Connect with us

Daerah

Buka Kegiatan Choacing Clinic MCP, Kumendong: Perluas Wawasan, Samakan Persepsi dan Munculkan Ide Kreatif

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com-Penjabat Bupati Minahasa Stany Kumendong membuka kegiatan Asistensi dan Choacing Clinic MCP( Monitoring Center for Prevention) koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah) di Hotel Yama. Rabu,(22/11/23)

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Kumendong mengharapkan kegiatan ini bisa memberikan pencerahan dan pemahaman yang benar bagaimana memenuhi dokumen pendukung MCP Korsupgah berdasarkan standar atau format yang di tetapkan verifikator.

“Kami berharap jajaran daerah dapat memperluas wawasan, menyamakan persepsi, dan memunculkan ide-ide kreatif dalam menyusun terobosan positif demi pencegahan korupsi di Pemerintahan Kabupaten Minahasa demi mewujudkan good and clean goevernmernt,”jelasnya

Lebih lanjut, Kumendong mengungkapkan Pemerintah Kabupaten Minahasa akan selalu menegakan tata kelola pemerintahan yang bersih, transparan,akuntabel, dan bebas KKN, serta berkomitmen untuk :

1. Mengelola keuangan daerah secara tertib,taat perundangan, efesien,ekonomis,efektif, transparan dan bertanggung jawab dengan memperhatikan keadilan dan kepatuhan.
2. Melaksanakan kebijakan dan menyelenggarakan publik yang profesional, bebas intervensi politik, bersih dari praktik KKN agar terwujud perlindungan dan kepastian hukum bagi masyarakat.
3. Menyelenggarakan ASN berdasarkan kualifikasi, kompetensi dan kinerja yang diberlakukan secara adil dan wajar tanpa diskriminasi
4. Menindaklanjuti pengaduan masyarakat secara objektif dan transparan.

Data Capaian MCP tahun 2022 mencapai 81,1% masih rendah karena belum mencapai target. Untuk tahun 2023 capaian sementara baru 59 % dari 8 area intervensi dari 30 indikator dengan 63 sub indikator yang menjadi fokus MCP tahun 2023, yaitu :
1. Area Intervensi perencanaan dan penganggaran 53 %
2. Area Intervensi Pengadaan barang dan jasa 78%
3. Area Intervensi Perizinan 53%
4. Area Intervensi pengawasan APIP 63%
5. Area Intervensi Manajemen ASN 35%
6. Area Intervensi Optimalisasi Pajak Daerah 51%
7. Area Intervensi Pengelolaan Barang Milik Daerah 81%
8. Area Intervensi Tata Kelola Desa 95%

Di akhir sambutannya, Sekda mengharapkan perangkat daerah sebagi penanggung jawab area intervensi, masing-masing dapat bekerja maksimal untuk memenuhi dokumen pendukung yang diminta hingga akhir penilaian 31 Desember 2023.

Turut hadir Analisis Keuangan Pusat dan Daerah Ahli Muda Ditjen Bina Keuangan Daerah Boyke Martz Siagian, dan jajaran pemerintahan kabupaten Minahasa.(*)

Print Friendly, PDF & Email

Daerah

Disambut Kalapas Yulius Paath, Lapas Kelas IIB Tondano Terima kunjungan Staf Ahli Menkumham RI Bidang Sosial

Published

on

Lapas Kelas IIB Tondano Terima kunjungan Staf Ahli Menkumham RI Bidang Sosial.

TONDANO, inforakyatnews.com – Lembaga Permasyarakatan Kelas ll B Tondano mendapat kunjungan dari Staf Ahli Menkumham RI Bidang Sosial, Drs Kosmas Hareta, M,Si. Bertempat di Ruang Lapas Kelas IIB Tondano, Kamis (11/7/2024).

Kedatangan rombongan disambut tarian Kabasaran serta Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Klas IIB Tondano Yulius Paath, SIP, DEA beserta jajaran.

Staf Ahli Menkumham RI, turut didampingi Plh Kakanwil Kemenkumham Sulut yang juga sebagai kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan Aris Munandar, BC, IP, S.Sos, MSi, dan Kepala Divisi Administrasi John Batara Manikalli, SE serta Kepala Divisi Imigrasi, Samsul Efendi Sitorus, S.S.

Tujuan kunjungan Staf Ahli Kosmas dan rombongan ini, selain pengarahan dan penguatan pelaksanaan reformasi birokrasi, juga meninjau langsung sarana dan prasarana serta berbagai kegiatan pembinaan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) selama menjalani masa tahanan.

Sementara Kapalas Klas IIB Tondano Yulius Paath, mengatakan pihaknya sangat bangga dan bersyukur mendapat kehormatan dari Kementerian Hukum Dan Ham atas kunjungan ini.

” Kunjungan ini merupakan bentuk penghargaan bagi kami dan ini akan makin memotivasi bagi kami untuk terus bekerja dan berkarya lebih baik lagi,” pungkas Paath. (*/HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Dampingi Gubernur Dan Wagub Sulut OD-SK, Bupati Kumendong Hadiri Pelantikan IMI Sulut

Published

on

Bupati Minahasa Jemmy Stani Kumendong Hadiri Pelantikan IMI Sulut.

MINAHASA,inforakyatnews.com
-Penjabat Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong, M.Si. Mendampingi Gubernur Sulawesi Utara Prof. (HC) Olly Dondokambey, SE dan Wakil Gubernur Drs. Steven O. E. Kandouw, dalam acara Pelantikan Pengurus IMI Sulut.

Diketahui dalam pelantikan ini, Pengurus IMI Sulut diketuai oleh Rio A.J. Dondokambey, B,Sc.,M.M dan dilantik oleh Ketua MPR RI Selaku Ketua Umum IMI Pusat DR. Bambang Soesatyo, SE., SH.,M.B.A.

Kegiatan pelantikan pengurus IMI Sulut yang dihadiri Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut OD-SK, serta Pj Bupati Kumendong, digelar di Vila Tonsaru. Sabtu (13/7/2024).

Dalam acara tersebut, dihadiri juga Istri dari Ketua MPR RI, Ny Dewi Bambang Soesatyo dan Sekjen IMI Pusat, Ketua DPRD Provinsi Sulut, Mewakili Forkopimda Sulawesi Utara, Ass I Setda Prov dan Jajaran, Bupati Minahasa Utara selaku Ketua IOF Sulut, Walikota Bitung, Wakil Bupati Minahasa Utara, Forkopimda Minahasa, serta Seluruh Jajaran IMI Sulawesi Utara.

Turut hadir pula mendampingi Bupati Minahasa, Kepala dinas Kominfo Minahasa, Maya Kainde SH, Kepala dinas Perpustakaan, Steady Tumbelaka, Kabag Prokopim Setdakab Minahasa, Ricki Laloan, serta Camat Tondano Selatan. (HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Daerah

Bupati Kumendong Hadiri Rapat RUPS-LB Tahun 2024, Bank BSG

Published

on

Rapat RUPS-LB Tahun 2024, Bank BSG.

MINAHASA,inforakyatnews.com
-Penjabat (Pj.) Bupati Minahasa Jemmy S Kumendong Msi
menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) Tahun 2024. PT. Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara Gorontalo. (BPDSulutgo). Bertempat di Kantor Pusat BSG Manado. Jumat, (12/7/2024)

Adapun dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa tersebut menjadi momentum penting dalam mengawal arah dan kebijakan perusahaan daerah ke depan, dengan mempertimbangkan berbagai aspirasi dan kepentingan para pemegang saham.

Pj. Bupati Dr Jemmy Stani Kumendong.MSI, menyampaikan komitmennya untuk mendukung langkah-langkah strategis yang akan diambil PT. Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara Gorontalo guna memperkuat peran serta bank dalam mendukung perekonomian daerah.

Diketahui Rapat ini menjadi ajang bagi seluruh pemangku kepentingan untuk berdiskusi secara terbuka tentang isu-isu strategis terkait dengan perjalanan bisnis bank di masa mendatang.

Kehadiran Kumendong ini menegaskan komitmen pemerintah daerah dalam mendukung sektor perbankan untuk terus berinovasi dan memberikan kontribusi positif bagi pembangunan ekonomi regional.

Pihaknya berharap bahwa hasil dari Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa ini akan memberikan arah yang jelas dan sinergis antara PT. Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara Gorontalo dengan stakeholder utama, termasuk Pemerintah Kabupaten Kepulauan Minahasa dalam mewujudkan visi bersama untuk kemajuan.

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa RUPS-LB, ini dihadiri Oleh Gubernur Sulawesi Utara Prof. Dr. (HC). Olly Dondokambey, SE dan Direktur Utama BSG Bpk. Revino M. Pepah Bersama Seluruh Bupati dan Walikota Se- Sulawesi Utara dan Gorontalo. (HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending