Connect with us

News

Dinakodai Walikota Caroll, SPBE Pemkot Tomohon Meningkat Capai Predikat Baik

Meningkat dari tahun kemarin, Pemkot Tomohon raih 3.00 capaian SPBE

Print Friendly, PDF & Email

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Dibawah pimpinan Walikota Tomohon Caroll J. A Senduk, awal tahun Pemerintah Kota Tomohon kembali tuai prestasi.

Hal itu terbukti usai menerima hasil Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan menempatkan pemerintah Kota Tomohon sebagai salah satu kota terbaik.

Bedasarkan pada hasil Evaluasi SPBE pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah yang tertuang dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No 13 tahun 2024.

Walikota Tomohon Caroll Senduk saat dikonfirmasi terkait evaluasi SPBE tahun 2023, menyampaikan puji syukur atas raihan yang diperoleh itu.

“Puji syukur Kota Tomohon mendapat nilai 3,00 dengan predikat baik,. Atas nama masyarakat Kota Tomohon, dan pribadi saya tentuya memberikan apresiasi atas capaian yang yang diraih oleh Kota Tomohon tersebut,” kata Caroll Senduk kepada media.

Manurut Walikota Caroll Senduk, berita menggembirakan bagi Pemkot Tomohon terkait predikat baik merupakan hasil pemantauan dan evaluasi SPBE tahun 2023 dari Kementerian PAN-RB yang diumumkan pada awal Januari 2024.

“Di awal bulan Januari 2024 ini, Pemerintah Kota Tomohon memperoleh berita yang sangat menggembirakan dengan kinerja Kota Tomohon dalam mengelola sistem pemerintahan berbasis elektronik dengan predikat baik,” katanya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Daerah Kota Tomohon, Royke Roeroe menanggapi hal tersebut menyampaikan bahwa ini merupakan peningkatan yang sangat signifikan dibandingkan dengan hasil penilaian pemantauan SPBE pada tahun 2020 terhadap Kota Tomohon dengan nilai 1,67 dan 2022 indeksnya naik menjadi 1,76, dimana di kedua tahun tersebut indeks SPBE masih berada di kategori kurang.

“Dengan hasil evaluasi SPBE tahun 2023 dimana untuk level Provinsi Sulut. Kota Tomohon sukses meningkatkan kinerja Tata Kelola SPBE dgn capaian Indeks Nilai 3,00 kategori BAIK dan menjadi kedua terbaik di Provinsi Sulut setelah Kabupaten Bolmong,” ucapnya.

Menurutnya Royke sapaan akrabnya menyebutkan capaian nilai indeks 3,00 ini adalah lompatan besar Pemkot Tomohon via Koordinasi leading sektor Dinas Kominfo dan kerja sinergi dengan SKPD/UKPD Pembina SPBE.

“Dukungan, arahan dan kebijakan serta komitmen kuat pimpinan kota menjadi salah satu kunci utama evaluasi Assesor eksternal bentukan Kemen PAN-RB RI yang menilai bahwa Pimpinan Kota di bawah kepemimpinan Bapak Walikota Caroll Senduk dan Bapak Sekdakot Edwin Roring sebagai Ketua Tim Pembina SPBE Kota di nilai bagus dan telah sesuai dengan arah dan kebijakan nasional untuk tata kelola SPBE,” ujarnya.

Dikatakannya ini suatu pembuktian dan apresiasi dari Kementerian PAN-RB tentang kinerja tata kelola SPBE di Kota Tomohon.

“Indeks yang baik ini akan berkontribusi positif pada indeks SPBE Prov Sulut dan Nasional. Jadi, kontribusinya menarik ke atas, bukan menarik ke bawah. Ini sisi lain dari indeks SPBE yang BAIK. Kinerja yang cukup membanggakan ini dengan tanpa bermaksud melebihi lebihkan, memang patut di syukuri bersama dan menjadi “kado kecil” saat Tomohon mau merayakan Hari Jadi Kota Tomohon ke-21 Tahun 2024 pada 27 Januari 2024 nanti. Karena menjadi bukti nyata bahwa Pimpinan Kota melalui Kepala SKPD/UKPD Pembina/ Pengampuh SPBE, secara nyata telah berhasil membangun tim kerja (Assesor Internal) yang mampu bekerja efektif dan efisien, mampu bekerja sinergis dan terkoordinasi dengan baik, sekalipun di sadari sepenuhnya, msh terdapat beberapa hal yang perlu dibenahi secara berkelanjutan, agar kedepan bisa dipertahankan bahkan meningkatkan indek SPBE menjadi sangat baik,” bebernya.

Selanjutnya, kata Royke juga, ini juga menjadi pertanggungjawaban Visi, Misi dan Program Prioritas terkait dengan Peningkatan Pengelolaan Smart city, Smart Goverment dalam arti praktisnya.

“Yaitu Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik/SPBE yang Smart. Dimana ini menjadi salah satu dimensi dari enam (6) Dimensi Smart City. Tujuannya, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel, serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya melalui penerapan SPBE,” tukasnya.

Print Friendly, PDF & Email

Daerah

Bupati Kumendong Hadiri Syukuran HUT PP Polri Cabang Minahasa Ke XXV

Published

on

Syukuran HUT PP Polri Cabang Minahasa Ke XXV Tahun 2024.

MINAHASA,inforakyatnews.com
-Penjabat Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong, M.SI. Menghadiri Syukuran HUT PP Polri Cabang Minahasa Ke XXV Tahun 2024.

Kegiatan yang digelar bersama kepolisian resort (Polres) Minahasa bersama jajaran, dilaksanakan di Gedung Tanza Trisua Polres Minahasa. Sabtu (6/7/24).

Pada kesempatan ini terlihat keakraban Kapolres Minahasa AKBP S. Sophian, SIK, MH, saat memberikan potongan tumpeng nasi kuning atas syukuran HUT PP Polri Cabang Minahasa Ke XXV Tahun 2024, dimana potongan diberikan kepada Bupati Jemmy Kumendong.

Dalam sambutannya Bupati Kumendong mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun (HUT) PP Polri Cabang Minahasa Ke XXV Tahun 2024.

“Saya mewakili Pemerintah Kabupaten Minahasa dan pribadi mengucapkan selamat bersyukur dan merayakan Hari Ulang Tahun PP Polri Cabang Minahasa Ke XXV Tahun 2024, “ucap Bupati Minahasa.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Wakapolres Minahasa Kompol Sumaji, S.Sos, Ketua Pengurus Daerah PP Polri AKBP (Purn) Johan Sembel, Ketua PP Polri Cabang Minahasa AKBP (Purn) David Lembang, Sesepu PP Polri Kombes (Purn) Ferry Mailensun, dan Kadis Koperasi UKM, serta Kabag Prokopim Minahasa. (HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Budaya

Bupati Kumendong Dampingi Wagub Steven Kandouw Saksikan Kawin Massal Puluhan Pasangan

Published

on

MINAHASA, inforakyatnews.com -Penjabat Bupati Minahasa Dr Jemmy Stani Kumendong, M. Si, mendampingi Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven Kandouw, pada pelaksanaan kawin massal yang digelar Pemprov Sulut, bertempat di Aula Mapalus, Kantor Gubernur Sulawesi Utara (Sulut),Manado.Jumat (5/7/2024).

Diketahui acara kawin massal ini diikuti sebanyak puluhan pasangan yang dikabarkan ikut serta dalam kegiatan kawin massal yang diberkati tersebut.

Acara kawin massal yang disaksikan Wagub Steven Kandouw dan para kepala daerah ini, dihadiri juga para keluarga peserta kawin massal ini.

Dalam sambutannya, Wagub Steven Kandouw mengucapkan selamat kepada para pasangan pengantin yang telah diberkati melalui kawin massal saat ini.

” Proses kawin massal boleh terlaksana berkat rencana Tuhan.
Banyak selamat, Tuhan memberkati, ”ucapnya.

Adapun kegiatan ini terlaksana berkat sinergitas Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Sulut dan Pemerintah Daerah.(HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Sekda Watania Mentor Pada Seminar Rancangan Proyek Perubahan PKN Tingkat II Angkatan VII Tahun 2024

Published

on

Seminar Rancangan Proyek Perubahan PKN Tingkat II Angkatan VII Tahun 2024.

MINAHASA,inforakyatnews.com
-Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Dr. Lynda D. Watania, MM, M.Si, menghadiri Seminar Rancangan Proyek Perubahan PKN Tingkat II Angkatan VII Tahun 2024.

Kegiatan seminar Rancangan Proyek Perubahan PKN Tingkat II Angkatan VII Tahun 2024 tersebut, dilaksanakan di BPSDM Provinsi Sulut. Jumat (28/6/2024).

Diketahui dalam acara ini Sekda Linda Watania menjadi mentor bagi Pejabat Eselon II Kabupaten Minahasa yang menjadi Peserta dalam Seminar Rancangan Proyek Perubahan PKN Tingkat II Angkatan VII Tahun 2024.

Sekda Watania mengatakan, pemerintah provinsi mendukung penuh rancangan proyek perubahan yang disampaikan para peserta seminar melalui konsep inovasi yang menjadi instrumen sebagai standar baku dalam upaya menghadirkan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) dan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) yang akuntabel, transparan, dan akurat.

“Saya yakin dan percaya inovasi ini akan sangat bermanfaat bagi Kabupaten Minahasa. Oleh karena itu, kami sangat mendukung keberlanjutan dan pengembangan daripada inovasi ini kedepannya,” katanya.

Lanjut Dia, kehadiran konsep inovasi yang disampaikan dalam materi peserta menjadi solusi bagi peningkatan kualitas LKPJ dan LPPD. Bahkan, ini juga menjadi solusi terhadap peningkatan kualitas SDM pemerintah Kabupaten Minahasa yang saat ini masih sangat terbatas.

“Kami yakin dan percaya inovasi ini akan sangat bermanfaat. “Oleh karena itu kami sangat mendukung keberlanjutan dan pengembangan daripada inovasi ini kedepannya,” tandasnya.

Turut hadir pula dalam kegiatan ini, Kepala Bappenda Minahasa, Jeffry Tangkulung SH, Kepala Dinas PUPR Minahasa, Daudson Rombon ST, Kepala dinas Kesehatan Minahasa, dr Olviane Rattu MKes, dan Kepala dinas Kominfo Minahasa Maya Kainde SH, serta Plt. Kadis Tenaga Kerja.(HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending