Connect with us

Daerah

Buka Kegiatan Choacing Clinic MCP, Kumendong: Perluas Wawasan, Samakan Persepsi dan Munculkan Ide Kreatif

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com-Penjabat Bupati Minahasa Stany Kumendong membuka kegiatan Asistensi dan Choacing Clinic MCP( Monitoring Center for Prevention) koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah) di Hotel Yama. Rabu,(22/11/23)

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Kumendong mengharapkan kegiatan ini bisa memberikan pencerahan dan pemahaman yang benar bagaimana memenuhi dokumen pendukung MCP Korsupgah berdasarkan standar atau format yang di tetapkan verifikator.

“Kami berharap jajaran daerah dapat memperluas wawasan, menyamakan persepsi, dan memunculkan ide-ide kreatif dalam menyusun terobosan positif demi pencegahan korupsi di Pemerintahan Kabupaten Minahasa demi mewujudkan good and clean goevernmernt,”jelasnya

Lebih lanjut, Kumendong mengungkapkan Pemerintah Kabupaten Minahasa akan selalu menegakan tata kelola pemerintahan yang bersih, transparan,akuntabel, dan bebas KKN, serta berkomitmen untuk :

1. Mengelola keuangan daerah secara tertib,taat perundangan, efesien,ekonomis,efektif, transparan dan bertanggung jawab dengan memperhatikan keadilan dan kepatuhan.
2. Melaksanakan kebijakan dan menyelenggarakan publik yang profesional, bebas intervensi politik, bersih dari praktik KKN agar terwujud perlindungan dan kepastian hukum bagi masyarakat.
3. Menyelenggarakan ASN berdasarkan kualifikasi, kompetensi dan kinerja yang diberlakukan secara adil dan wajar tanpa diskriminasi
4. Menindaklanjuti pengaduan masyarakat secara objektif dan transparan.

Data Capaian MCP tahun 2022 mencapai 81,1% masih rendah karena belum mencapai target. Untuk tahun 2023 capaian sementara baru 59 % dari 8 area intervensi dari 30 indikator dengan 63 sub indikator yang menjadi fokus MCP tahun 2023, yaitu :
1. Area Intervensi perencanaan dan penganggaran 53 %
2. Area Intervensi Pengadaan barang dan jasa 78%
3. Area Intervensi Perizinan 53%
4. Area Intervensi pengawasan APIP 63%
5. Area Intervensi Manajemen ASN 35%
6. Area Intervensi Optimalisasi Pajak Daerah 51%
7. Area Intervensi Pengelolaan Barang Milik Daerah 81%
8. Area Intervensi Tata Kelola Desa 95%

Di akhir sambutannya, Sekda mengharapkan perangkat daerah sebagi penanggung jawab area intervensi, masing-masing dapat bekerja maksimal untuk memenuhi dokumen pendukung yang diminta hingga akhir penilaian 31 Desember 2023.

Turut hadir Analisis Keuangan Pusat dan Daerah Ahli Muda Ditjen Bina Keuangan Daerah Boyke Martz Siagian, dan jajaran pemerintahan kabupaten Minahasa.(*)

Daerah

Dibuka Kakanwil Lumbuun, Kalapas Tondano Y Paath Ikuti Bimtek Watkesrehab

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas), Tondano, Kantor wilayah Kemenkumham Sulut, Yulius Paath mengikuti pembukaan kegiatan Bimbingan Teknis Watkesrehab dengan mengusung tema kebutuhan dasar, sanitase dan kesehatan lingkungan, Pada Rabu (21/2/2024) lalu.

Adapun kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kakanwil Kemenkumham Sulut, Ronald Lumbuun ini diikuti oleh petugas kesehatan dilingkungan Kanwil Kemenkumham Sulut .

Dalam sambutannya, Kakanwil Lumbuun menyampaikan pentingnya penyelenggaraan pelayanan prima untuk mereka yang sedang menjalani pidana atau ditahan dalam Lembaga pemasyarakatan, Rumah Tahanan Negara dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak melalui layanan kesehatan. Meskipun melakukan kesalahan namun hak yang melekat pada setiap individu seperti kebutuhan dasar kesehatannya harus tetap dilindungi.

Pada kesempatan ini, Lapas Tondano mengutus Kasibinapigiatja, I Made Budana, Dokter Gandi Napitupulu dan Perawat Pius Rawung untuk mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Watkesrehab dengan mengusung tema kebutuhan dasar, sanitase dan kesehatan lingkungan, selama beberapa hari kedepan. (HerS)

Continue Reading

Daerah

Diresmikan Presiden Jokowi, Bupati Kumendong Hadiri Peresmian INPRES Jalan di Sulut

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com
-Penjabat Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong, M,Si. Menghadiri Acara Peresmian Pelaksanaan INPRES Jalan Daerah di Provinsi Sulawesi Utara Oleh Presiden Republik Indonesia (RI). Ir. Joko Widodo.

Acara tersebut dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI di Kecamatan Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow. Jumat, (23/02/2024)

Dalam acara tersebut dihadiri pula Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Gubernur Sulut Prof. Dr. (HC). Olly Dondokambey, SE. Bupati Bolmong Bupati Bolsel, Bupati Bolmut, Walikota Kotamobagu, Bupati Sitaro.

Turut hadiri mendampingi Bupati, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Plt.Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Kadis PUPR, Kadis Pertanian, Plt.Kabag Prokopim.(HerS)

Continue Reading

Daerah

Kumendong Hadiri Ibadah Syukur GMIM Waleta Pineleng Ke-20

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com
-Pejabat Bupati Minahasa Pnt. Dr. Jemmy S. Kumendong, M.Si menghadiri Ibadah Syukur HUT ke-20, Jemaat GMIM Waleta Graha Indah Pineleng Dua, Kamis (22/2/2024).

Pada kesempatan ini PJ Bupati Kumendong dalam sambutannya mengucapkan selamat ulang tahun ke- 20, kepada Jemaat GMIM Waleta Graha Indah Pineleng Dua.

“Saya mewakili Pemerintah Kabupaten Minahasa dan Jajaran pejabat yang ada, mengucapkan selamat merayakan HUT Ke-20 Jemaat GMIM Waleta Graha, kiranya Tuhan akan memberkati jemaat gereja yang ada. “Ucapnya.

Adapun khadim dalam
Ibadah syukur ini dipimpin oleh Pdt. Jefry Saisab, S.Th, M.Si, selaku Wakil Sekretaris Koordinasi Bidang Program Kategorial BIPRA dan Lansia Sinode GMIM.

Turut hadir dalam Ibadah Syukur, Ketua BPMW Pineleng, Pdt. Ny. Grace Rumengan-Ngantung, M.Th, Plt. Kadis P3A Minahasa, Agustivo Tumundo, SE, M.Si, Staf Khusus Bupati Minahasa, Teddy Masengi, Camat Pineleng, Sekcam Pineleng, Hukum Tua Pineleng Dua Indah, Ketua BPMJ Pdt.Ny. Margaretha Najoan-Karundeng, M.Teol Pdt Jemaat dan Pelayan Khusus serta Jemaat Waleta Graha Indah Pineleng Dua Indah.(HerS)

Continue Reading

Trending