Connect with us

Daerah

Dibuka Bupati Kumendong, Pemkab Minahasa Gelar Musrembang RKPD Kabupaten Minahasa 2025

Published

on

Pemkab Minahasa Gelar Musrembang RKPD Kabupaten Minahasa 2025

MINAHASA,inforakyatnews.com-Penjabat Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong, M.Si Bersama Ketua TP PKK Kab. Minahasa Ny. Djeneke Kumendong Onibala, SH, MSA Menghadiri dan Membuka Kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Minahasa Tahun 2025, Bertempat Di Mercure Manado, Tateli Beach Resort, Selasa (26/3/24).

Kegiatan yang mengangkat tema pembangunan tahun 2025: Peningkatan daya saing daerah Reformasi dan tata kelola pemerintahan serta pembangunan berwawasan lingkungan berkelanjutan. Diawali dengan laporan kegiatan oleh Kepala Bappelitbangda Minahasa, Philip Geral Siwi SE.

“kegiatan ini mengacu pada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, yang mengamanatkan penyelenggaraan Musrenbang dalam penyusunan RKPD.

“Pemkab Minahasa, dalam rangka RKPD Tahun 2025, telah menyusun Rancangan RKPD yang memuat kerangka ekonomi makro, prioritas pembangunan termasuk program, kegiatan prioritas dan pagu indikatif masing-masing Perangkat Daerah. Pemkab Minahasa wajib melaksanakan forum Musrenbang, yang bertujuan membahas rancangan RKPD Kabupaten Minahasa Tahun 2025,” kata Siwi.

Adapun tujuan penyelenggaraan Musrenbang untuk penyusunan RKPD Kabupaten Minahasa tahun 2025, kata Siwi, untuk menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan daerah kabupaten dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan daerah Provinsi.

Selanjutnya, mengklarifikasi usulan program, kegiatan dan sub kegiatan yang telah disampaikan masyarakat kepada pemerintah daerah kabupaten pada musrenbang RKPD kabupaten di kecamatan, mempertajam indikator kinerja program dan kegiatan prioritas daerah kabupaten, dan menyepakati prioritas dan permasalahan pembangunan daerah serta program dan kegiatan prioritas daerah.

“Musrembang ini akan menghasilkan bahan penyempurnaan rancangan akhir RKPD Minahasa tahun 2025. Kemudian, bahan penyempurnaan Renja Pemerintah Daerah 2025, serta bahan musrembang provinsi dan nasional,” tandasnya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Minahasa Dr Jemmy Stani Kumendong MSi dalam sambutannya saat membuka kegiatan ini berharap, melalui pelaksanaan Musrenbang ini, dapat menghimpun aspirasi para pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan.

“musrenbang ini merupakan media pembentukan komitmen seluruh stakeholder pembangunan dalam keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan, serta merupakan bagian tak terpisahkan dalam tahapan penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, yakni sebagai pedoman dalam penyusunan Kebijakan Umum Anggaran, serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara.

“Pelaksanaan Musrenbang RKPD 2025 ini merupakan rangkaian tahapan dalam penyusunan perencanaan pembangunan tahunan sebelum perumusan RKPD 2025. Saya berharap, ini menjadi wadah menghimpun aspirasi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Bupati menyampaikan beberapa hal diantaranya, dirinya mengajak semua komponen agar wujudkan stabilitas kondisi yang kondusif di Minahasa. Menurutnya, stabilitas daerah akan berdampak pada kelancaran pelaksanaan pembangunan yang telah dan akan direncanakan pemerintah.

“Program kegiatan tahun 2025 sebagai momen transisi pemerintahan. Ini harus bisa menjadi instrumen utama untuk mampu mengakselerasi daya saing kita, utamanya daya saing investasi dalam menggerakkan pertumbuhan ekonomi menuju Minahasa sebagai kawasan pariwisata integratif yang maju dan berkelanjutan, sebagaimana rancangan visi dalam RPJPD tahun 2025 sampai 2045,” terangnya.

