Menu

Mode Gelap
Alfamart Peduli Kreativitas Anak Sejak Dini Debt Collector Dilarang Gunakan Kekerasan dalam Penagihan Hutang Konsumen Kebersamaan dalam Dialog Lintas Iman, Wujud Toleransi Beragama di Sulut KPK Buka Kelas Pemuda Anti Korupsi Tahun 2022 di Sulut Hadirkan DJ Ribka, HUT ke-8 “Good Day Club” Bakal Spektakuler

ADVERTORIAL · 2 Feb 2022 21:55 WITA ·

FDW-PYR Resmikan Ruang Terbuka Publik


 FDW-PYR Resmikan Ruang Terbuka Publik Perbesar

Diapresiasi Gubernur, Warga Diminta Jaga Keberlangsungan RTP

AMURANG, inforakyatnews.com – Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar SH (FDW) dan Wakil Bupati (Wabup) Pdt Petra Yani Rembang (PYR) terus melakukan perubahan, salah satunya dengan membangun dan meresmikan Ruang Terbuka Publik (RTP) Kawasan Pertokoan Amurang, Selasa (2/2) kemarin.

Peresmian RTP tersebut diawali dengan penandatangan prasasti dan gunting pitah. Dilanjutkan dengan ibadah syukur yang dipimpin Pdt Yulita Surentu serta diikuti oleh Forkopimda dan jajaran Pemkab Minsel. Mewakili Gubernur Sulut Olly Dondokambey, hadir Kepala Dinas PUPR Provinsi Sulut Alex Watimena.

Dikesempatan itu, Watimena saat menyampaikan sambutan mewakili gubernur, secara khusus mengapresiasi atas diresmikannya RTP Kawasan Pertokoan Amurang. “Selamat atas diresmikan RTP ini. Sungguh luar biasa Kawasan tempat kita berdiri ini, sekarang telah menjadi indah dan memiliki nilai estetika yang tinggi. Semoga dengan diresmikannya RTP ini, akan diringi dengan semakin kontributifnya semua masyarakat Minsel, bagi peningkatan perekonomian di Sulut,” sebutnya.

Menurut Gubernur OD, lanjutnya, pembangunan RTP akan memberikan dampak peningkatan ekonomi termasuk Pendapatan Asli Daerah. “Karena, PAD adalah salah satu sumber untuk keberlangsungan pembangunan. RTP ini merupakan ruang yang penting untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, termasuk kenyamanan relaksasi dalam melakukan kegiatan aktif. RTP ini tentu akan menjadi salah pusat kegiatan ekonomi. Yang dapat mendorong dan memperlancar kegiatan ekonomi masyarakat Minsel,” sebutnya.

Kehadiran RTP, kata dia, pada beberapa tempat di Indonesia dinilai sangat mampu memberi dampak positif bagi pembangunan daerah dan menunjang sektor-sektor strategis daerah. Saya sangat berharap agar RTP ini dapat menjadi media transaksi masyarakat yang representative dan dapat menciptakan peluang bisnis yang prospektif bagi para pelaku utama khususnya pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM),” tukas Watimena.

Diketahui, pembangunan RTP tersebut berbanderol Rp8.8 Miliar, dengan sumber anggarannya dari Bantuan Khusus Provinsi Sulut Tahun 2021.

Sementara, Bupati FDW, saat diwawancarai turut berterimakasih kepada Pemerintah Provinsi Sulut Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw, yang telah membantu pembangunan RTP tersebut. Ia berharap, masyarakat menumbuhkan budaya memiliki RTP tersebut. Dalam artian, dirinya menginginkan masyarakat juga bisa menjaga dan turut merawat RTP yang sudah menjadi milik masyarakat itu.

“Memang kami menyediakan petugas untuk membersihkan, mengelolah dan juga mengamankan RTP. Tapi apalah arti mereka, kalau masyarakat memiliki kesadaran yang rendah untuk memiliki kewajban untuk menjaga RTP. Saya berharap, masyarakat bisa turut menjaga RTPagar tetap baik kedepan,” ungkap orang nomor satu di Minsel ini.

Tidak hanya masalah pengelolaan yang telah dipikirkan secara matang. Bupati FDW juga, telah memikirkan untuk adanya penambahan fasilitas bagi masyarakat di RTP tersebut. Seperti fasilitas tambahan spot wifi gratis bagi public, sebagai jaringan akses broadband. Yang menjadi media untuk layanan internet berkecepatan tinggi, juga akan segera hadir di RTP tersebut.

“Wifi gratis bagi masyarakat di RTP ini sudah menjadi komitmen kami saat kampanye. Jadi fasilitas ini akan ada wifi gratis bagi masyarakat. Begitu juga di sini kedepannya akan jadi lokasi berbagai kegiatan, semisal pentas seni dan budaya dan sebagainya yang akan digelar secara berkala. Kemudian di areal depan RTP, akan dibuka tempat kuliner untuk pelaku usaha supaya bisa mengembangkan UMKM di Minsel. Tapi akan diatur waktunya sesuai dengan Inmendagri,” tukasnya.

Terpantau, mulai dari peresmian hingga malam hari, RTP terus dipadati oleh pengunjung yang datang dari seluruh pelosok Kabupaten Minsel. Di sela acara, Pemkab Minsel memberikan makanan secara gratis kepada masyarakat, lewat sejumlah gerobak jualan yang berada di seputaran RTP saat itu.(adve)

Artikel ini telah dibaca 17 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

FER Ingatkan Pentingnya Cegah Stunting

27 Oktober 2022 - 15:59 WITA

Caroll-Wenny Hadiri Peringatan HUT ke-58 Provinsi Sulut

23 September 2022 - 23:00 WITA

Bupati Minsel Cup U-17 Sukses, PS LS Juara

7 Agustus 2022 - 12:44 WITA

Pertama di Amurang, Klinik Mata Trinita Mulai Beroperasi

3 Agustus 2022 - 09:13 WITA

Pemkab Launching Pemilihan Hukum Tua Serentak

4 Juli 2022 - 19:25 WITA

Peduli Korban Bencana, Wagub Steven Kandouw Sumbang Tanah 5 Hektar 

25 Juni 2022 - 21:25 WITA

Trending di Breaking News