bersama dengan gerakan merdeka belajar. Kita sudah mendengar lagi anak-anak Indonesia berani bermimpi karena mereka merasa merdeka saat belajar di kelas.

“Kita sudah melihat lagi guru-guru yang berani mencoba hal-hal baru karena mereka mendapatkan kepercayaan untuk mengenal dan menilai murid-muridnya,” ujarnya.

“Dan kita sudah merayakan lagi semarak karya-karya yang kreatif karena seniman dan perilaku budaya terus didukung untuk berkreasi. Lima tahun bukan waktu yang sebentar untuk menjalankan tugas memimpin gerakan merdeka belajar, “ungkapnya.

Dikatakannya lima tahun juga bukan untuk membuat perubahan yang menyeluruh. Kita sudah berjalan menuju arah yang benar, tetapi tugas kita belum selesai.

“Semua yang telah kita jalankan harus diteruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan. Semua yang sudah kita upayakan harus dilanjutkan sebagai perjalanan ke arah perwujudan sekolah yang kita cita-citakan,” pesannya.

“Dengan penuh harapan, saya titipkan merdeka belajar kepada anda semua, para penggerak perubahan yang tidak mengenal kata menyerah untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan. Selamat Hari Pendidikan Nasional. Mari terus bergotong royong menyemarakkan dan melanjutkan merdeka belajar,” ia menambahkan.

Diketahui, dalam upacara tersebut, Bupati menyerahkan Surat Keputusan (SK) Pensiun, Sertifikat Penghargaan Purna Bakti, kepada Ir Wenny Talumewo MSi. Selain itu, penyerahan Tabungan Hari Tua dari PT Taspen, serta Penyerahan Buku Tabungan Bank Mandiri Taspen kepada yang bersangkutan karena memasuki purna tugas.

Dilanjutkan dengan penyerahan SK Pelaksana Harian (Plh) kepada Dr Arody Tangkere, MAP, sebagai Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Sekdakab Minahasa.

Turut hadir pula dalam kegiatan ini, Forkopimda Minahasa, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Dr. Lynda D. Watania, MM, M.Si Para Asisten, Para Sahli, Inspektur, Sekwan, Para Kepala Badan/Dinas/Satuan, Dir.PDAM, Dir.RSUD, Para Kabag, Para Camat Tondano Raya, ASN Dan THL.(*/HerS)

Print Friendly, PDF & Email

Daerah

Digelar Dinas P3A, Asisten III Vicky Tanor Kukuhkan Gugus Tugas KLA di Minahasa

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com
-Pj. Bupati Minahasa De. Jemmy S. Kumendong, MSi, diwakili Asisten III Administrasi Umum Pemkab Minahasa Dr. Christian Vicky Tanor SPi. MSi. membuka kegiatan Evaluasi Kabupaten Layak Anak dan mengukuhkan Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak di Minahasa, bertempat di Hotel Yama Tondano.Kamis (16/5/24)

Dalam sambutannya Pj. Bupati Kumendong melalui Asisten Vicky Tanor mengucapkan apresiasi atas kegiatan Evaluasi Kabupaten Layak Anak oleh Dinas PPPA Minahasa ini.

“Diharapkannya agar komitmen semua pihak untuk mewujudkan Minahasa menjadi Kabupaten Layak Anak akan tetap dipertahankan bahkan ditingkatkan di masa datang, “tandasnya.

Berikut susunan Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak yang dikukuhkan berdasarkan SK Bupati Nomor 44 tahun 2024.

“Sekda Dr. Lynda D. Watania, MM, MSi sebagai Ketua, Kepala Bapelitbangda Philip Siwi SE sebagai Wakil Ketua, Plt. Kepala Dinas PPPA Agustivo Tumundo sebagai Sekretaris, Inspektur Daerah Maudy Lontaan SSos sebagai Koordinator Kelembagaan, Kadis Dukcapil Meidy Rengkuan, SH, MAP sebagai Koordinator Klaster I, Kadis PPKB Dra. Meita Aguw sebagai Koordinator Klaster II, Kadis Kesehatan dr. Olviane Rattu, MKes sebagai Koordinator Klaster III, Kadis Pendidikan Tommy Wuwungan, SPd, MM sebagai Koordinator Klaster IV, dan Kadis Sosial dr. Maya Rambitan, MKes sebagai Koordinator Klaster V, serta para Kepala Perangkat Daerah, Kabag dan Camat sebagai Anggota Klaster.

Diketahui kegiatan yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA),
diawali dengan laporan Plt. Kepala Dinas PPPA Agustivo Tumundo SE, MSi, dan menampilkan Nara Sumber Kepala UPTD PPA DP3AD Provinsi Sulut Marsel Silom SE dan Fasilitator PUG dan Anak Provinsi Sulut Drs. Boas Wilar.
Tampak hadir juga Asisten II Sekda Dr. Arodi Tangkere, MAP, para Staf Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah, Camat, Pengurus Forum Anak Daerah dan stakeholder lainnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Wujudkan WBK, Lapas Kelas IIB Tondano Ikuti Desk Evaluasi Satuan Kerja

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com – Dalam upaya mewujudkan komitmen untuk meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), Lapas Tondano mengikuti Desk Evaluasi Satuan Kerja menuju WBK yang dilakukan oleh Tim Penilai Internal (TPI) Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI yang dipimpin oleh Maddalena Saragi selaku Pengendali Teknis serta Dhony Alfianto selaku Ketua Tim. Kegiatan ini digelar di ruang Aula Lapas Tondano,Rabu (15/5).

Diketahui acara tersebut diikuti oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tondano, Yulius Paath bersama seluruh anggota Tim Pembangunan ZI.

Sebelum memaparkan materi, TIM Pembangunan ZI Lapas Tondano terlebih dahulu menyembahkan yel-yel WBK yang penuh semangat, dilanjutkan dengan perkenalan tim pokja dari 6 area perubahan, serta pemutaran video profil satuan kerja.

Dalam paparannya, Kalapas Tondano Yulius Paath menjelaskan mengenai gambaran umum kondisi Lapas, 6 area perubahan pembangunan ZI, mitigasi risiko, maskot, inovasi, baik inovasi layanan kepada masyarakat maupun inovasi layanan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan.

Setelah memaparkan materi, kegiatan dilanjutkan dengan sesi wawancara oleh TPI Kepada Kalapas dan Seluruh tim Pokja. Kalapas dan Ketua masing-masing pokja memberikan tanggapan atas pertanyaan yang diberikan oleh Tim TPI.

Tak berhenti pada Desk Evaluasi, TPI juga melakukan verifikasi lapangan untuk melihat secara langsung hasil perubahan yang telah dilakukan oleh Lapas Tondano. Dengan tekad kuat dan komitmen yang menggebu, Lapas Tondano siap untuk meraih predikat WBK sebagai bukti nyata dari upaya pembangunan zona integrasi yang dilakukan Lapas Tondano. (HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Pemkab Minahasa Raih Prestasi Tertinggi Indeks Pencapaian (IP) SPM Triwulan Pertama 2024

Published

on

MINAHASA, inforakyatnews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa dipimpin Penjabat Bupati Dr. Jemmy Stani Kumendong M.Si, bersama Sekretaris Daerah Dr. Lynda D. Watania MM, M.Si, berhasil meraih prestasi tertinggi Indeks Pencapaian (IP) SPM Triwulan Pertama Tahun 2024,di Sulawesi Utara (Sulut).

Diketahui sesuai laporan data dari Ditjen Bina Bangda capaian (IP) SPM Triwulan I tahun 2024, Kabupaten Minahasa meraih prestasi tertinggi di Provinsi Sulawesi Utara dengan skor gemilang sebesar 72,67, dan Kabupaten Minahasa berhasil menonjol di antara 15 Kabupaten/Kota lainnya di Sulawesi Utara.

Dalam kesempatan ini, Bupati Kumendong mengungkapkan bahwa keberhasilan ini menandakan komitmen yang kuat dari para pihak terkait lainnya dalam meningkatkan kualitas standar pelayanan minimal di Kabupaten Minahasa. Untuk itu atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa mengucapkan banyak terima kasih kepada semua unsur pihak terkait.

“Prestasi ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi Kabupaten Minahasa, tetapi juga menjadi inspirasi bagi daerah lain di Sulawesi Utara untuk mengikuti jejak dan meningkatkan standar mereka,” ujarnya.

Melalui pencapaian tersebut, kata Bupati, Kabupaten Minahasa membuktikan bahwa dapat membawa manfaat bagi masyarakat dan generasi mendatang.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Dr. Lynda D. Watania MM, M.Si mengatakan, dengan berhasilnya Pemkab Minahasa meraih prestasi tertinggi atas capaian (IP) SPM, menandakan Kabupaten Minahasa telah berhasil menjalankan tahapan penerapan SPM dengan baik, memperlihatkan komitmen yang kuat dalam meningkatkan kualitas di daerah.

“Keberhasilan ini menjadi pijakan yang solid dalam upaya mencapai standar yang lebih tinggi di Kabupaten Minahasa, serta menginspirasi kabupaten lainnya untuk mengikuti jejak yang sama menuju masa depan yang lebih baik,” ujarnya menambahkan.

Diketahui, dalam laporan Ditjen Bina Bangda menunjukkan bahwa Kabupaten Minahasa telah berhasil menyelesaikan setiap bidang capaian minimal dengan persentase yang lebih dari 0%. Hal ini mencerminkan komitmen dan kerja keras dari semua pihak terkait untuk meningkatkan kualitas di Kabupaten Minahasa.(*/HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending