Menu

Mode Gelap
KPK Buka Kelas Pemuda Anti Korupsi Tahun 2022 di Sulut Hadirkan DJ Ribka, HUT ke-8 “Good Day Club” Bakal Spektakuler GMNI Cabang Manggarai Demo Tolak Kenaikkan Harga BBM Kata BMKG Soal Cuaca Tak Menentu Saat ini Pemda Manggarai Himbau Masyarakat Waspada Wabah PMK

Nasional · 24 Nov 2021 07:47 WITA ·

Presiden Jokowi Tanam Jagung Bersama Petani dan Jajal Alat Pertanian


 Presiden Jokowi bersama sejumlah petani Jeneponto | foto : Istimewa Perbesar

Presiden Jokowi bersama sejumlah petani Jeneponto | foto : Istimewa

Jeneponto, (inforakyatnews.com) – Ada yang menarik saat Presiden Joko Widodo mengunjungi para petani di Kabupaten Jeneponto, Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa (23/11/2021).

Dalam rilisnya, Presiden tiba di lokasi sekitar pukul 13.38 WITA dengan didampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan disambut Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Dalam kunjungan kerjanya itu, di lokasi, usai meninjau panel, Presiden langsung menuju lahan pertanian bersama sejumlah petani, dan turut menanam jagung bersama.

Bersama petani, Presiden pun mulai mendorong alat tanam jagung atau corn planter dan diikuti oleh para petani secara serentak.

Presiden Jokowi saat mendorong alat tani Com Planter || foto : istimewa

Uniknya, usai menanam benih jagung sepanjang kurang lebih 100 meter, Presiden menaiki traktor yang telah terparkir di lokasi. Kemudian Presiden Jokowi pun mengendarai traktor di lahan untuk ditanami benih jagung.

“Tadi cara, saya juga baru, hari ini saya bisa pegang traktor dan juga sangat mudah sekali. Saya tadi diajari sebentar oleh Pak Menteri Pertanian,” ujar Presiden selepas menjajal traktor.

Presiden Jokowi saat mengendarai traktor | foto : istimewa

Traktor berwarna hijau pun melaju perlahan di hamparan lahan. Bersama Menteri Pertanian, Presiden berkeliling satu putaran lahan.

“Tadi kan kita melakukan penanaman dengan planter untuk khusus jagung tapi juga tadi saya mencoba untuk penanaman dengan traktor yang di belakangnya ada planter-nya,” ujar Presiden.

Kepala Negara itu menilai, pemanfaatan alat mekanis pertanian seperti traktor dibutuhkan jika lahan garapan para petani sangat luas sehingga penanaman bisa lebih efektif.

“Saya kira dua-duanya baik tetapi kalau dalam hamparan yang sangat luas memang yang paling cepat adalah memakai traktor, cepat sekali. Saya kira mekanisasi seperti ini juga perlu dikenalkan kepada seluruh petani agar penggunaan alat-alat semiberat seperti ini bisa juga dilakukan,” tandasnya. (***/Judy)

 

Artikel ini telah dibaca 50 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

Oknum Polisi Polsek Kembangan Diduga Lecehkan Wartawan, Adrian Minta Kapolda Metro Jaya Turun Tangan

2 September 2022 - 12:54 WITA

Rano Karno Siapkan Rinoa Senduk sebagai ‘Yalova’ Cucu Indro Warkop di Si Doel The Series

14 Juli 2022 - 15:40 WITA

Presiden Jokowi Pastikan Ekspor Minyak Goreng Akan Dibuka Kembali

19 Mei 2022 - 22:39 WITA

Presiden Jokowi Longgarkan Kebijakan Penggunaan Masker, Ini Syarat dan Ketentuannya

18 Mei 2022 - 11:47 WITA

Jokowi Minta Kadin Implementasikan Energi Hijau dalam Transformasi Ekonomi

4 Desember 2021 - 09:38 WITA

Bertandang ke Sulsel, Presiden Jokowi Bakal Resmikan Bendungan dan Tanam Jagung

23 November 2021 - 09:41 WITA

Trending di Nasional