Connect with us

Budaya

Dibuka Bupati Kumendong, ANBK Dipersiapkan Siswa Menuju Era Digital

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com -Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan program untuk mempersiapkan siswa menuju era digital. Pasalnya, ANBK adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemendikbut, program ini dimaksud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, dan proses output pembelajaran diseluruh satuan pendidikan.

Bupati Minahasa Dr Jemmy Komendong M. Si, langsung melakukan pembukaan perilisan token pertama pelaksanaan ANBK tahun 2023 di SD GMIM Toliang Kecamatan Kakas Barat, Senin (23/10).

Dikatakan Bupati, program ini juga akan menggantikan ujian nasional. ANBK dengan tiga instrument yaitu asesmen kompetensi minimum (AKM), survey karekter dan survey lingkungan belajar. AKM digunakan untuk mengukur literasi mambaca dan literasi matematikan para siswa. Fungsi ANBK dirancang guna menghasilkan informasi yang akurat supaya dapat dapat memperbaiki kualitas belajar dan mengajar. Sehingga, nantinya juga akan meningkatkan hasil belajar siswa. Asesmen nasional berttujuan apa yang semestinya menjadi tujuan utama sekolah itu, yaitu pengembangan kompetensi dan karakter murid tersebut. Mutu satuan pendidikan atau sekolah yang dinilai dalam ANBK akan diukur menurut hasil belajar literasi, numerasi, dan karakter lalu kualitas proses belajar mengajar, juga iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. “program ANBK anakan meningkatkan kualitas siswa, serta mengukur sejauh mana akan kemampuan siswa. Siswa juga sudah dipersiapkan agar dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi mereka tidak akan kaget dengan adanya program komputerrisasi yang akan digunakan di era digital,” ujar Bupati Kumendong.

“Anak-anak juga harus memiliki motivasi kedepan serta cita cita. Lantaran, semua pejabat yang ada sekarang bukan berasal dari sekolah mahal atau sekolah di perkotaan, namun bisa menjadi Bupati dan pejabat eselon II,” terang Bupati Kumendong.

Dilain pihak, Sekda Minahasa Dr Lynda Watania yang menghadiri pembukaan perilisan token ANBK di SDN 3 Tondano mengatakan kegiatan ini sudahmenjadi program pemerintah, semoga anak-anak dapat mengisi dengan baik juga semangat dalam mengikuti ANBK. “anak anak siswa mesti konsentrasi dalam mengisi da jangan takut bertanya keoada guru dalam mengoperasikan computer atau laptop, karena mungkin siswa yang masih baru dalam menggunakan Laptop. Orang tua diharapkan juga melakukan pengenalan penggunaan laptop agar siswa lebih mengerti penggunaannya di kemudian hari,” jelas Watania.

Sementara itu Kepsek SD GMIM Toliang Neltje Montolalu SPd memberikan apresiasi positif kepada Bupati Minahasa Jemmy Kumendong yang telah melakukan pemantauan langsung serta merilis token ANBK. “Ada 8 sekolah yang bergabung di sekolah kami, dan dibagi menjadi dua sesi dalam pelaksanaan ANBK ini,” tukas Montolalu.

Turut hadir Kadis Pendidikan, Kadis Sosial, Kaban Dipenda, dan Kadis Perikanan, Camat Kakas, Camat Kakas Barat serta Kepsek SD se-kecamatan Kakas Barat. (*)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Budaya

Bupati Kumendong Dampingi Wagub Steven Kandouw Saksikan Kawin Massal Puluhan Pasangan

Published

on

MINAHASA, inforakyatnews.com -Penjabat Bupati Minahasa Dr Jemmy Stani Kumendong, M. Si, mendampingi Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven Kandouw, pada pelaksanaan kawin massal yang digelar Pemprov Sulut, bertempat di Aula Mapalus, Kantor Gubernur Sulawesi Utara (Sulut),Manado.Jumat (5/7/2024).

Diketahui acara kawin massal ini diikuti sebanyak puluhan pasangan yang dikabarkan ikut serta dalam kegiatan kawin massal yang diberkati tersebut.

Acara kawin massal yang disaksikan Wagub Steven Kandouw dan para kepala daerah ini, dihadiri juga para keluarga peserta kawin massal ini.

Dalam sambutannya, Wagub Steven Kandouw mengucapkan selamat kepada para pasangan pengantin yang telah diberkati melalui kawin massal saat ini.

” Proses kawin massal boleh terlaksana berkat rencana Tuhan.
Banyak selamat, Tuhan memberkati, ”ucapnya.

Adapun kegiatan ini terlaksana berkat sinergitas Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Sulut dan Pemerintah Daerah.(HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Budaya

Hari Raya Ketupat di Kelurahan Jawa-Tondano, Bupati Kumendong Dan Istri Bersilaturahmi Dengan Tokoh Agama Muslim

Published

on

Bupati Minahasa Jemmy S. Kumendong Dan Istri Bersilaturahmi Dengan Tokoh Agama Muslim di Kampung Jaton.

MINAHASA, inforakyatnews.com
– Momen Hari Raya Ketupat di Minahasa khususnya warga di Kelurahan kampung Jawa Tondano, menjadi tradisi seusai hari lebaran atau hari idul fitri, dimana disaat hari raya ketupat ini menjadi hari bersilaturahmi baik warga muslim begitupula warga non-muslim untuk saling bersalaman.

Tak terkecuali dengan menjalin keakraban antar umat beragama, Penjabat Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani kumendong, M.Si bersama Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa, Ny. Djenneke Kumendong- Onibala, M.Si, MSA mengunjungi salah satu tokoh agama umat muslim di kediamannya, Rabu, (17/4/2024)

Kunjungan Penjabat Bupati Minahasa disambut baik tokoh agama umat muslim di Kelurahan Kampung Jawa, Tondano Utara dalam rangka Silaturahmi di hari lebaran ketupat.

Hari Raya Lebaran Ketupat tersebut adalah sebuah tradisi peringatan hari raya Idul Fitri di Indonesia. Lebaran Ketupat atau Hari Raya Ketupat biasanya dilakasakan pada hari kedelapan setelah hari raya Idul Fitri, yang artinya pada 8 Syawal ditandai dengan memakan Ketupat.

Bupati Minahasa, Jemmy Kumendong dalam kesempatannya menyampaikan selamat merayakan hari raya ketupat bagi saudara-saudara kita umat muslim yang ada di tanah minahasa.

“Semoga dimomen hari raya lebaran ketupat ini membawah berkah bagi kita semua, atas nama pemerintah kabupaten minahasa, bersama keluarga Kumendong – Onibala mengucapkan selamat merayakan hari raya lebaran ketupat tahun 2024, mohon maaf lahir dan batin,” ucap Kumendong.(HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Breaking News

Pemkab Minahasa Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah

Published

on

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa.

“Saya Penjabat Bupati Minahasa, Dr Jemmy Stani Kumendong M. Si, bersama Keluarga Kumendong – Onibala, Dan Sekertaris Daerah Kabupaten Minahasa Dr Lynda Watania MM. M. Si, bersama Keluarga, serta seluruh Jajaran Pejabat Pemkab Minahasa, mengucapkan selamat merayakan Idul Fitri 1445 Hijriah untuk seluruh Umat Muslim di Kabupaten Minahasa,” ucap Bupati Kumendong, Selasa (9/4/24).

Bupati Minahasa berharap di momen penuh bahagia dan kedamaian ini semoga selalu menyertai seluruh warga Indonesia khususnya masyarakat Minahasa dalam merayakan Idul Fitri tahun ini.

“Kita telah melewati bulan ramadhan yang mewajibkan umat Muslim untuk berpuasa. Dimana tujuannya untuk menguatkan iman dan ketaqwaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala Tuhan Yang Maha Kasih, sehingga tibalah kita menikmati Hari Kemenangan pada Hari Raya Idul Fitri ini,” kata Bupati Kumemdong.

Dia pun mengimbau, dalam perayaan Idul Fitri ini, agar tetap mengedepankan rasa keamanan dan ketertiban, serta menghindari pemborosan atau hal-hal yang bersifat konsumtif.

“Terima kasih atas kerjasama dan doa restu kepada saya selaku Penjabat Bupati Minahasa dalam menjalankan tugas pengabdian di Tanah Minahasa yang kita cintai dan banggakan ini,” ucapnya lagi.

“Sekali lagi, selamat merayakan Idul Fitri 1445 Hijriah bersama keluarga dan orang-orang terkasih. Mohon maaf lahir dan batin,” pungkas Bupati Kumendong.(HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending