Connect with us

Budaya

Ditutup Gubernur Olly Dondokambey, Wakefest Minahasa Sukses Digelar, Bupati Kumendong: Terima Kasih Masyarakat Minahasa

Published

on

MINAHASA, inforakyatnews.com – Hari ini Event Wakefest Minahasa tahun 2023, dengan Mengusung tema Lake Tondano Home for Everyone, Kejuaraan series ASIA dari International WakeSurf and Wakeboard Federation (IWWF) di Danau Tondano Minahasa 2023 resmi ditutup Gubernur Sulut Olly Dondokambey, pada Minggu (26/11/2023).

Diketahui event internasional yang berlangsung selama tiga hari ini yakni 24-26 November 2023, berjalan dengan sukses hingga hari terakhir dan mampu menyita perhatian masyarakat Sulawesi Utara dan khususnya Masyarakat yang ada di Minahasa.

Adapun olahraga air ini yang diikuti para atlet dari 8 Negara tersebut, berlomba memperebutkan podium utama pada iven tersebut.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey

Kegiatan tersebut dibuka dan ditutup secara resmi oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, bertempat di Danau Tondano, Kelurahan Tonsaru, Minahasa.

Sebagai tuan rumah, Penjabat (Pj) Bupati Minahasa Jemmy Kumendong didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Lynda Watania menyampaikan terimakasih kepada para peserta, official, dan seluruh undangan serta masyarakat yang hadir pada kegiatan Wakefest Minahasa 2023.

“Selaku pemerintah Kabupaten Minahasa menyampaikan terimakasih kepada IWWF, Panitia, Pemerintah Provinsi dan Pusat serta masyarakat yang mendukung dan ikut mensukseskan kegiatan ini,” ungkap Jemmy Kumendong.

Bupati Jemmy Kumendong mengatakan, lewat kegiatan Wakefest ini sangat membawa dampak positif bagi Masyarakat Minahasa.

“Berbagai manfaat bisa dirasakan Pemerintah dan masyarakat, baik dari segi perekonomian maupun sektor pariwisata di Kabupaten Minahasa,” ujar Kumendong.

Dirinya berharap, lewat kegiatan Wakefest Minahasa 2023, dapat memberikan kesan positif kepada para Atlet maupun pengunjung dari luar negeri tentang keindahan alam di Minahasa.

“Juga Budaya Minahasa serta keramahan masyarakat Minahasa yang bisa ditunjukan, agar wisatawan yang datang bisa melihat lebih dekat karakteristik masyarakat Minahasa,” sebut Kumendong.

Usai kegiatan, tampak Pj Bupati Jemmy Kumendong didampingi Ketua TP PKK Minahasa Ny Djeneke Kumendong-Onibala, bersama Sekda Lynda Watania ikut menyerahkan cenderamata kepada Official dan penyematan medali kepada para atlet yang berada di Podium.(*)

Budaya

Diikuti ASN Dan THL, Pemkab Minahasa Gelar Jumat Bersih

Published

on

MINAHASA, inforakyatnews.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa dibawah kepemimpinan PJ Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong M.Si, dan Sekretaris Daerah Dr. Lynda D. Watania MM, M.Si, melaksanakan apel kerja bakti dalam program Jumat bersih yang bertempat di Benteng Moraya Tondano, Jumat (12/1/2024).

Apel kerja bakti dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa, Dr. Lynda D. Watania.MM.M.Si.

Dalam sambutannya, Sekda Watania menekankan pentingnya semangat bersih-bersih untuk menciptakan lingkungan yang sehat nyaman.

“Melalui kerja bakti ini, kita semua dapat bersama-sama menjaga kebersihan dan keindahan kota Tondano, hal ini merupakan kontribusi positif untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat serta membangkitkan semangat gotong royong dan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan.

Sebagai wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Minahasa terhadap kebersihan dan keindahan lingkungan, apel kerja bakti ini menjadi momen yang bersifat rutin dan memiliki dampak positif terhadap tatanan lingkungan di Kota Tondano.

Kegiatan ini dihadiri Para Asisten, Sahli, Inspektur, Sekwan, Kaban, Para Kadis, Kabag, Camat se- Kabupaten Minahasa serta Jajaran ASN dan THL Pemkab Minahasa. (*)

Continue Reading

Breaking News

2 PJ Bupati dan Direktur IPDN Sulut Terima Gelar Adat dari Bupati Kumendong

Published

on

MINAHASA, inforakyatnews.com – Penjabat Bupati Minahasa Dr Jemmy S Kumendong M.Si, didampingi Ketua TP PKK Ny Kumendong Onibala SH menghadiri dan memberikan gelar adat Tountemboan Walak Kawangkoan oleh Masyarakat Adat Kawangkoan berupa Aka Imbanua kepada Pj. Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) Ir Ronald T H Sorongan M.Si, Pj Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) Drs Joi E B Oroh dan Gelar Adat Walian Papendangen kepada Direktur IPDN Sulut Dr Drs Arnold Poli SH, MAP, bertempat di halaman GMIM Sion Sentrum Sendangan, Minggu (7/1/2024).

Usai Penganugerahan Gelar ada dilanjutkan dengan ibadah syukur di GMIM Sion Sentrum Sendangan yang dipimpin oleh Ketua BPMJ GMIM Sion Sentrum Sendangan Pdt Junisar Watulangkow S.Th.

Pj Bupati Minahasa Kumendong, turut membacakan sambutan Gubernur Sulawesi Utara Prof Dr (HC) Olly Dondokambey SE.

Dikatakan Kumendong, pemberian gelar ada untuk putra terbaik asal Kawangkoan merupakan bentuk apresiasi masyarakat Kawangkoan kepada putra-putra yang kini dipercayakan oleh pemerintah menduduki jabatan strategis baik dalam Pemeintahan maupun Pendidikan.
” Gelar Adat Aka Imbanua merupakan tanda kehormatan untuk pimpinan suatu wilayah dan Walian Papendangen merupakan tercerminan kearifan dalam pendidikan. Gelar ini merupakan tanda dan bukti dedikasi dan kerja keras putra-piutra daerah asal Kawangkoan, ” ujar Kumendong.

Lanjut Kumendong, dirinya tentu mengucapkan banyak selamat kepada penerima gelar adat ini. Sambil berharap kiranya gelar ini makin memompa semangat untuk terus berkarya dan mengabdi bagi masyarakat dan kemajuan daerah.
Dia juga mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat Kawangkoan yang begitu antusias dalam mendukung kerja-kerja putra-putra daerah ini.
” Dukungan dari masyarakat merupakan fondasi utama dalam kesuksesan kepemimpinan. Semangat gotong royong dan solidaritas diantara kita semua menjadi kekuatan yang luar biasa dalam memajukan daerah.

Lanjutnya, dukungan dan kerjasama dari seluruh pemerintah daerah disadari menjadi hal yang sangat penting. Menjadi sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pembangunan.
Karena itu komitmen pemerintah akan terus diupayakan dalam rangkah memajukan daerah ini.
” Prestasi yang telah diraih oleh putra-putra terbaik Kawangkoan bukan hanya kerja keras mereka tapi dukungan dari seluruh masyarakat Pemprov Sulut.
” Kita telah membuktikan bahwa hanya dengan semangat dan persatuan serta kerja keras maka kita mampu meraih prestasi luar biasa. Dengan momentum positif ini kita ma mpu mencapai kemajuan besar di masa kini dan masa yang akan datang.

Penganugerahan Gelar Adat ini bukan semata penghargaan formal namun bentuk pengakuan dedikasi dan kontribusi nyata bagi kemajuan daerah. Dan kiranya menjadi inspirasi bagi generasi muda bagi daerah dan bangsa.

” Yang paling penting dalam kegiatan ini adalah semua apa yang kita peroleh merupakan bentuk Bu ungkapan syukur atas kasih dan penyertaan Tuhan. Mari kita merendahkan diri dan mengungkapkan syukur dan terima kasih atas segala nikmat yang diberikan Tuhan dan suka dan duka.

Bupati kemudian memohon doa dukungan agar kitanya Sulawesi Utara selalu dilimpahi berkat, menjadi tempat kedamaian yang keharmonisan. Kiranya langkah yang kita tempuh selalu dipandu oleh petunjuka Tuhan dan kebijakan yang kita ambil selalu berpijak pada nilai-nilai keadilan, kebenaran dan kebersamaan ,” pungkas Bupati.

Bupati Kumendong juga turut menyerahkan tongkat kepemimpinan kepada tiga putra terbaik penerima gelar adat Kawangkoan.

Turut Hadir Kadis Kebudayaan Provinsi Sulut Jani Lukas, Jajaran Pemkab Minahasa yakni Sekda Dr Lynda Watania M.Si, Jajaran Pemkab Sitaro dan Jajaran Pemkab Mitra, Pnt Rio Dondokambey dan undangan. (***)

Continue Reading

Breaking News

Matangkan Persiapan Hari Jadi Minahasa Ke-595, Sekda Watania Pimpin Rapat Panitia

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com-Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Dr. Lynda D. Watania, MM, M.Si, Memimpin Rapat Panitia Hari Jadi Minahasa ke-595, Tahun 2023. Bertempat Di Ruang Rapat Sekda Minahasa, Tondano. Jumat (3/11/23).

Adapun rapat panitia yang dihadiri jajaran pejabat Pemkab Minahasa, membahas terkait persiapan menjelang perayaan peringatan Hari Jadi Minahasa ke 595, yang jatuh pada Hari Minggu tanggal 5 November nanti.

Terkait persiapan ini Panitia Hari Jadi Minahasa, mematangkan persiapan di hari jadi tersebut, diketahui nantinya pada puncak acara ini biasanya akan digelar acara rapat paripurna bersama DPRD Minahasa, dengan dihadiri tamu undangan yang akan hadir pada HUT Minahasa ke-595, dengan berbagai kegiatan baik yang sudah digelar dan kegiatan pada puncaknya.

Diketahui dalam rangka menyambut Hari Jadi Minahasa ke-595 ini, telah digelar berbagai kegiatan, yakni pembukaan Pameran Minahasa Expo yang dibuka Bupati Minahasa Dr Jemmy S. Kumendong M. Si, dan Kejuaraan Tenis Meja Piala Bupati Minahasa Cup serta lomba Wulan-Waraney yang telah digelar pada Kamis (2/11) Malam, dan lomba lainnya.

Turut hadir dalam rapat ini
Asisten III, Bidang Administrasi Pemkab Minahasa Dr Vicky Christian Tanor MSi, Kepala dinas PUPR, Minahasa, Daudson Rombon,ST, Kepala dinas Perkim, Nofry Lontaan, Kepala dinas Budpar, Drs. Dolfie J Kuron, MBA, MTh, Kepala dinas Pendidikan, Tommy Wuwungan, SP.d.MM, Plt. Kabag Prokopim, Ricky Laloan, Plt. Kabag Umum, Kabag Ortal, dan Perwakilan Dinas Kesehatan. (HerS).

Continue Reading

Trending