Connect with us

Budaya

Akhir Pekan Ini Nuansa Batak Bakal Selimuti Kota Tomohon, Ada Tarian Tor Tor

Published

on

 

TOMOHON, inforakyatnews.com – Masyarakat lokal di sekitar Danau Toba memiliki kehidupan yang unik dan menarik. Mereka suka bermusik, bernyanyi, menari, dan menyajikan kuliner khas sebagai bagian dari aktivitas sehari-hari mereka.

Masyarakat kota Tomohon tidak perlu jauh-jauh ke danau Toba pasalnya akhir pekan ini, Sabtu (23/9) di Marion Farm Villa and Cafe, Kelurahan Paslaten akan di gelar Pagelaran Budaya Batak dengan tema Senandung Danau Toba.

Menurut Raymond Pardede SH MH selaku pelaksana mengatakan, maksud tujuan dilaksanakan kegiatan ini di Tomohon, karena kami merasa terpanggil untuk memperkenalkan budaya Tapanuli kami di Kota Tomohon, sekaligus mempromosikan Marion Farm Villa and Cafe yang merupakan milik orang Batak asli.

“Tentu pelaksanaan kegiatan ini sudah dikonsultasikan dan direncanakan bekerja bersama Pemerintah Kota Tomohon, termasuk Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Tomohon melalui Kadis Judhistira Siwu. Banyak makna yang akan kami buat untuk menjadi berkesan dalam pagelaran nanti dimana kami akan menampilkan juga tari Tor Tor Batak, para penyanyi Top Batak seperti Puteri Silitonga dan banyak lagi,” tutur Vice Presiden Kongres Advokad Indonesia ini saat didampingi panitia, Andre Lengkong dan Richard Kalesaran.

Lanjutnya, dalam puncak acara tersebut nantinya akan dihadiri Bupati Kabupaten Samosir, pengacara pengacara top ibukota seperti Hotma Sitompul, Hotman Paris dan lainnya. Di pagelaran nanti kami berencana memberikan cindera mata buat Walikota Tomohon, Caroll JA Senduk SH berupa kain Ulos yang melambangkan kebanggaan khas daerah Batak.

“Kami sangat bangga dengan nuansa alam Kota Tomohon termasuk daya tarik pariwisatanya. Untuk itu, kami berniat apabila terwujud akan bekerjasama untuk selalu menggelar pagelaran budaya Batak ini untuk masuk dalam side Iven Tomohon Internasional Flower Festival,” tuturnya sembari menambahkan kegiatan ini bakal dihadiri warga Batak yang sementara kuliah dan yang sudah berdomisili di Tomohon.

Sementara itu, Owner Marion Farm Villa and Cafe, Conny Sihotang Maningkas mengaku sudah bertemu Ketua TP PKK Tomohon, drg Jeand,’arc Senduk Karundeng untuk pelaksanaan acara ini. Beliau sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini. (Wan/*)

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Budaya

Bupati Kumendong Dampingi Wagub Steven Kandouw Saksikan Kawin Massal Puluhan Pasangan

Published

on

MINAHASA, inforakyatnews.com -Penjabat Bupati Minahasa Dr Jemmy Stani Kumendong, M. Si, mendampingi Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven Kandouw, pada pelaksanaan kawin massal yang digelar Pemprov Sulut, bertempat di Aula Mapalus, Kantor Gubernur Sulawesi Utara (Sulut),Manado.Jumat (5/7/2024).

Diketahui acara kawin massal ini diikuti sebanyak puluhan pasangan yang dikabarkan ikut serta dalam kegiatan kawin massal yang diberkati tersebut.

Acara kawin massal yang disaksikan Wagub Steven Kandouw dan para kepala daerah ini, dihadiri juga para keluarga peserta kawin massal ini.

Dalam sambutannya, Wagub Steven Kandouw mengucapkan selamat kepada para pasangan pengantin yang telah diberkati melalui kawin massal saat ini.

” Proses kawin massal boleh terlaksana berkat rencana Tuhan.
Banyak selamat, Tuhan memberkati, ”ucapnya.

Adapun kegiatan ini terlaksana berkat sinergitas Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Sulut dan Pemerintah Daerah.(HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Budaya

Hari Raya Ketupat di Kelurahan Jawa-Tondano, Bupati Kumendong Dan Istri Bersilaturahmi Dengan Tokoh Agama Muslim

Published

on

Bupati Minahasa Jemmy S. Kumendong Dan Istri Bersilaturahmi Dengan Tokoh Agama Muslim di Kampung Jaton.

MINAHASA, inforakyatnews.com
– Momen Hari Raya Ketupat di Minahasa khususnya warga di Kelurahan kampung Jawa Tondano, menjadi tradisi seusai hari lebaran atau hari idul fitri, dimana disaat hari raya ketupat ini menjadi hari bersilaturahmi baik warga muslim begitupula warga non-muslim untuk saling bersalaman.

Tak terkecuali dengan menjalin keakraban antar umat beragama, Penjabat Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani kumendong, M.Si bersama Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa, Ny. Djenneke Kumendong- Onibala, M.Si, MSA mengunjungi salah satu tokoh agama umat muslim di kediamannya, Rabu, (17/4/2024)

Kunjungan Penjabat Bupati Minahasa disambut baik tokoh agama umat muslim di Kelurahan Kampung Jawa, Tondano Utara dalam rangka Silaturahmi di hari lebaran ketupat.

Hari Raya Lebaran Ketupat tersebut adalah sebuah tradisi peringatan hari raya Idul Fitri di Indonesia. Lebaran Ketupat atau Hari Raya Ketupat biasanya dilakasakan pada hari kedelapan setelah hari raya Idul Fitri, yang artinya pada 8 Syawal ditandai dengan memakan Ketupat.

Bupati Minahasa, Jemmy Kumendong dalam kesempatannya menyampaikan selamat merayakan hari raya ketupat bagi saudara-saudara kita umat muslim yang ada di tanah minahasa.

“Semoga dimomen hari raya lebaran ketupat ini membawah berkah bagi kita semua, atas nama pemerintah kabupaten minahasa, bersama keluarga Kumendong – Onibala mengucapkan selamat merayakan hari raya lebaran ketupat tahun 2024, mohon maaf lahir dan batin,” ucap Kumendong.(HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Breaking News

Pemkab Minahasa Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah

Published

on

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa.

“Saya Penjabat Bupati Minahasa, Dr Jemmy Stani Kumendong M. Si, bersama Keluarga Kumendong – Onibala, Dan Sekertaris Daerah Kabupaten Minahasa Dr Lynda Watania MM. M. Si, bersama Keluarga, serta seluruh Jajaran Pejabat Pemkab Minahasa, mengucapkan selamat merayakan Idul Fitri 1445 Hijriah untuk seluruh Umat Muslim di Kabupaten Minahasa,” ucap Bupati Kumendong, Selasa (9/4/24).

Bupati Minahasa berharap di momen penuh bahagia dan kedamaian ini semoga selalu menyertai seluruh warga Indonesia khususnya masyarakat Minahasa dalam merayakan Idul Fitri tahun ini.

“Kita telah melewati bulan ramadhan yang mewajibkan umat Muslim untuk berpuasa. Dimana tujuannya untuk menguatkan iman dan ketaqwaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala Tuhan Yang Maha Kasih, sehingga tibalah kita menikmati Hari Kemenangan pada Hari Raya Idul Fitri ini,” kata Bupati Kumemdong.

Dia pun mengimbau, dalam perayaan Idul Fitri ini, agar tetap mengedepankan rasa keamanan dan ketertiban, serta menghindari pemborosan atau hal-hal yang bersifat konsumtif.

“Terima kasih atas kerjasama dan doa restu kepada saya selaku Penjabat Bupati Minahasa dalam menjalankan tugas pengabdian di Tanah Minahasa yang kita cintai dan banggakan ini,” ucapnya lagi.

“Sekali lagi, selamat merayakan Idul Fitri 1445 Hijriah bersama keluarga dan orang-orang terkasih. Mohon maaf lahir dan batin,” pungkas Bupati Kumendong.(HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending