Connect with us

Tomohon

Disparda Tomohon Gelar Pelatihan Excellent Service

Published

on

 

TOMOHON, inforakyatnews.com – Untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM) dalam bidang Pariwisata, maka Dinas Pariwisata Daerah Kota Tomohon menggelar Pelatihan Excellent Service, bertempat di Wise Hotel, Kamis (12/10/2023).

Pelatihan Excellent Service tersebut, Dinas Pariwisata Daerah Kota Tomohon menghadirkan narasumber Ketua TP-PKK Kota Tomohon yang juga selaku Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kemasyarakatan, drg Jeand’arc Senduk Karundeng dan Sigit Budiarso selaku
GM Tateli Mercure Hotel dan Resort Manado.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Asisten II Setdakot Tomohon Lily Solang mewakili Walikota Tomohon, yang turut dihadiri oleh Kadisparda Tomohon Yudisthira Siwu dan para pelaku ekraf yang ada di Kota Tomohon dan utusan di setiap Kelurahan se Kota Tomohon.

Pada kesempatan itu, Lily Solang membacakan sambutan Walikota Tomohon menyampaikan keragaman budaya telah menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat pecinta seni budaya yang kemudian menjadikan Kota Tomohon sebagai salah satu destinasi wisata prospektif untuk pengembangan berkelanjutan kepariwisataan di Kota Tomohon, selain ketersediaan SDM yang juga berkontribusi dalam pemanfaatan semua sumber daya yang ada.

“Kita berpegang pada prinsip, bagus saja tidak cukup. Kita Harus memotivasi dan menantang diri untuk selalu mendorong pada pencapaian-pencapain yang lebih baik dengan standar yang lebih dari pencapaian sebelumnya. Sumber daya manusia dan sumber daya alam perlu berintegrasi untuk memberikan hasil yang sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat. Hal ini sebagai salah satu bentuk komitmen dan keseriusan pemerintah dalam menggenjot program-program pro rakyat yang bertujuan mensejahterakan rakyat,” bebernya.

Terkait pelatihan hari ini kata Walikota Caroll Senduk, kutip Lily Solang menyambut baik karena melalui pelatihan excellent service, pemerintah berusaha mengakomodir dan berupaya meningkatkan profesionalisme dan pelayanan prima bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kota Tomohon.

“Pelatihan ini pada dasarnya merupakan pembekalan untuk mempromosikan potensi wisata dan representasi masyarakat Kota Tomohon,” ucap Solang.

Lanjutnya, pelayanan yang prima menjadi kewajiban bagi setiap orang yang terlibat secara langsung dalam industri wisata sebagaimana diisyaratkan dalam sapta pesona yaitu ramah dan kenangan. Dengan menciptakan hospitality dan membiasakan diri untuk bersikap ramah pada pengunjung, secara otomatis kita telah memberikan kenangan yang baik para pengunjung.

“Untuk itu, saya mengimbau kepada semua pihak yang terundang dalam kegiatan ini agar mengambil manfaat yang sebesar-besarnya dari kegiatan ini sehingga menjadi kekuatan bagi pengembangan kepariwisataan Kota Tomohon menjadi lebih kompetitif dan berdaya jual tinggi,” tutur Walikota Caroll Senduk kutip Lily Solang mengakhiri sambutan.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Tomohon drg Jeand’arc Senduk Karundeng berharap dengan ada pelatihan Excellent Service ini dapat meningkatkan kapasitas para pelaku ekraf yang ada di Kota Tomohon lebih khusus lagi kepada para utusan di setiap kelurahan yang ada di Kota Tomohon.

“Ke Depan saya berharap kepada para pelaku UKM yang ada di Kota Tomohon dapat meningkatkan usaha melalui excellent servis yang berkualitas. Pesan saya agar para peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik. Dan mengaplikasikan materi yang didapat dalam pelatihan ini,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Daerah Kota Tomohon Judisthira Siwu menyatakan Pelatihan Execellent Service ini dilakukan untuk memperkuat pelayanan bagi setiap pelaku ekonomi kreatif pariwisata yang ada di Kota Tomohon, hingga memberikan kesan baik dan ramah terhadap pengunjung. (Wan/*)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tomohon

Peran Media Massa Vital, Pijoh Sebut Sinergitas KPU Bersama Media Sukseskan Pemilukada

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon Albertin Vierna Pijoh sebut peran media massa sangat vital dalam mensukseskan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

“Peran media sangat penting untuk menyampaikan informasi dari KPU. Cepat lambat informasi KPU tergantung media. Itulah sebabnya media dapat mempercepat penyampaian tahapan Pilkada maupun jalannya Pilkada tahun 2024 ini,” ujar Albertien Vierna Pijoh, saat membuka kegiatan Media Gathering, Kesiapan KPU Kota Tomohon dalam menyelenggarakan Pilkada tahun 2024, di Kantor KPU Tomohon, Jumat (17/05/2024).

Vierna Pioh mengatakan, selain ujung tombak, Media massa juga sebagai fungsi pengawas bagi pihak penyelenggara pemilu.

“Untuk itu media walau menjadi pengawas dalam kinerja KPU dan penyelenggara pemilu lainnya, jangan hanya tampil memberikan kritik saja, tapi harus mampu memberikan solusi dari hal yang dikritik, agar sinergitas bersama penyelenggara KPU dalam mensukseskan pilkada bisa berjalan sesuai harapan,” ungkapnya.

Senada dengan Ketua KPU Kota Tomohon, Pemerhati Pemilu Kota Tomohon Robby Golioth juga menyebut peran media massa adalah unjung tombak guna suksesnya penyelenggaraan pemilu.

“Setiap tahapan sosialisasi dari penyelenggara Pemilu jika tidak ditopang oleh media massa maka cakupannya bakal tidak luas,” tutur Golioth yang juga mantan Komisioner KPU Kota Tomohon.

Disisi lain Golioth berharap media bukan saja hanya menjadi corong bagi Penyelenggara Pemilu, tapi dapat menjadi penyejuk bagi masyarakat.

“Melihat pentingnya peran media massa saya berharap dapat juga menjadi penyejuk kepada masyarakat khususnya kepada pendukung – pendukung bakal calon agar terciptanya suasana yang aman damai serta ketertiban,” tukasnya.

Kegiatan media gathering ini, menghadirkan nara sumber dari Polres Tomohon Iptu Slamet dan pemerhati Pemilu Robby Goliath.

Hadir juga Komisioner KPU Kota Tomohon Rojer Datu, Arinny Poli, Deisy Soputan dan Youne Simangunsong, serta puluhan wartawan yang melakukan peliputan di Kota Tomohon. (wan)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Tomohon

Sekot Roring Dampingi Wagub Kandouw, Melayat ke Rumah Duka Alm Petrus Sangi

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring SE ME, mendampingi Wakil Gubernur (Wagub) Sulut Drs Steven Kandouw, melayat ke rumah duka atas meninggalnya Almarhum Petrus Jansen Sangi dalam keluarga besar Sangi-Polii, di Kelurahan Walian, Kecamatan Tomohon Selatan, Rabu (15/04/2024).

Almarhum merupakan ayah mertua dari mantan Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut SE.

Hadir juga Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Drs Johny Runtuwene DEA bersama para anggota DPRD Kota Tomohon, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kota Tomohon Drs. O. D. S. Mandagi MAP. (***)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Tomohon

Visi Walikota Caroll Senduk Bawah Kota Tomohon Raih Rapor Pendidikan Tertinggi di Sulut

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Prestasi kembali di raih Kota Tomohon di bawah kepemimpinan Walikota Caroll Senduk SH (CS). Kali di bidang pendidikan dengan meraih rapor pendidikan tahun 2023 tertinggi di Propinsi Sulut.

Hal ini sebagaimana mencuat pada kegiatan Rapat Koordinasi Asesmen Nasional Tahun 2024 se Provinsi Sulut yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sulut pada 13 sampai 15 Mei 2024 di Hotel GrandPuri Manado.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulut DR Femmy Suluh MSi, mengumumkan hasil Rapor Pendidikan Tahun 2023, berdasarkan hasil Asesmen Nasional. Bahwa Kota Tomohon memperoleh Predikat Pertama sebagai daerah dengan perolehan nilai Rapor Pendidikan tertinggi di Sulut, dengan jumlah Indeks SPM 76, 27 predikat Tuntas Pratama.

Diketahui, Rapor Pendidikan ini berisi data hasil asesmen nasional, berupa capaian numerasi dan literasi siswa, survey karakter, serta survey lingkungan belajar.

Walikota Tomohon Caroll Senduk menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh stakeholders dunia pendidikan, kepala sekolah dan guru. Serta pengawas sekolah yang telah memberi sumbangsih bagi kemajuan pendidikan di Kota Tomohon tercinta.

“Ini merupakan hasil komitmen Pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Dikbud untuk terus mengupayakan peningkatan mutu pendidikan di Kota Tomohon,” ujar Walikota.(***)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending