Connect with us

Tomohon

HARDIKNAS, Walikota Caroll Irup dan Bacakan Sambutan Menteri Pendidikan

Published

on

 

 

TOMOHON, inforakyatnews.com – Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, S.H. menjadi Inspektur Upacara Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 di Kota Tomohon

Upacara dilaksanakan di Lapangan Kantor Walikota Tomohon, Kamis 04/05/2023

Sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang dibacakan oleh Walikota Tomohon; Selama tiga tahun terakhir, perubahan besar terjadi di sekitar kita, di mana-mana dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia.

Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang telah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

Anak-anak kita sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri. Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan.

Para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya Platform Merdeka Belajar. Selain itu, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka.

Sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar.

Pada jenjang perguruan tinggi, adik-adik mahasiswa yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus dengan hadirnya program-program Kampus Merdeka.

Dari segi pendanaan, pencarian langsung Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) dan pemanfaatannya yang lebih fleksibel telah memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas belajar.

Dengan perluasan program beasiswa, kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi sekarang lebih terbuka. Dukungan dana padanan untuk mendanai riset juga telah melahirkan begitu banyak inovasi yang bermula dari kolaborasi.

Selain itu, mekanisme dana yang fleksibel dapat mewadahi gagasan-gagasan kreatif para seniman dan pelaku budaya sehingga mampu menghasilkan karya-karya hebat yang mendukung pemajuan kebudayaan.

Saudara-saudariku, mari kita ingat, bahwa bersama-sama kita telah membuat sejarah baru dengan gerakan Merdeka Belajar. Transformasi yang masif ini sudah sepatutnya dirayakan dengan penuh syukur dan semarah, karena semuanya adalah hasil dari kerja keras dan kerja sama kita.

Hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah waktu yang tepat bagi kita untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi, juga setiap langkah berani yang sudah diambil.

Dengan merefleksikan hal-hal yang telah kita lakukan sepanjang tiga tahun terakhir, kita dapat merancang arah perjalanan kita ke depan guna memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan Merdeka Belajar.

Layar yang sudah kita bentangkan jangan sampai terlipat lagi. Kita semua, para tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan, seniman dan pelaku budaya, juga peserta didik di seluruh Nusantara, adalah kapten dari kapal besar yang bernama Indonesia ini.

Perjalanan harus kita lanjutkan, perjuangan mesti kita teruskan, agar semua anak bangsa merasakan kemerdekaan yang sebenar-benarnya dalam belajar dan bercita-cita.

Oleh karena itu, mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, Mendidik Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan.
Selamat Hari Pendidikan Nasional.

Setelah upacara dilaksanakan Launching Program Sahabat Hebat Kurikulum Merdeka oleh Walikota Tomohon yang ditandai dengan pelepasan balon ke udara

Hadir juga Ketua Pengadilan Negeri Tondano Erenst Janes Ulaen, S.H., M.H., Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring, S.E., M.E., Ketua TP-PKK Kota Tomohon Ibu drg. Jeand’arc Senduk-Karundeng, Mewakili Dandim 1302 Minahasa Danramil Tomohon Kapten Armed Carles Sonlay, Kepala BPMP Sulut Febry Dien, S.T., M.Inf.Tech., Anggota DPRD Kota Tomohon Noldy Lengkong, Mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tomohon Ibu Nova Maleke, Mewakili Kepala LPKA Stevi Rau, Para Staf Khusus Walikota Tomohon, Jajaran Pemerintah Kota Tomohon, Para Kepala SD dan SMP, Para Guru dan Para Siswa. (Wan/*)

 

Print Friendly, PDF & Email

Tomohon

Walikota Caroll Bersama Jajaran Melayat di Rumduk Ayah Terkasih Sekretaris BKPSDMD Eden Kawung

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Walikota Tomohon Caroll J. A. Senduk melayat di rumah duka Almarhum Joppy Welly Kawung (74) dalam keluarga besar Kawung-Kapero di Desa Tombasian Bawah, Jaga 4, Kecamatan Kawangkoan Barat, Kabupaten Minahasa. (16/4) 2024.

Almarhum Joppy Welly Kawung merupakan ayah terkasih dari Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Tomohon Eden Kawung.

Walikota saat menghadiri mengungkapkan selaku pribadi mendoakan keluarga yang ditinggalkan juga turut berduka cita kepada keluarga besar.

“Untuk itu saya selaku pribadi dan keluarga bersama seluruh jajaran pemerintah Kota Tomohon menyampaikan Turut berduka cita yang dalam atas meninggalnya bapak Joppy Welly Kawung tutup usia 74 tahun 11 bulan 9 hari keluarga besar Kawung-Kapero.” ungkap Walikota Caroll Senduk.

Walikota juga mengatakan, keluarga berduka untuk terus berpengharapan kepada Tuhan Yesus karena Tuhan Yesus sumber penghiburan yang sejati.

Mewakili keluarga besar Kawung-Kapero, Sekretaris BKPSDMD Kota Tomohon Eden Kawung mengungkapkan satu kehormatan bagi kami keluarga atas kedatangan Walikota Tomohon Caroll Senduk.

“Kunjungan dari pimpinan memberikan kekuatan bagi kami keluarga besar Kawung-Kapero di tengah-tengah duka cita yang kami alami ketika bapak kami berpulang kami sangat Kehilangan sebagai manusia biasa kami sangat sedih ketika ditinggalkan oleh orang yang paling Kami kasih,” ucap Eden Kawung.

“Sosok seorang ayah yang saya selalu sampaikan di atas adalah orang yang tangguh motivator bagi kami anak-anak walaupun di tengah-tengah kondisi sakit dia tetap berjuang tetap berjuang memberi semangat,” tukasnya.

Turut mendampingi Walikota Tomohon, Ketua TP-PKK Jeand’arc Senduk-Karundeng, Sekretaris Kota Tomohon Edwin Roring, Asisten Administrasi Umum Masna Pioh, Kadis Capil Kota Tomohon Albert Tulus, Kadis BPBD Hengky Supit, Kadis PPKB Mareyke Manengkey, Inspektorat Jean Bolang juga pejabat lainnya.(wan)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Walkot Caroll Senduk Hadiri Malam Grand Final Remaja Teladan GMIM Wilayah Tomohon Satu

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Walikota Tomohon Caroll Senduk SH (CS) menghadiri Grand Final Remaja Teladan GMIM Wilayah Tomohon Satu, bertempat di Wale Syaloom Kolongan, Minggu (14/4/2024).

Walikota dalam sambutannya mengatakan, selaku pribadi, pemerintah menyampaikan selamat berlomba bagi para remaja teladan dalam grand final hari ini, dimana kedepannya akan menjadi teladan dimana berada serta menjadi panutan.

“Sebagai Orang Tua bangga melihat anak-anak kita menjadi anak-anak remaja Gereja yang luar biasa dan boleh menjadi teladan bagi teman baik dalam keluarga, gereja maupun masyarakat,” ujar Walikota.

Dia mengatakan para remaja ini juga semoga menjadi penerus-penerus dalam pembangunan Iman. “Jadikan Ajang Grand Final ini sebagai peluang untuk mengasah potensi diri, karena pencapaian hari ini bukanlah akhir dari segalanya, melainkan standard dan pondasi awal untuk kedepannya,” sebut Senduk. (***)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Headline

Pemilihan Remaja Teladan Wilayah Tomohon IV, Diapresiasi Walikota Caroll Senduk

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Walikota Tomohon Caroll Senduk SH (CS) menghadiri Grand Final Pemilihan Remaja Teladan Wilayah Tomohon IV tahun 2024 bertempat di GMIM Nafiri Pangolombian, Minggu (14/04/2024)

Khadim dalam ibadah kegiatan ini, Pdt Kristi Sigar Sampie, MTh, selaku Ketua BPMJ Jemaat GMIM Nafiri Pangolombian.

Dalam Sambutannya, Walikota menyampaikan selamat berkompetisi kepada seluruh finalis remaja teladan GMIM wilayah Tomohon IV.

“Kami pemerintah mengapresiasi kepada seluruh panitia Remaja Teladan wilayah Tomohon IV yang telah melaksanakan kegiatan yang membawa dampak positif bagi para remaja, terutama untuk GMIM. Dimana bakat dan talenta yang ada pada remaja dapat dikembangkan dan dapat berguna sekaligus bermanfaat buat diri sendiri, Gereja, maupun masyarakat,” ujar Walikota. (***)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending