Menu

Mode Gelap
Alfamart Peduli Kreativitas Anak Sejak Dini Debt Collector Dilarang Gunakan Kekerasan dalam Penagihan Hutang Konsumen Kebersamaan dalam Dialog Lintas Iman, Wujud Toleransi Beragama di Sulut KPK Buka Kelas Pemuda Anti Korupsi Tahun 2022 di Sulut Hadirkan DJ Ribka, HUT ke-8 “Good Day Club” Bakal Spektakuler

Jambi · 21 Jul 2022 20:35 WITA ·

Al Haris Apresiasi Kemendikbudristek Peduli Sungai Batanghari


 Al Haris Apresiasi Kemendikbudristek Peduli Sungai Batanghari Perbesar

JAMBI, inforakyatnews- Gubernur Jambi Haris SSos MH memberikan apresiasi kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI) yang telah menyelenggarakan Seminar Nasional Batanghari Dulu, Kini dan Nanti, yang berlangsung di Swiss-bell Hotel Jambi, Kamis (21/7).
“Saya mengapresiasi dan berterima kasih kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, yang telah memprakarsai Seminar Nasional Batanghari ‘Dulu, Kini, dan Nanti,’ sebagai puncak perjalanan menjejaki kembali Kejayaan Peradaban Batanghari, melalui kegiatan Ekspedisi Sungai Batanghari,” ujar Al Haris.
Al Haris juga memberikan apresiasi kepada seluruh peserta ekspedisi dan seminar nasional yang berasal dari berbagai kalangan, yaitu peneliti, akademisi, mahasiswa dan komunitas budaya, yang telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.
Al Haris menuturkan, kegiatan seminar nasional ini akan menjadi refleksi dan masukan bagi para pemangku kepentingan bersama seluruh pihak terkait. Dalam mengambil langkah dan perumusan kebijakan, terkait Kawasan Cagar Budaya Nasional Muaro Jambi, kebijakan penjagaan kebudayaan sepanjang Sungai Batanghari, serta menentukan berbagai upaya penting untuk menjaga Daerah Aliran Sungai (DAS) dan ekosistem Sungai Batanghari kini dan kedepannya.
Al Haris menerangkan, aliran Sungai Batanghari bermula dari Kabupaten Solok Selatan dan Kabupaten Dharmasraya di Provinsi Sumatera Barat. Selanjutnya sungai ini mulai mengalir di Provinsi Jambi melewati Kabupaten Bungo, Kabupaten Tebo, Kabupaten Batang Hari, Kota Jambi, Kabupaten Muaro Jambi, dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur, sebelum lepas ke perairan timur Sumatera dekat Muara Sabak. “Salah satu kawasan bersejarah dengan jejak-jejak peradaban yang harus dilestarikan, berada di kawasan Sungai Batanghari adalah Cagar Budaya Nasional Muarojambi. Dimana telah menjadi saksi sejarah kejayaan pusat pendidikan terbesar di Asia pada abad ke-7,” bebernya.
“Saya berharap berbagai temuan dan data yang dikumpulkan, baik dari sisi historis, arkeologi, hingga isu sosial dan isu lingkungan, dapat menjadi bahan perumusan kebijakan pemecahan masalah perlindungan dan penetapan Kawasan Cagar Budaya Nasional Muaro Jambi. Selanjutnya akan menjadi payung hukum yang kuat, dalam rangka eksistensi KCBN Muaro Jambi sebagai warisan budaya dunia,” harapnya.
Al Haris mengungkapkan, sepanjang aliran Sungai Batanghari banyak menyimpan potensi keunggulan yang dapat mengangkat ekonomi masyarakat. Tidak hanya melalui sumber daya alam, namun juga melalui wisata tradisi dan budaya. Tanpa menggeser identitas khas masyarakat Sungai Batanghari, serta yang paling penting adalah terjaga Daerah Aliran Sungai Batanghari beserta ekosistemnya, demi generasi selanjutnya. “Sejalan dengan pengelolaan kawasan Sungai Batanghari sebagai warisan budaya. Isu terkini yang ditemukan pada kawasan Sungai Batanghari, tentu juga akan menjadi masukan bagi kita semua dalam pengelolaan sumber daya air. Pertumbuhan penduduk dengan segala aktivitasnya, tentu berdampak bagi penurunan kualitas lingkungan, perubahan ekologi dan sebagainya di Wilayah Sungai Batanghari. Yang harus menjadi perhatian kita bersama, dalam upaya pelestarian warisan budaya di kawasan Sungai Batanghari, sekaligus kelangsungan ekosistemnya hingga nanti di masa depan,” ungkap Al Haris.
Pada kesempatan tersebut, hadir secara langsung Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Bapak Hilmar Farid. (Effendi).
Artikel ini telah dibaca 31 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

Mashuri Tutup LT-III Regu Penggalang Kwarcab Gerakan Pramuka Merangin

11 November 2022 - 12:39 WITA

Merangin Peringati Hari Pahlawan 2022

11 November 2022 - 12:33 WITA

Longsor, Wabup Langsung Turun Sampai Jalan Kembali Normal

11 November 2022 - 12:29 WITA

MTQ Ke-51 Tingkat Provinsi Jambi Dibuka, Diikuti 1.234 Kafilah

1 November 2022 - 08:47 WITA

Ibu Iriana dan Ibu Wury Silaturahmi dengan Warga Binaan Lapas Perempuan di Jambi

21 Oktober 2022 - 05:19 WITA

Pemvprov Jambi Minta Geng Motor Ditindak Tegas

7 Oktober 2022 - 12:12 WITA

Trending di Jambi