Connect with us

Breaking News

Bupati Kumendong Support 43 Pejabat Pemkab Minahasa Berinovasi di Diklat PKA

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com – Penjabat Bupati Minahasa, Dr Jemmy S Kumendong, menghadiri sekaligus membuka kegiatan Expo Aksi Perubahan Pelatihan Kepemimpinan Administrator Pemkab Minahasa bekerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulut. Jumat (10/11/23).

Kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKS) dengan tema aksi perubahan digital government ini diikuti oleh para peserta yang terdiri dari 43 pejabat eselon III Pemkab Minahasa.

Bupati Kumendong dalam sambutannya menyampaikan jangan sampai inovasi yang telah disampaikan ini hanya menjadi tugas akhir. Tentu diharapkan apa yang diciptakan bisa berkelanjutan. Bahkan ada yang bisa dipertandingkan di tingkat LAN nanti. Nantinya yang terbaik bisa berikan anggaran untuk tahun depan. Selain itu yang terbaik diperhatikan untuk mengikuti Diklat PKM 2 dan menjadi salah satu parameter untuk daftar tunggu pejabat eselon 2,” ungkap Bupati Kumendong yang diketahui selalu menjadi terbaik saat mengikuti Diklat seperti ini. Mulai dari Adum, PIM 3 dan PIM 2 berhasil menjadi terbaik, bahkan inovasi proyek perubahan di tingkat PIM 2 meraih peringkat I (satu) nasional dan menjadi cikal bakal dilaksanakannya inovasi proyek perubahan berbasis digital di semua daerah di Indonesia.

Lebih lanjut Bupati Kumendong juga memberikan apresiasi terhadap para pembimbing dan peserta serta menjadi kesempatan yang berharga serta kemajuan di Kabupaten Minahasa.

Sebelumnya Kaban BPSDM Provinsi Sulut, Drs Marhaen Tumiwa MPD, dalam sambutannya mengatakan sekira 4 bulan para peserta diproses dalam kurikulum berperan untuk belajar. Mereka menuangkan ide dan gagasan melalui proses pembelajaran mendiagnosa dan mengidentifikasi masalah serta mencari jalan keluar bagi organisasi. Sehingga memberi outcome untuk Pemkab Minahasa. “Tema selama ini adalah smart government sehingga dituntut memiliki digital mainded.
Tadinya aparatur teori birokrasi tapi kini teori holakrasi yang berpikir secara fungsi. Organisasi yang disiapkan birokrat. Peserta dibekali sehingga memiliki knowledge management,” ungkap Tumiwa sembari mengharapkan kegiatan seperti ini bisa menghasilkan birokrat yang berkelas dunia. (*)

Print Friendly, PDF & Email

Breaking News

Kapolri Listyo Diberi Gelar Adat-Pusaka oleh Dewan Adat dan Kerajaan di Sulawesi Selatan

Published

on

MAKASSAR, inforakyatnews.com – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dianugerahi gelar Raja atau Karaeng dan Pusaka Supakala dari Dewan Adat dan Kerajaan di Sulawesi Selatan (Sulsel). Penghargaan diberikan berbarengan dengan kegiatan pembukaan Rakernis Baharkam Polri, di Ballroom Hotel Four Points by Sheraton Makassar, Sulsel, Rabu (5/6/2024).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, penghargaan pertama yang diberikan kepada Kapolri yakni gelar I Mannaungi Daeng Parani dari dewan adat Kerajaan Gowa. Gelar ini mempunyai arti pemimpin yang senantiasa mengayomi dan melindungi masyarakat serta pemberani dalam melaksanakan tugas.

“Gelar untuk Kapolri ini sebagai tanda pengakuan menjadi keluarga besar Kerajaan Gowa dan Masyarakat Adat Gowa. Hal ini tertuang dalam sertifikat ditetapkan di Sungguminasa pada tanggal 5 Juni 2024 oleh Raja Gowa ke-38,” kata Trunoyudo dalam keterangan tertulisnya, Rabu (5/6/2024).

Penghargaan kedua datang dari Dewan Adat Saoraja Kabupaten Bone. Berdasarkan surat keputusan nomor 1.024/l.a Bone menganugerahkan gelar nama Bugis yaitu La Pateddungi Daeng Pasampo kepada Kapolri, yang artinya seorang pemimpin yang arif dan melindungi Bangsa dan Negara.

“Hal ini tertuang dalam sertifikat ditetapkan di Watampone pada tanggal 5 Juni 2024 oleh Ketua Adat Saoraja Kabupaten Bone,” ujarnya.

Selain itu, Kapolri juga diberikan pin emas, sertifikat dan pusaka Luwu yang berjenis sapukala dengan nama La Sumange’ Getteng yang artinya semangat yang tegas, konsisten, tidak ragu dan bimbang dalam menegakkan keadilan dan kebenaran.

Pemberian pusaka ini diiringi doa untuk Kapolri semoga dipanjangkan umurnya dan diberikan kelimpahan berkah kesehatan dan kesejahteraan agar bisa menjadi suri tauladan bangsa.

“Hal ini tertuang dalam sertifikat yang ditetapkan di Palopo 5 Juni 2024 oleh Datu Luwu ke-40 Yang Mulia H La Maradang Mackulau, S.H., M.kn Opu To bau,” katanya.

Trunoyudo menuturkan, pemberian gelar dan pusaka kepada Kapolri adalah wujud kecintaan masyarakat terhadap institusi Polri. Hal ini juga menjadi penyemangat institusi Polri agar tetap bekerja melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat.

Prosesi penyerahan gelar ditandai dengan pembacaan narasi oleh MC, pembacaan SK penganugerahan gelar kebangsawanan, serta pemberian gelar kebangsawanan dan simbolik kerajaan kepada Kapolri. Acara ini ditutup dengan foto bersama dan penyerahan penghargaan dari Kapolri kepada kepala daerah, diikuti dengan foto bersama penerima penghargaan.

Acara ini dihadiri oleh para pejabat utama Mabes Polri, Kapolda dari berbagai daerah, Forkopimda Provinsi Sulsel, rektor universitas se-Sulsel, serta tokoh adat dan masyarakat yang turut menyaksikan momen bersejarah ini. (wan/**)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Breaking News

DPP PDI Perjuangan: Robby Dondokambey Calon Bupati Minahasa 2025-2030

Published

on

Robby Dondokambey Calon Bupati Minahasa 2025-2030 Dari Partai PDI Perjuangan

MINAHASA,inforakyatnews.com – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengumumkan calon Bupati di Minahasa yang diusung partai berlambang banteng ini.

Hal ini setelah, DPP PDI Perjuangan mengeluarkan surat rekomendasi dan mengumumkan Ketua DPC PDI Perjuangan Dr Robby Dondokambey SSi, MM, MAP, sebagai calon Bupati Minahasa periode 2025-2030.

Rekomendasi tersebut disampaikan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri melalui Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto Jumat kemarin di Jakarta (31/5/24).

Hasil rekom yang dikeluarkan PDI Perjuangan merilis peraih rekom dari Partai berlambang Moncong Putih tersebut, RD bersama 58 calon walikota/bupati dan 3 calon gubernur dari berbagai provinsi dan daerah di Indonesia,sah mendapatkan rekom dari partai pemenang pemilu tahun 2024 ini.

Sesuai dengan hasil keputusan rekomendasi tertuang dalam surat bernomor 6165/IN/DPP/V/2024, perihal instruksi dan undangan pemantapan batch-1 tim pemenangan daerah Pilkada serentak 2024. Terdiri dari tiga calon gubernur dan 58 calon wali kota/bupati.

Surat tersebut ditandatangi Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto dan Ketua DPP PDIP Bambang Wuryanto tertanggal 30 Mei 2024.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Minahasa Dr. Robby Dondokambey SSi, MM, MAP mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan amanah atas rekomendasi DPP PDI Perjuangan.

“Saya (RD), mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan ini, maka Saya mengajak seluruh kader partai PDI Perjuangan yang ada di Minahasa untuk tetap solid bergerak dalam memenangkan pilkada serentak 2024, ” Ucap Robby Dondokambey.(HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Breaking News

Dibuka Ketua Rendy Suawa, KPU Minahasa Gelar Media Gatring

Published

on

KPU Minahasa Gelar Media Gatring

MINAHASA,inforakyatnews.com
-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa mengelar Media Gatring Sosialisasi Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil gubernur serta bupati dan wakil bupati tahun 2024, yang dibuka oleh Ketua KPU Minahasa Rendy Valentino Jagger Suawa, yang digelar di Rumah Tua, Tondano, Senin (27/5/24).

Adapun kegiatan Media Gatring Sosialisasi Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil gubernur serta bupati dan wakil bupati tahun 2024, diikuti oleh para wartawan yang bertugas sebagai biro Minahasa, yang terdiri dari beberapa oraganisasi wartawan yang ada di Minahasa, diantaranya, PWI, PERSMIN, AWAM, dan IWO.

Ketua KPU Minahasa Rendy Suawa dalam sambutannya, menyampaikan, “hingga ahir bulan Mei telah masuk pada tahap perencanaan dan nantinya akan masuk pada tahap pelaksanaan, “ucap Suawa.

Dijelaskannya juga, diketahui sampai hari terakhir yang ditentukan tidak ada calon perseorangan yang mendaftar diri secara perorangan.

“Hingga ahir yang ditentukan tidak ada yang mendaftarkan diri secara perorangan, untuk calon Bupati di Minahasa, pada Pilkada Gubernur dan Bupati tahun 2024, “Terangnya.

Ditambahkannya, bagi kami media sangat penting dalam mensosialisasikan tahapan-tahapan dalam pilkada.

“Peran media sangat penting untuk pelaksanaan Pilkada tahun 2024 ini. Dan nantinya KPU Minahasa dalam pelaksanaan tahapan ini dalam mensosialisasikan tahapan pelaksanaan pilkada tahun 2024, nantinya akan diadakan Media Center, meskipun nantinya Media Center bagi wartawan tidak seperti pilkada sebelumya namun dalam pola yang nantinya diatur oleh KPU Minahasa, “tandas Suawa.

Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi oleh para narasumber, dipandu oleh Ketua Divisi Sosialsiasi Partisipasi Masyarakat dan SDM Arif Kurniawan

Materi pertama dalam sosialisasi ini diberikan oleh narasumber Dosen Unima, Dr Viktori N. J Rotty, selaku Wadir Pasca Sarjana, dan Tim Pemeriksa Daerah, TPD, dimana dalam penyampaian, terkait media penentuan pilkada beretika.

Kemudian dilanjutkan dengan pembawa materi berikutnya oleh narasumber Anggota KPU 2013-2018 Presidium JaDi Sulut, Dr Zulkifli Golongomm, M. Si, terkait dengan sosialisasi tahapan program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulut, serta Bupati dan wakil bupati Minahasa tahun 2024.

Dalam kegiatan ini juga diadakan dialog antara para peserta yang dilakukan dengan tanya jawab antara para peserta dengan narasumber.

Turut hadir pula dalam kegiatan ini, seluruh Anggota Komisioner diantaranya Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan, Aprilia Philia Regar, Ketua Divisi Perencanaan data dan Informasi Lidya Annita Malonda, Ketua Divisi Teknis Rijali AHI Soerotinojo dan Staff KPU Minahasa, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia, PMII, Mahasiswa Unima, dan para Wartawan.
(HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending