Connect with us

Politik Dan Pemerintahan

Disebut Mampu Akomodir Kepentingan Rakyat, Sosok Anita Mamesah idaman Khalayak Dapil Tomohon 1

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Akhirnya profil calon legislatif (Caleg) Kota Tomohon resmi diumumkan, hal ini usai ditetapkanya Daftar Calon Tetap (DCT) yang memenuhi syarat oleh KPU dengan nomor 139 Tahun 2023 tentang Daftar Calon Anggota DPRD Tomohon di Pemilu 2024. (3/11)

Total ada 63 Caleg masuk DCT dari 12 Parpol peserta. Mengerucut ke Dapil Tomohon 1 (Kecamatan Tomohon Tengah dan Tomohon Timur) terdapat 8 kursi diperebutkan.

Menurut warga kelurahan Paslaten. Sosok diidamkan masyarakat adalah Caleg yang mampu mengakomodasi kepentingan publik.

“Hal ini adalah poin pokok dan dinantikan publik, sampai saat ini sosok Caleg yang mampu dan memiliki profil merakyat adalah Anita Mamesah,” ujar Jeannedarc warga Kelurahan Paslaten. (13/11) 2023.

Jeannedarc juga mengatakan, Anita Memasah caleg PDI-P nomor urut 3 tersebut sejak dulu orangnya berjiwa sosial suka bergaul dengan banyak orang.

“Ibu Anita Mamesah Srikandi Kota Tomohon, Wanita Pengusaha Sukses Figur sederhana berjiwa sosial dan peduli pada masyarakat suka bergaul dengan siapa saja, profil ini yang khalayak inginkan. Anita Mamesah ada deng TORANG,” ungkap Jeannedarc.

Berikut deretan Caleg di dapil Tomohon 1.
Anita Mamesah (PDIP), Abraham Arturo Wakas (PDIP), Jilly G Eman (Golkar), Marthen Manopo (Demokrat), Jasinta Paat (Demokrat), Maria Pijoh (PDIP), Harryanto Lasut (PDIP), Jeffri Polii (Gerindra), dan Irving Rumajar (Gerindra) Cherly Mantiri (NasDem), Hudson Bogia (PDIP), Donald Pondaag (Golkar).

(Wan)

Print Friendly, PDF & Email

Daerah

Raih 19 Kursi,Ketua DPC PDIP Minahasa RD Sebut 4 Kandidat Ketua DPRD Minahasa

Published

on

Ketua DPC PDI Perjuangan Minahasa Robby Dondokambey

MINAHASA, inforakyatnews.com – Usai perhelatan Pemilu 2024 memberikan hasil yang baik bagi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, maka dipastikan mendapatkan jatah kursi Ketua DPRD Minahasa periode 2024-2029.

Hal Ini setelah partai berlambang banteng moncong putih ini memenangkan Pemilihan Legislatif (Pileg) DPRD dengan raihan 19 kursi di Minahasa.

Dan kursi ketua DPRD Minahasa pun nantinya akan ditentukan. Lantas siapa yang akan menjadi calon Ketua DPRD? hingga saat ini belum bisa diterka.

Namun demikian Ketua DPC PDIP Minahasa, Robby Dondokambey (RD) menjelaskan bahwa, ada beberapa kriteria dan aspek yang dipertimbangkan bagi kader partai yang akan duduk di kursi pimpinan DPRD.

“Seperti senioritas, ada jabatan di partai, memiliki track record yang bagus di partai termasuk kami mempertimbangkan kader yang berkualitas dan punya wawasan lebih.Syarat tak harus suara terbanyak,” ungkap RD pada wartawan, Rabu (03/04/24).

Mantan Wakil Bupati Minahasa ini pun menegaskan, aspek wawasan menjadi hal penting, karna menjadi ketua DPRD harus mampu merangkul dan menfasilitasi termasuk paham soal eksekutif dan legislatif

Loyalitas seperti apa? menurut RD, salah satunya pertimbangan apakah sering ikut rapat pengurus, kemudian apa yang sudah Ia perbuat untuk partai.

“Di PDIP kan ada penilaian kinerja, ada absen berapa kali ikut rapat pengurus. Punya wawasan. Hal hal seperti itu. Tapi, saya kira mereka ada sudah mengetahui masuk kriteria atau tidak,” terang RD.

RD, Mantan wakil bupati Minahasa ini tidak menyebut secara gamblang siapa kader yang penuhi kriteria. Namun, berdasarkan data, ada beberapa nama kader caleg PDIP yang berpotensi.

Seperti Dharma Palar sudah empat periode ini terpilih duduk di DPRD. Juga Rommy Leke sudah tiga periode ini terpilih. Dua nama itu merupakan kader senior dan masuk struktur pengurus DPC.

Juga ada nama Robby Longkutoy mantan pejabat eksekutif dan sudah dua periode duduk di DPRD. Ada juga nama Frangky Wolayan mantan pejabat kepolisian dan sudah dua periode terpilih jadi anggota DPRD. Dua nama terakhir itu loyalitasnya di partai sudah terukur.

Namun RD menegaskan bahwa mekanisme mengenai calon Ketua DPRD akan ditentukan oleh DPP PDIP. “Kami akan usulkan tiga nama dan DPP putuskan satu nama sebagai ketua DPRD, ” pungkasnya. (HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Pemerintahan

Paripurna Ranperda TJSLP Diapresiasi Walikota Caroll Senduk

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Walikota Tomohon Caroll Senduk SH (CS), menyampaikan terimakasih serta apresiasi kepada pimpinan dan anggota DPRD, atas kerjasama sehingga tahapan Ranperda berjalan dengan baik.

Hal ini dikatakan Walikota saat menghadiri Rapat Paripurna DPRD terkait, Penyampaian Penjelasan Pimpinan Komisi II DPRD Kota Tomohon mengenai Ranperda tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan. Serta Penyampaian Laporan Panitia Khusus dan pendapat akhir fraksi – fraksi serta pendapat akhir Walikota Tomohon terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang pedoman pemberian Nama jalan, Fasilitas umum dan Penomoran bangunan Gedung

Rapat paripurna ini bertempat di Ruang Sidang Kantor DPRD Kota Tomohon, Rabu (20/3/2024).

“Pemberlakuan Peraturan Daerah ini pandang penting oleh Pemerintah Kota Tomohon dengan harapan dapat berkontribusi mewujudkan komitmen dan kepedulian perusahaan untuk berpartisipasi dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan daerah,” ujar Walikota.

Sebagai pemerintah kota Tomohon, lanjut dia, mendukung rancangan peraturan daerah tentang tanggungjawab sosial dan lingkungan perusahaan , dengan harapan menjadi landasan hukum pelaksanaan sesuai dengan mekanisme dan ketentuan peraturan perundang undangan.

Rapat paripurna ini, dipimpin Ketua DPRD Kota Tomohon Djemmy Sundah SE, didampingi Wakil Ketua Jhony Runtuwene dan Erens Kereh. Dihadiri unsur Forkopimda, Sekretaris Kota Tomohon Edwin Roring dan jajaran pemerintah Kota Tomohon. (wan)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Figur Rendah Hati, Robby Dondokambey Layak Pimpin Minahasa

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com– Pada Pemilihan Kepala Daerah Minahasa, figur Robby Dondokambey kembali mencuri perhatian. Meskipun bukan kali pertamanya mencalonkan diri, namun keberhasilannya membangun ikatan emosional dengan rakyat membuatnya menjadi figur yang melekat di hati masyarakat.

Robby Dondokambey, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Bupati Minahasa, dikenal oleh banyak warga sebagai pemimpin yang peduli dan dekat dengan kebutuhan rakyatnya. Keberhasilannya dalam membangun infrastruktur, memperhatikan kesejahteraan sosial, dan menjaga keberagaman budaya di Minahasa membuatnya mendapat dukungan luas.

Para pendukungnya menyebut Robby sebagai “Bapak Pembangunan Minahasa” yang telah membawa kemajuan signifikan bagi daerah tersebut. Selain itu, gaya kepemimpinannya yang humanis dan bersahaja membuatnya dianggap sebagai sosok yang mudah didekati dan merakyat.

Meskipun dihadapkan pada persaingan yang ketat, namun figur Robby Dondokambey tetap menjadi salah satu kandidat yang paling diharapkan oleh masyarakat Minahasa untuk melanjutkan pembangunan daerah tersebut dengan fitur yang tetap rendah hati.

Waty Rumondor salah seorang warga di Langowan Barat, menyebutkan, Minahasa butuh sosok yang rendah hati dan berjiwa kepemimpinan, maka dari “Robby Dondokambey, sosok yang sudah terbukti dalam memimpin Minahasa. Dimana kepemimpinan telah banyak berkontribusi dalam pembangunan daerah ini, terutama dalam infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat. Karena itu, kami percaya bahwa beliau adalah pilihan yang tepat untuk melanjutkan pembangunan dan memajukan Minahasa ke depannya. Masyarakat berharap agar calon bupati Minahasa yang terpilih nantinya dapat melanjutkan pembangunan yang telah dilakukan sebelumnya, serta mampu memberikan solusi bagi berbagai masalah yang dihadapi oleh daerah ini, seperti peningkatan kesejahteraan masyarakat, pengembangan potensi ekonomi daerah, toleransi umat beragama serta pemeliharaan lingkungan dan keberagaman budaya yang ada. Selain itu, masyarakat juga berharap agar calon bupati yang terpilih dapat menjadi pemimpin yang jujur, adil, dan mampu menjaga keutuhan dan keharmonisan masyarakat Minahasa. Masyarakat berharap agar calon bupati Minahasa yang terpilih nantinya dapat melanjutkan pembangunan yang telah dilakukan sebelumnya, serta mampu memberikan solusi bagi berbagai masalah yang dihadapi oleh daerah ini, seperti peningkatan kesejahteraan masyarakat, pengembangan potensi ekonomi daerah, serta pemeliharaan lingkungan dan keberagaman budaya yang ada.

Selain itu, masyarakat juga berharap agar calon bupati yang terpilih dapat menjadi pemimpin yang jujur, adil, dan mampu menjaga keutuhan dan keharmonisan masyarakat Minahasa.Masyarakat berharap agar calon bupati Minahasa yang terpilih nantinya dapat melanjutkan pembangunan yang telah dilakukan sebelumnya, serta mampu memberikan solusi bagi berbagai masalah yang dihadapi oleh daerah ini, seperti peningkatan kesejahteraan masyarakat, pengembangan potensi ekonomi daerah, serta pemeliharaan lingkungan dan keberagaman budaya yang ada.

Sebagai masyarakat di Minahasa kami juga berharap agar calon bupati yang terpilih dapat menjadi pemimpin yang jujur, adil, dan mampu menjaga keutuhan dan keharmonisan masyarakat Minahasa, “pungkasnya.(HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending