Connect with us

Breaking News

2 PJ Bupati dan Direktur IPDN Sulut Terima Gelar Adat dari Bupati Kumendong

Published

on

MINAHASA, inforakyatnews.com – Penjabat Bupati Minahasa Dr Jemmy S Kumendong M.Si, didampingi Ketua TP PKK Ny Kumendong Onibala SH menghadiri dan memberikan gelar adat Tountemboan Walak Kawangkoan oleh Masyarakat Adat Kawangkoan berupa Aka Imbanua kepada Pj. Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) Ir Ronald T H Sorongan M.Si, Pj Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) Drs Joi E B Oroh dan Gelar Adat Walian Papendangen kepada Direktur IPDN Sulut Dr Drs Arnold Poli SH, MAP, bertempat di halaman GMIM Sion Sentrum Sendangan, Minggu (7/1/2024).

Usai Penganugerahan Gelar ada dilanjutkan dengan ibadah syukur di GMIM Sion Sentrum Sendangan yang dipimpin oleh Ketua BPMJ GMIM Sion Sentrum Sendangan Pdt Junisar Watulangkow S.Th.

Pj Bupati Minahasa Kumendong, turut membacakan sambutan Gubernur Sulawesi Utara Prof Dr (HC) Olly Dondokambey SE.

Dikatakan Kumendong, pemberian gelar ada untuk putra terbaik asal Kawangkoan merupakan bentuk apresiasi masyarakat Kawangkoan kepada putra-putra yang kini dipercayakan oleh pemerintah menduduki jabatan strategis baik dalam Pemeintahan maupun Pendidikan.
” Gelar Adat Aka Imbanua merupakan tanda kehormatan untuk pimpinan suatu wilayah dan Walian Papendangen merupakan tercerminan kearifan dalam pendidikan. Gelar ini merupakan tanda dan bukti dedikasi dan kerja keras putra-piutra daerah asal Kawangkoan, ” ujar Kumendong.

Lanjut Kumendong, dirinya tentu mengucapkan banyak selamat kepada penerima gelar adat ini. Sambil berharap kiranya gelar ini makin memompa semangat untuk terus berkarya dan mengabdi bagi masyarakat dan kemajuan daerah.
Dia juga mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat Kawangkoan yang begitu antusias dalam mendukung kerja-kerja putra-putra daerah ini.
” Dukungan dari masyarakat merupakan fondasi utama dalam kesuksesan kepemimpinan. Semangat gotong royong dan solidaritas diantara kita semua menjadi kekuatan yang luar biasa dalam memajukan daerah.

Lanjutnya, dukungan dan kerjasama dari seluruh pemerintah daerah disadari menjadi hal yang sangat penting. Menjadi sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pembangunan.
Karena itu komitmen pemerintah akan terus diupayakan dalam rangkah memajukan daerah ini.
” Prestasi yang telah diraih oleh putra-putra terbaik Kawangkoan bukan hanya kerja keras mereka tapi dukungan dari seluruh masyarakat Pemprov Sulut.
” Kita telah membuktikan bahwa hanya dengan semangat dan persatuan serta kerja keras maka kita mampu meraih prestasi luar biasa. Dengan momentum positif ini kita ma mpu mencapai kemajuan besar di masa kini dan masa yang akan datang.

Penganugerahan Gelar Adat ini bukan semata penghargaan formal namun bentuk pengakuan dedikasi dan kontribusi nyata bagi kemajuan daerah. Dan kiranya menjadi inspirasi bagi generasi muda bagi daerah dan bangsa.

” Yang paling penting dalam kegiatan ini adalah semua apa yang kita peroleh merupakan bentuk Bu ungkapan syukur atas kasih dan penyertaan Tuhan. Mari kita merendahkan diri dan mengungkapkan syukur dan terima kasih atas segala nikmat yang diberikan Tuhan dan suka dan duka.

Bupati kemudian memohon doa dukungan agar kitanya Sulawesi Utara selalu dilimpahi berkat, menjadi tempat kedamaian yang keharmonisan. Kiranya langkah yang kita tempuh selalu dipandu oleh petunjuka Tuhan dan kebijakan yang kita ambil selalu berpijak pada nilai-nilai keadilan, kebenaran dan kebersamaan ,” pungkas Bupati.

Bupati Kumendong juga turut menyerahkan tongkat kepemimpinan kepada tiga putra terbaik penerima gelar adat Kawangkoan.

Turut Hadir Kadis Kebudayaan Provinsi Sulut Jani Lukas, Jajaran Pemkab Minahasa yakni Sekda Dr Lynda Watania M.Si, Jajaran Pemkab Sitaro dan Jajaran Pemkab Mitra, Pnt Rio Dondokambey dan undangan. (***)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Breaking News

Polres Minahasa Gelar Konfrensi Pers, Ungkap Kasus Curanik Dan Curanmor, Kapolres Minahasa Imbau Hal Ini

Published

on

Polres Minahasa Gelar Konfrensi Pers.

MINAHASA, inforakyatnews.com – Kepolisian Resort Polres Minahasa melaksanakan Konferensi Pers yang dipimpin Kapolres Minahasa AKBP S. Sophian, SIK., MH didampingi oleh Kasat Reskrim IPTU Dwirianto Tandirerung, S.TrK., dan Kasih Humas IPTU M. Siwu. Bertempat di Mako Polres Minahasa, Rabu (17/7/24).

Pada kesempatan ini Kapolres Sophian, mengumumkan keberhasilan anggota polres Minahasa, dibawah binaan Kasatserse, Polres Minahasa Tim Whitelion Jatantras polres Minahasa, berhasil mengungkap sejumlah kasus pencurian yang terjadi pada periode Juni hingga Juli 2024.

Adapun kasus Pencurian yang berhasil diungkap yakni pencurian Elektronik di Desa Leleko, sesuai laporan Polisi: LP/B/15/IV/2024/SPKT.Sek Remboken/Polres Minahasa/Polda Sulawesi Utara. Pada tanggal 1 April 2024, dengan pelaku berinisial AU (20 tahun) dan rekannya SN (20 tahun), yang merupakan residivis, dimana melakukan pencurian elektronik di Desa Leleko, Kecamatan Romboken.

Adapun kronologi pencurian, awalnya Pelaku masuk ke rumah melalui jendela yang terbuka dan mengasak lima unit handphone saat penghuni rumah tertidur.

Namun pada tanggal 29 Juni 2024, Unit Jatanras berhasil menangkap pelaku di Kota Bitung. Dimana Barang Bukti yang disita antara lain satu unit iPhone XR, satu unit Oppo A9 2020, dan sepeda motor Honda Beat yang digunakan dalam aksi tersebut, dan kerugian yang ditaksir pada kasus ini mencapai 18.600.000 rupiah, dan atas kejahatan ini, pelaku dijerat Pasal 363 Ayat 1 Ke 3 dan 4 dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara.

Sementara itu, untuk Kasus Pencurian Kendaraan Bermotor di Rinegetan, sesuai Laporan Polisi: LP/B/198/V/2024/SPKT/Polres Minahasa/Polda Sulut, diketahui
pada tanggal 19 April 2024, pelaku berinisial SET (19 tahun) mencuri sepeda motor dari sebuah bengkel rumah di Rinegetan, Kecamatan Tondano Barat.

Para tersangka kasus pencurian barang elektronik dan pencurian kendaraan.

Adapun kronologi kejadian. Pelaku beraksi dengan merusak pintu rumah dan mengambil kunci motor yang diletakkan di atas meja. Namun Pada tanggal 2 Mei 2024, polisi berhasil menangkap pelaku di Desa Silian, Kecamatan Silian Raya. Dimana sebagian barang bukti telah dilimpahkan ke kejaksaan, sementara tiga unit sepeda motor berhasil diamankan. Atas kejahatan tersebut Pelaku pun dijerat Pasal 363 Ayat 1 Ke 3 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara dan kerugian atas kasus ini mencapai 8 juta rupiah.

Selain itu juga pihak kepolisian resort Minahasa berhasil mengungkap pula kasus Pencurian Kendaraan Bermotor di Tounkuramber, sesuai Laporan Polisi: LP/B/232/V/2024/SPKT/Polres Minahasa/Polda Sulut
Pada tanggal 8 Mei 2024, tiga pelaku dari Koya berboncengan menggunakan satu sepeda motor berkeliling Tondano mencari target pencurian, yakni sepeda motor.

Kronologi pencurian. Di Tounkuramber, pelaku melihat sepeda motor terparkir di pinggir jalan, lalu mendorongnya hingga ke gang kecil, mencabut soket, dan menghidupkannya. Namun pada tanggal 26 Mei 2024, Resmob Minahasa berhasil menangkap tiga pelaku di Kecamatan Lembean Timur. Dimana sesuai dengan Barang Bukti yang disita meliputi satu unit sepeda motor Honda Beat berwarna biru hitam. Adapun kerugian yang ditaksir mencapai Rp.20.000.000. Dan Pelaku pun dijerat dengan Pasal 363 Ayat 1 Ke 4 dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara.

Dan terakhir Kasus Pencurian Kendaraan Bermotor di Desa Ampreng, sesuai laporan Polisi: LP/B/276/VI/2024/SPKT/Polres Minahasa/Polda Sulut
Pada tanggal 26 Juni 2024, pelaku berinisial PTL dari Poopo, Kecamatan Ranoyapo, Minahasa Selatan, bersama EG, melakukan pencurian sepeda motor di Desa Ampreng, Kecamatan Langowan Barat. Pelaku menggunakan mobil Gran Max yang disewa untuk membawa hasil curian. Pada tanggal 7 Juli 2024, Unit Jatanras Polres Minahasa berhasil menangkap EG, dan sehari kemudian PTL juga berhasil diamankan. Barang bukti yang disita meliputi satu unit sepeda motor Honda Beat hitam, satu unit sepeda motor Scoopy merah, dan satu unit mobil Gran Max. Dimana Kerugian ditaksir mencapai Rp 20.000.000. Pelaku dijerat Pasal 363 Ayat 1 Ke 3 dan 4 dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara.

Dalam kesempatan ini, Kapolres Minahasa menegaskan pentingnya kewaspadaan dan pencegahan dari masyarakat.

“Kami menghimbau masyarakat untuk selalu menggunakan kunci ganda pada kendaraan sepeda motor dan berhati-hati dalam memarkir kendaraan. Hindarilah hal-hal yang dapat memberikan peluang bagi para pelaku kejahatan untuk melakukan aksinya,” Imbau Kapolres Minahasa.

Dengan pengungkapan kasus-kasus ini, diharapkan masyarakat semakin waspada dan kerjasama antara polisi dan masyarakat dapat terus ditingkatkan guna menjaga keamanan dan ketertiban di Minahasa, “pungkasnya.(HerS)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Breaking News

Ketika Pemuda GMIM Bethesda Tumaratas Representasikan Kristen-Kultural di PKPG 2024

Published

on

Tenda Pemuda GMIM Bethesda Tumaratas di Perkemahan Karya Pemuda Gereja (PKPG) 2024, berhasil raih juara 1.

Minahasa Utara, inforakyatnews.com – Tenda karya Pemuda Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) Bethesda Tumaratas meraih juara 1 seri A dalam lomba tenda kreasi Perkemahan Karya Pemuda Gereja (PKPG) se-Sinode GMIM tahun 2024.

Pelaksanaan PKPG 2024 yang berlangsung selama 5 hari, yakni 1-5 Juli 2024, dilaksanakan di Wilayah Dimalak. Tepatnya di Desa Laikit, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Penatua Pemuda GMIM Bethesda Tumaratas, Thea Wonte mengungkapkan rasa syukurnya atas capaian tersebut.

“Tentunya bersyukur kepada Tuhan atas berkat dan anugerah-Nya. Pencapaian ini berkat dari Tuhan serta pemberian diri dari teman teman pemuda beserta BPMJ (Badan Pekerja Majelis Jemaat), Pendeta, Guru Agama, Pelsus dan Jemaat GMIM Bethesda Tumaratas,” ungkap Pena Thea, sapaan akrab Thea Wonte.

Ia berharap, kedepannya kegiatan lomba tenda seperti ini dalam kegiatan PKPG dapat terus dilaksanakan untuk membangun minat dan bakat para Pemuda GMIM.

“Harapannya kegiatan lomba tenda seperti ini dapat terus mengalami peningkatan untuk menjadi sarana teman-teman pemuda GMIM. Meningkatkan dan mengembangkan minat serta bakat yang ada, terlebih khusus di kegiatan lomba tenda,” kata Ketua Pemuda GMIM Bethesda Tumaratas itu.

Untuk konsep burung Manguni dari tenda itu, Wonte mengatakan diangkat dari logo GMIM. Dia bilang, konsepnya disusun bersama teman-teman pemuda.

Wujud tenda Pemuda GMIM Bethesda Tumaratas saat malam hari.

Sementara itu, Tio Kaat, salah satu penggagas konsep tenda itu mengatakan, selama ini gereja belum melakukan sosialisasi secara mendalam mengenai; Mengapa manguni menjadi logo GMIM?

Menurutnya, dengan konsep tenda ini, Pemuda Pemuda Gmim Bethesda Tumaratas sudah melakukan sosialisasi secara narasi dan visualisasi melalui karya seni arsitektur hibrid tradisional-moderen.

“Seandainya, Yesus Kristus lahir dalam kultur Minahasa, so pasti manguni jadi manifestasi Roh Kudus. Karena kemahahadiran Tuhan tidak bisa dibatasi oleh ruang dan waktu,” ujar Pemuda lulusan Pascasarjana Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, jurusan Sosiologi-Agama itu.

Ia menjelaskan, pertemuan antara kekristenan dan budaya Minahasa adalah satu kepastian historis.

GMIM yang berdiri pada tahun 1934 merupakan gereja ber-identitas Kristen-Minahasa melalui penggunaan logo Manguni.

Penggunaan simbol Manguni dalam logo GMIM merepresentasikan iman orang Minahasa yang secara total telah menerima kekristenan sebagai Injil yang menyelamatkan.

“Jadi, baik kekristenan dan budaya Minahasa sama-sama mengalami penyatuan secara harmonis,” terang penulis muda itu.

Selanjutnya, penulis buku“Manguni Simbol Pembebasan : Folklore Dalam Konstruksi Sosial Emansipasi Intelektual-Spiritual di Minahasa” itu lebih lanjut menegaskan bahwa, Manguni bukan burung hantu!

Ia mengatakan, Manguni adalah simbol pengetahuan sakral orang Minahasa. Manguni dijadikan simbol identitas Minahasa karena dipercayai menjadi medium antara bumi dan langit. Ia adalah simbol dewan Minahasa (Minahasa Raad). Hampir-hampir tidak ada hewan yang memiliki kebijaksanaan seperti Manguni dalam memahami perubahan iklim.

Menurutnya, penyebutan burung hantu terhadap Manguni adalah proyek imperialisme bahasa dari Eropa untuk menjadikan identitas Minahasa tunduk pada stigma alifuru.

“Manguni dijadikan logo GMIM karena Minahasa telah total menerima kekristenan. Setiap simbol di dalam logo GMIM sarat akan pengetahuan Minahasa-Kristen,” tutupnya.

Tampak dari atas, tenda Pemuda GMIM Bethesda Tumaratas membentuk logo organisasi Pemuda GMIM.

Selain itu, Rafelino Kelung sebagai arsitektur dari tenda tersebut menjelaskan, penerapan konsep Metafora ini diwujudkan dengan memetaforakan objek yang bersumber dari logo Pemuda GMIM(2D) dan Logo GMIM(3D).

Tampak depan. Desain tenda membentuk burung manguni yang merupakan simbol dari GMIM.

“Untuk Objek utama pada Fasad bangunan adalah bentuk burung manguni, sebagai identitas lokal Minahasa,” tulis pemuda sarjana arsitektur itu di media sosialnya. (*/red)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

ADVERTORIAL

Minahasa Masuk 3 Terbaik Se-Sulawesi dan Nominasi 17 Kabupaten/Kota Se-Indonesia, Bupati Minahasa Diundang Hadir Langsung oleh Presiden Jokowi di Istana Negara

Published

on

Bupati Minahasa Dr Jimmy Stani Kumendong M.Si Diundang Hadir Langsung oleh Presiden Jokowi di Istana Negara.

MINAHASA – Penjabat Bupati Minahasa, DR Jemmy Stani Kumendong MSi, hari ini diundang oleh Presiden RI Joko Widodo melalui Kementerian Dalam Negeri dibawah pimpinan Mendagri Tito Karnavian untuk hadir langsung di Istana Negara dalam Rapat Koordinasi Nasional Inflasi. Jumat (14/6/24).

Presiden RI Joko Widodo.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa dinilai sukses menjaga stabilitas dan menjalankan roda pemerintahan di daerah dengan menekan inflasi yang terus menjadi perhatian serius dari pemerintah pusat.

Diketahui bahwa Pemkab Minahasa masuk dalam 17 kabupaten/kota se-Indonesia yang masuk nominasi penerima penghargaan.

Atas hasil tersebut Penjabat Bupati Minahasa bersama seluruh Gubernur terundang hadir langsung di Istana Negara oleh Presiden Joko Widodo.

Ini merupakan tindak lanjut dari telegram Menteri Dalam Negeri, Nomor Surat 500.2.3/4062/Bangda tertanggal 11 Juni 2024 yang ditandatangani oleh Dirjen Bina Pembangunan Daerah, Selaku Ketua Pokja Daerah Ir. Restuardy Daud, M.Sc.

Hal ini jelas membuktikan sebuah prestasi yang membanggakan bagi Pemkab Minahasa beserta seluruh masyarakat. Bupati Kumendong mengungkapkan hal ini patut disyukuri atas kerja keras semua pihak baik dari jajaran Forkopimda dan jajaran Pemkab Minahasa, diantaranya Sekda Lynda Watania, para Asisten dan Kepala Dinas/Badan hingga staf.

“Patut disyukuri dan tentunya apresiasi bagi Forkopimda, jajaran Pemkab dan seluruh masyarakat Minahasa, sehingga apa yang menjadi ikhtiar bersama mampu kita laksanakan dengan komitmen yang kuat dan penuh tanggungjawab, ” Ungkap Bupati Kumendong.

Minahasa dinyatakan masuk dalam 3 terbaik Region se- Sulawesi dan nominasi 17 kabupaten/kota se Indonesia. Sehingga hari ini bisa terundang langsung menghadiri Rakornas di Istana yang dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi dan Mendagri Tito Karnavian dan sejumlah Menteri serta para Gubernur se Indonesia,” Ujar Bupati Kumendong.

Pada kesempatan ini Bupati Kumendong turut didampingi oleh Kabag Prokopim, Ricky Laloan, SH dan Staf khusus Bidang Komunikasi Publik, Rolf Lumintang, S Sos.

Rakornas inflasi ini dipimpin langsung oleh presiden Joko Widodo di istana Negara didampingi oleh Menko Perekonomian selaku ketua TPIP, Gubernur Bank Indonesia, Menteri Keuangan, Mendagri, para Gubernur, Bupati/Walikota yang masuk nominasi dan pejabat terkait.

Rakornas ini mengambil Tema Pengamanan Produksi dan Peningkatan Efisiensi Rantai Pasok untuk Mendukung Stabilitas Harga. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mendorong kepala daerah dan TPID dalam mensinergikan kebijakan stabilitas harga dan ketahanan pangan nasional dengan kebijakan pemulihan ekonomi di daerah serta menghasilkan kebijakan pengendalian inflasi daerah yang akan menjadi bahan masukan untuk kebijakan pengendalian secara nasional.(ADVETORIAL)

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading

Trending