Kumendong pun mengajak para pemangku kepentingan untuk berpikir kreatif dalam memberikan sumbangsih pemikiran pada proses perencanaan ini. Bupati meminta secara bersama mengawal agar proses perencanaan dan penganggaran berjalan baik, transparan, serta akuntabel dengan memperhatikan prinsip anggaran berbasis program prioritas sesuai kemampuan keuangan daerah.

“Penyusunan RKPD tahun 2025 akan lebih kita fokuskan pada pemenuhan target kinerja kegiatan yang terkait dengan prioritas daerah serta memberikan daya ungkit sehingga berdampak langsung bagi masyarakat. Harapan saya, pada acara musrenbang ini benar-benar menjadi wadah untuk menjaring aspirasi dan masukan dari seluruh pemangku kepentingan dalam rangka penyempurnaan rancangan rkpd kabupaten minahasa tahun 2025, sehingga nantinya dapat diimplementasikan dengan baik,” tururnya mengakhiri sambutan ini.

Turut hadir pula dalam kegiatan ini, Kepala Bapelitbangda Minahasa Philip Siwi, Kapolres Minahasa AKBP. S. Shophian, SIK, MH, Kajari Minahasa Diki Oktavia, SH, MH, Mewakili Dandim Minahasa Kasdim, Mayor INF. Daeng Pasaka, Anggota DPRD Kab. Minahasa, Romy Leke dan Ny Ivone Andris, serta Jajaran pejabat Pemerintah Kabupaten Minahasa. (*)

Print Friendly, PDF & Email

Daerah

Hadiri Perayaan Paskah Wilayah Kakas Satu, Bupati Kumendong: Mari Maknai Paskah

Published

on

KAKAS, inforakyatnews.com -Penjabat Bupati Minahasa Pnt. Dr. Jemmy Stani Kumendong, M.Si Bersama Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa Ny Djeneke Kumendong Onibala SH, MSA, menghadiri Ibadah Perayaan Paskah Wilayah Kakas Satu dan Pawai Paskah dilanjutkan dengan Lomba Line Dance Rohani Kreasi. Bertempat di Lapangan GMIM Wasian, Jumat (12/4/2024).

Adapun dalam Ibadah ini, dipimpin oleh Pdt. Noldy Rumuat, S.Th. Mpdk, selaku Ketua Badan Pekerja Majelis Wilayah (BPMW), Kakas I.

Dalam sambutannya, Bupati Kumendong mengaku bangga dan terharu atas pelaksanaan Ibadah Paskah Wilayah Kakas Satu yang dirangkai dengan berbagai kegiatan diantaranya pawai Paskah.

“Paskah merupakan perayaan hari besar kita sebagai umat kristen tentang kebangkitan Yesus Kristus atas kematian, demi menghapus dosa manusia.

” Selamat Paskah Yesus sudah bangkit. Dosa kita telah diampuni, dan kini saatnya kita mengisi hidup kita selanjutnya dengan tidak berbuat dosa lagi,” ucap Bupati.

Lebih lanjut dikatakannya, Paskah merupakan kegenapan firman Tuhan. Dimana Yesus Kristus harus menderita kemudian mati tapi bangkit di hari yang ketiga. Karena itu, kebangkitan menjadi awal hidup baru bagi kita sebagai orang percaya.

” Mari Maknai Paskah sebagai karya Kristus dalam hidup dan perjalanan kita selanjutnya. Sebab sesungguhnya Paskah menjadi momentum bagi kita untuk berbenah dan terus mengingat betapa besar kasih Kristus bagi kehidupan umat manusia ,”ujar Bupati.

Usai memberikan sambutan Bupati Minahasa melepas peserta pawai Paskah.

Turut hadir mendampingi Bupati, Kepala Bapenda, Jefry Tangkulung, Plt. Kabag Prokopim, Ricki Laloan, Camat Kakas, dan Camat Kakas Barat. (Hers)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Bupati Kumendong Dan Ketua TP-PKK Minahasa Ikuti Halal Bihalal Idul Fitri Bersama Kapolres Minahasa

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com
-Penjabat Bupati Minahasa Jemmy S. Kumendong bersama Ketua TP-PKK kabupaten Minahasa Ny. Djeneke Onibala SH, MSA, serta Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa Dr Lynda D Watania, MM, M.Si, Menghadiri Halal Bi Halal Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah Kapolres Minahasa AKBP S. Sophian SIK, MH, dan Ketua Bhayangkari Minahasa, Ny. S. Sophian. Bertempat di Rumah Dinas Kapolres Minahasa, Jumat (12/4/2024).

Halal Bi Halal Idul Fitri 1445 H, bertujuan untuk menjalin silahturahmi di hari yang Fitri hari kemenangan bagi umat muslim setelah sebulan penuh melaksanakan ibadah puasa.

”Atas nama Pemerintah kabupaten Minahasa, Saya menyampaikan selamat Idul Fitri 1445 H kepada Kapolres Minahasa dan keluarga bersama jajaran. Kiranya silahturahmi ini makin mempererat dan memperkokoh hubungan kerjasama dalam membangun kabupaten Minahasa,” ucap Bupati.

Tidak lupa juga dalam kesempatan ini, Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada Jajaran Polres Minahasa yang telah melaksanakan tugas pengamanan perayaan Idul Fitri di tanah Minahasa, sehingga perayaan ini berjalan aman dan damai.

” Pemerintah Kabupaten Minahasa mengapresiasi kepada Aparat Kepolisian Resort Minahasa yang telah bekerja keras mengamankan perayaan hari besar ini. Dan puji syukur semuanya berjalan dengan aman dan damai,” ujar Kumendong.

Kedatangan Bupati Minahasa dirumah dinas Kapolres Minahasa, disambut dengan hangat oleh Kapolres Sophian bersama Ketua Bhayangkari beserta Jajaran Polres Minahasa.

Turut hadir pula dalam kegiatan ini Kepala Inspektorat Minahasa, Moudy Lontaan, Kepala dinas Kominfo Minahasa, Maya Kainde, Kepala dinas Pendidikan Minahasa, Tommy Wuwungan, Kepala dinas Dukcapil Minahasa Meydi Rengkuan, Kepala Kesbangpol Minahasa, Janny H. Moniung , Kepala dinas Perhubungan Minahasa, David Mangundap, Sekretaris DPRD Minahasa Riany Suwarno, Kepala dinas Perpustakaan Minahasa, Steady Tumbelaka, Kepala bagian SDA, Lexie S. J. Korengkeng, Kepala bagian Kesra, Pdt. Giovanni Rorora, serta Camat Tondano Utara. (HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Momen Silahturahmi Idulfitri, Bupati dan Istri Sambangi Dandim Minahasa

Published

on

TONDANO, inforakyatnews. com
–Momen hari Lebaran di Minahasa, dimanfaatkan Bupati Minahasa Dr Jemmy S Kumendong M.Si bersama Ketua TP PKK Kabupaten Minahasa Ny Djeneke Kumendong Onibala SH M.SA, saat bersilahturahmi dengan Kodim 1302) Minahasa Letkol Inf Muktabir dan Ketua Persit KCK cabang XIV DIM 1302/Min Ny dr Joune Olivia Muktabir, bertempat di rumah dinas Kodim Minahasa, Kamis (11/4/2024).

Bupati Minahasa mengucapkan atas nama pemerintah dan masyarakat kabupaten Minahasa mengucapkan selamat merayakan Idul Fitri 1445 H, mohon maaf lahir dan batin.

” Semoga Idul Fitri 1445 H makin memperkokoh kebersamaan dan keharmonisan di tengah perbedaan yang mempersatukan kita dalam membangun kabupaten Minahasa yang makin hebat ,” ucap Bupati.

Idul Fitri merupakan kesempatan bagi kita untuk berbenah baik diri kita maupun sesama kita. Sehingga kita diberikan semangat baru untuk giat bekerja serta berusaha baik membangun Minahasa yang kita cintai serta kehidupan kita yang sejahterah.

”Mari kita jadikan Idul Fitri 1445 H sebagai momentum untuk terus berupaya dan berkarya demi Minahasa dan kehidupan kita selanjutnya agar lebih maju dan sejahterah ,” ujar Kumendong.

Turut hadir pula mendampingi Bupati Minahasa saat bersilahturahmi, Jajaran Pejabat Pemkab Minahasa dan para Kepala SKPD. (HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending