Connect with us

Budaya

Bupati Kumendong Dampingi Wagub Kandouw Beribadah di GMIM Tiberias Kumu

Published

on

MINAHASA, inforakyatnews.com -Wakil Gubernur Sulut Pnt Drs Steven O. E. Kandouw didampingi istri tercinta Ny dr Devi Kartika Kandouw-Tanos MARS, bersama Penjabat Bupati Minahasa, Pnt Dr Jemmy S. Kumendong MSi, menghadiri ibadah syukur bersama jemaat GMIM Tiberias Kumu, kecamatan Tombariri. Minggu (29/10/23).

Ibadah ini dipimpin oleh Khadim Pdt W Pudihang STh, dengan pembacaan Alkitab Amos 3:1-8, dengan Tema Nabi Sebagai Penyambung Lidah Allah.

Dalam khotbahnya diceritakan bagaimana Amos berani mengkritik Raja mengenai penyembahan berhala, ketidakadilan sosial dan Raja yang hidup mewah ditengah kesusahan rakyat. Pendeta yang tidak berani menyuarakan kebenaran mengakibatkan kesusahan bagi jemaat dan masyarakat.

Kehadiran Wagub Kandouw, Bupati Kumendong dan segenap jajaran Pemprov dan Pemkab Minahasa, maka jemaat mengharapkan agar dapat membawa pencerahan disaat kesusahan masyarakat saat ini akibat cuaca panas ekstrem yang berkepanjangan.

Pada kesempatan tersebut, Wagub Kandouw menyerahkan bantuan hibah rumah ibadah kepada 19 jemaat lintas denominasi dari GPDI, GSJA dan GMIM serta satu Masjid di Poopo, se-wilayah Tombariri.

Wagub Kandouw dalam sambutannya menegaskan pemerintah selalu berupaya memperhatikan kebutuhan masyarakat dan jemaat.

“Ada begitu banyak proposal yang masuk. Pemerintah tak bisa mengcover semuanya, disesuaikan dengan kemampuan. Namun bersyukur kami saat ini berada disini menyerahkan bantuan tentunya dengan tuntunan Roh Kudus. Selain itu harap diperhatikan keamanan dan ketertiban serta pertumbuhan penduduk. Dengan iman kepercayaan dan kearifan lokal jemaat dan masyarakat bisa menghadapi tantangan,” ujar Wagub sembari meminta Penjabat Bupati Minahasa untuk menghubungi operator seluler agar bisa menyediakan signal di daerah ini.

Terkait hal tersebut, Bupati Kumendong langsung menindaklanjuti dengan menghubungi operator seluler untuk menyiapkan kebutuhan masyarakat akan signal bagi komunikasi.

Turut hadir juga dalam ibadah ini, Wakil Bupati Minahasa Periode 2018 – 2023, Pnt Dr. (HC) Robby Dondokambey, S.Si, MM, MAP, para pejabat Pemprov dan Pemkab Minahasa, diantaranya Asisten 1 Denny Mangala, Kepala BKAD Clay Dondokambey, Kepala dinas Dikda Femmy Suluh, Kepala biro Kesra Freydy Kaligis, Kepala biro Pemerintahan Andra Mawuntu, Kepala biro Barjas Weldy Poli, Kepala BKPSDM Moudy Pangerapan, Kepala dinas Damkar John Kapoh, Kepala dinas PM-PTSP , Camat Tombariri, Camat Mandolang serta para Hukum Tua. (*)

Print Friendly, PDF & Email

Budaya

Hari Raya Ketupat di Kelurahan Jawa-Tondano, Bupati Kumendong Dan Istri Bersilaturahmi Dengan Tokoh Agama Muslim

Published

on

Bupati Minahasa Jemmy S. Kumendong Dan Istri Bersilaturahmi Dengan Tokoh Agama Muslim di Kampung Jaton.

MINAHASA, inforakyatnews.com
– Momen Hari Raya Ketupat di Minahasa khususnya warga di Kelurahan kampung Jawa Tondano, menjadi tradisi seusai hari lebaran atau hari idul fitri, dimana disaat hari raya ketupat ini menjadi hari bersilaturahmi baik warga muslim begitupula warga non-muslim untuk saling bersalaman.

Tak terkecuali dengan menjalin keakraban antar umat beragama, Penjabat Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani kumendong, M.Si bersama Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa, Ny. Djenneke Kumendong- Onibala, M.Si, MSA mengunjungi salah satu tokoh agama umat muslim di kediamannya, Rabu, (17/4/2024)

Kunjungan Penjabat Bupati Minahasa disambut baik tokoh agama umat muslim di Kelurahan Kampung Jawa, Tondano Utara dalam rangka Silaturahmi di hari lebaran ketupat.

Hari Raya Lebaran Ketupat tersebut adalah sebuah tradisi peringatan hari raya Idul Fitri di Indonesia. Lebaran Ketupat atau Hari Raya Ketupat biasanya dilakasakan pada hari kedelapan setelah hari raya Idul Fitri, yang artinya pada 8 Syawal ditandai dengan memakan Ketupat.

Bupati Minahasa, Jemmy Kumendong dalam kesempatannya menyampaikan selamat merayakan hari raya ketupat bagi saudara-saudara kita umat muslim yang ada di tanah minahasa.

“Semoga dimomen hari raya lebaran ketupat ini membawah berkah bagi kita semua, atas nama pemerintah kabupaten minahasa, bersama keluarga Kumendong – Onibala mengucapkan selamat merayakan hari raya lebaran ketupat tahun 2024, mohon maaf lahir dan batin,” ucap Kumendong.(HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Breaking News

Pemkab Minahasa Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah

Published

on

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa.

“Saya Penjabat Bupati Minahasa, Dr Jemmy Stani Kumendong M. Si, bersama Keluarga Kumendong – Onibala, Dan Sekertaris Daerah Kabupaten Minahasa Dr Lynda Watania MM. M. Si, bersama Keluarga, serta seluruh Jajaran Pejabat Pemkab Minahasa, mengucapkan selamat merayakan Idul Fitri 1445 Hijriah untuk seluruh Umat Muslim di Kabupaten Minahasa,” ucap Bupati Kumendong, Selasa (9/4/24).

Bupati Minahasa berharap di momen penuh bahagia dan kedamaian ini semoga selalu menyertai seluruh warga Indonesia khususnya masyarakat Minahasa dalam merayakan Idul Fitri tahun ini.

“Kita telah melewati bulan ramadhan yang mewajibkan umat Muslim untuk berpuasa. Dimana tujuannya untuk menguatkan iman dan ketaqwaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala Tuhan Yang Maha Kasih, sehingga tibalah kita menikmati Hari Kemenangan pada Hari Raya Idul Fitri ini,” kata Bupati Kumemdong.

Dia pun mengimbau, dalam perayaan Idul Fitri ini, agar tetap mengedepankan rasa keamanan dan ketertiban, serta menghindari pemborosan atau hal-hal yang bersifat konsumtif.

“Terima kasih atas kerjasama dan doa restu kepada saya selaku Penjabat Bupati Minahasa dalam menjalankan tugas pengabdian di Tanah Minahasa yang kita cintai dan banggakan ini,” ucapnya lagi.

“Sekali lagi, selamat merayakan Idul Fitri 1445 Hijriah bersama keluarga dan orang-orang terkasih. Mohon maaf lahir dan batin,” pungkas Bupati Kumendong.(HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Budaya

Tradisi Makan Di daun, Bupati Minahasa Hadiri Ibadah Mingguan Mertua Sekda Watania

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com-Penjabat Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong, M.Si. bersama Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa Ny. Djeneke Kumendong Onibala, SH. MSA, mengikuti Ibadah Kumawus (Mingguan) Atas Meninggalnya Alm. Drs. Nicollas Wilar Mertua dari Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa Dr. Lynda D. Watania,MM,M.Si Dalam Keluarga Wilar-Watania, bertempat dirumah kediaman Sekda Watania di Tomohon. Minggu (7/4/2024)

Bupati Kumendong mengatakan Kumawus (Mingguan) merupakan sebuah tradisi yang sudah lama dibangun sebagai bagian dari rasa syukur atas kasih dan penyertaan Tuhan bagi keluarga yang baru ditinggalkan oleh orang yang sangat di kasihi dan di cintai.

”Bentuk rasa syukur dan terima kasih kita atas kasih dan bimbingan Tuhan selang seminggu ditinggalkan oleh yang kita kasihi,” ucap Bupati.

Keluarga yang berduka sudah sangat memahami bahwa peristiwa seperti ini menjadi bukti bahwa cinta kasih Tuhan tetap menjadi bagian dalam perjalanan kehidupan mereka sekalipun orang yang dikasihi telah pergi selamanya menghadap Tuhan sang pencipta.

” Maka dari itu, saya yakin dan percaya keluarga akan tabah dan kuat menghadapi peristiwa duka ini. Terlebih keluarga adalah pelayanan Tuhan yang memahami betul arti dari sebuah kematian bagi orang yang percaya kepada Tuhan,” ungkapnya.

Ada yang menarik dalam acara kumawus tersebut, dimana para tamu undangan, makan bersama diatas daun yang menjadi ciri khas Mingguan di Kota Tomohon.

Turut Hadir, Jajaran Pejaba Pemerintah Kabupaten Minahasa,dan lainnya. (HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending