Connect with us

Tomohon

drg Jeand’arc Promosikan Potensi Kota Tomohon kepada Investor USA dan Eropa

Published

on

 

TOMOHON, inforakyatnews.com – Potensi bisnis industri agro dan pariwisata berbasis pemanfaatan langsung energi panas bumi Lahendong yang stok-nya cukup melimpah di Kota Tomohon mulai dilirik para investor dari Eropa dan Negara Paman Sam Amerika.

Staf Ahli Walikota Bidang Pemerintahan dan Kemasyarakatan drg Jeand’arc Senduk Karundeng mewakili Walikota Tomohon Caroll Senduk langsung berperan menjadi ‘guide’ sekaligus mempromosikan berbagai kekayaan alam energi panas bumi yang tersimpan diperut bumi.

Mereka calon investor Mrs Novemy Sherly Gosal, Mr Patrick Michel Antoine America, Mr Charles Douglas Ruffolo, Mr Robert Craig Davidoff, dan Mr Guy Frederic Ettlin.

Kedatangan para tamu ini bukan hanya sekedar mendengar promosi saja namun mereka juga berkunjung ke lokasi (Pertamina Geothermal Energi) Area Lahendong, yang disambut GM PGE Area Lahendong Novi Purwono bersama jajarannya.

Kedatangan mereka untuk melihat langsung potensi sekaligus pengolahan energi panas bumi untuk menjadi energi listrik guna memenuhi kebutuhan masyarakat.

Bukan hanya itu saja, drg Jeand’arc Senduk Karundeng juga memandu para calon investor tersebut untuk melihat pengolahan pabrik gula aren Masarang yang menggunakan brine (air panas) sisa operasi PLTP Lahendong Unit 1 dan 2, sebagai salah satu upaya pemanfaatan langsung energi panas bumi, Jumat (27/10/).

“Moment kunjungan ini kita manfaatkan untuk mempromosikan peluang bisnis yang sangat strategis kepada para tamu dari USA dan Eropa lebih spesifik calon investor yang punya minat berinvestasi di Kota Tomohon. Kaitan peluang bisnis yang sangat strategis yaitu optimalisasi industri agro dan pariwisata berbasis pemanfaatan langsung energi panas bumi yang tersedia secara berlimpah di Kota Tomohon,” kata drg Jeand’arc Senduk Karundeng.

Istri tercinta dari wali kota ini juga menambahkan dalam rangka mendorong pemanfaatan langsung energi panas bumi yang lebih masif pemkot memerlukan peningkatan pengetahuan teknis maupun kebijakan tentang energi panas bumi dan pengusahaan pemanfaatan langsung.

“Dengan berbagai upaya terobosan ini, kami berharap pemanfaatan langsung panas bumi dapat menjadi pendorong ekonomi hijau Indonesia dimasa depan sehingga komoditas kita, khususnya dari Sulawesi Utara, dan didalamnya Kota Tomohon dapat menjadi produk unggulan dan ramah lingkungan di pasar internasional,” pungkas drg Jeand’arc Senduk Karundeng. (Wan/*)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tomohon

Peran Media Massa Vital, Pijoh Sebut Sinergitas KPU Bersama Media Sukseskan Pemilukada

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon Albertin Vierna Pijoh sebut peran media massa sangat vital dalam mensukseskan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

“Peran media sangat penting untuk menyampaikan informasi dari KPU. Cepat lambat informasi KPU tergantung media. Itulah sebabnya media dapat mempercepat penyampaian tahapan Pilkada maupun jalannya Pilkada tahun 2024 ini,” ujar Albertien Vierna Pijoh, saat membuka kegiatan Media Gathering, Kesiapan KPU Kota Tomohon dalam menyelenggarakan Pilkada tahun 2024, di Kantor KPU Tomohon, Jumat (17/05/2024).

Vierna Pioh mengatakan, selain ujung tombak, Media massa juga sebagai fungsi pengawas bagi pihak penyelenggara pemilu.

“Untuk itu media walau menjadi pengawas dalam kinerja KPU dan penyelenggara pemilu lainnya, jangan hanya tampil memberikan kritik saja, tapi harus mampu memberikan solusi dari hal yang dikritik, agar sinergitas bersama penyelenggara KPU dalam mensukseskan pilkada bisa berjalan sesuai harapan,” ungkapnya.

Senada dengan Ketua KPU Kota Tomohon, Pemerhati Pemilu Kota Tomohon Robby Golioth juga menyebut peran media massa adalah unjung tombak guna suksesnya penyelenggaraan pemilu.

“Setiap tahapan sosialisasi dari penyelenggara Pemilu jika tidak ditopang oleh media massa maka cakupannya bakal tidak luas,” tutur Golioth yang juga mantan Komisioner KPU Kota Tomohon.

Disisi lain Golioth berharap media bukan saja hanya menjadi corong bagi Penyelenggara Pemilu, tapi dapat menjadi penyejuk bagi masyarakat.

“Melihat pentingnya peran media massa saya berharap dapat juga menjadi penyejuk kepada masyarakat khususnya kepada pendukung – pendukung bakal calon agar terciptanya suasana yang aman damai serta ketertiban,” tukasnya.

Kegiatan media gathering ini, menghadirkan nara sumber dari Polres Tomohon Iptu Slamet dan pemerhati Pemilu Robby Goliath.

Hadir juga Komisioner KPU Kota Tomohon Rojer Datu, Arinny Poli, Deisy Soputan dan Youne Simangunsong, serta puluhan wartawan yang melakukan peliputan di Kota Tomohon. (wan)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Tomohon

Sekot Roring Dampingi Wagub Kandouw, Melayat ke Rumah Duka Alm Petrus Sangi

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring SE ME, mendampingi Wakil Gubernur (Wagub) Sulut Drs Steven Kandouw, melayat ke rumah duka atas meninggalnya Almarhum Petrus Jansen Sangi dalam keluarga besar Sangi-Polii, di Kelurahan Walian, Kecamatan Tomohon Selatan, Rabu (15/04/2024).

Almarhum merupakan ayah mertua dari mantan Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut SE.

Hadir juga Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Drs Johny Runtuwene DEA bersama para anggota DPRD Kota Tomohon, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kota Tomohon Drs. O. D. S. Mandagi MAP. (***)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Tomohon

Visi Walikota Caroll Senduk Bawah Kota Tomohon Raih Rapor Pendidikan Tertinggi di Sulut

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Prestasi kembali di raih Kota Tomohon di bawah kepemimpinan Walikota Caroll Senduk SH (CS). Kali di bidang pendidikan dengan meraih rapor pendidikan tahun 2023 tertinggi di Propinsi Sulut.

Hal ini sebagaimana mencuat pada kegiatan Rapat Koordinasi Asesmen Nasional Tahun 2024 se Provinsi Sulut yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sulut pada 13 sampai 15 Mei 2024 di Hotel GrandPuri Manado.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulut DR Femmy Suluh MSi, mengumumkan hasil Rapor Pendidikan Tahun 2023, berdasarkan hasil Asesmen Nasional. Bahwa Kota Tomohon memperoleh Predikat Pertama sebagai daerah dengan perolehan nilai Rapor Pendidikan tertinggi di Sulut, dengan jumlah Indeks SPM 76, 27 predikat Tuntas Pratama.

Diketahui, Rapor Pendidikan ini berisi data hasil asesmen nasional, berupa capaian numerasi dan literasi siswa, survey karakter, serta survey lingkungan belajar.

Walikota Tomohon Caroll Senduk menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh stakeholders dunia pendidikan, kepala sekolah dan guru. Serta pengawas sekolah yang telah memberi sumbangsih bagi kemajuan pendidikan di Kota Tomohon tercinta.

“Ini merupakan hasil komitmen Pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Dikbud untuk terus mengupayakan peningkatan mutu pendidikan di Kota Tomohon,” ujar Walikota.(***)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending