Connect with us

Tomohon

7 Ranperda Usulan Pemkot dan 6 Inisiatif DPRD Masuk Agenda Kerja Propemperda 2024

Published

on

 

TOMOHON, inforakyatnews.com – Sedikitnya ada 13 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang masuk dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) tahun 2024 yang disetujui bersama antara Pemkot dan DPRD Kota Tomohon dalam Paripurna yang digelar, Jumat (10/11).

Kepada media ini sebelum paripurna dilaksanakan, Ketua DPRD Jemmy Sundah membeberkan ada 13 Rancangan Peraturan Daerah yang akan ditetapkan. Ranperda tersebut terdiri dari 6 Ranperda Inisiatif DPRD dan 7 Ranperda usulan pemkot.

“Nanti ada Ranperda usulan dari Komisi I menyangkut sejarah Kota Tomohon,”.kata Sundah.

Selain itu Ranperda inisiatif dari Komisi II seperti Ranperda Tentang Keterbukaan Informasi Publik inisiatif dan Tentang Tanggung Jawab Sosial Perusahaan.

Sedangkan dari Komisi III sebut Sundah ada Ranperda Pembinaan Pengawasan Hygiene Sanitasi Makanan dan Minuman Bagi Restoran, Rumah Makan, dan Makanan Jajanan Lainnya dan Ranperda Tentang Penyelenggaraan Keolahragahan.

“Kalau Ranperda usulan Pemkot adalah Ranperda Tentang Pertanggungjawaban APBD Tahun 2023, Perubahan APBD Tahun Anggaran 2024 dan Ranperda Tentang APBD Tahun Anggaran 2025 dan Tentang RPJPD Tahun 2025-2045,” ungkapnya.

Kemudian ada juga Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana serta Perizinan Berusaha di Daerah, dan Lahan Pertanian Berkelanjutan, tambahnya.

Sementara itu, Wali Kota Tomohon Caroll Senduk yang hadir dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Tomohon dalam rangka penetapan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) tahun 2024, yang dipimpin Ketua DPRD Djemmy Sundah didampingi Wakil Ketua Johny Runtuwene, mengatakan Propemperda adalah instrumen perencanaan dalam pembentukan Perda yang menjadi kewenangan yang diberikan kepada pemerintahan daerah dalam rangka penyelenggaraan otonomi daerah.

Tugas pembantuan dengan menampung kondisi khusus daerah serta penjabaran lebih lanjut dari peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi.

“Ini menjadi salah satu alat dalam melakukan transformasi sosial dan demokrasi sebagai perwujudan pemerintahan Daerah yang mampu menjawab perubahan yang cepat dan tantangan pada era ekonomi dan digitalisasi saat ini serta terciptanya pemerintahan yang mengedepankan kepentingan masyarakat sebagai bagian dari pembangunan yang berkesinambungan di Daerah,” ungkapnya.

Dalam tahapan ini perencanaan pembentukan Perda harus dilakukan secara taat asas, agar lebih terarah dan terkoordinasi secara formal karena ditetapkan melalui serangkaian proses yang harus dilalui meliputi proses perencanaan, proses penyusunan, proses pembahasan, proses penetapan dan proses pengundangan.

“Kita tentunya sama-sama berharap Propemperda 2024 yang telah ditetapkan, dapat kita laksanakan sesuai dengan target dan sasaran yang diharapkan berdasar pada ketentuan peraturan perundang- undangan yang berlaku serta memberikan banyak manfaat bagi masyarakat kota tomohon dengan menjaga dan melestarikan Tomohon sebagai kota religius, meningkatkan kesejahteraan masyarakat di berbagai sektor”

“Menjadikan Tomohon sebagai kota wisata dunia, memajukan sistem pertanian dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan serta mewujudkan pelayanan pemerintahan yang bersih, efektif dan berintegritas,” tambah kader terbaik milik PDIP Tomohon.

Ikut pula hadir Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring Jajaran Pemkot Tomohon, Dosen dan Mahasiswa Universitas Negeri Manado (Unima) Fakultas ilmu sosial dan hukum. (Wan/**)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Politics

“Banteng” Tomohon Makin Solid, Kokoh di Semua Dapil

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Berkaca pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) hanya mampu mengutus 4 kampiun terbaiknya.

Namun kali ini pada Pileg 2024 partai berlogo banteng moncong putih tersebut dibawah pimpinan ketua DPC PDIP Kota Tomohon Caroll Senduk perkasa di segala lini dapil yang ada.

Dalam beberapa kesempatan yang lalu, Caroll Senduk meyakini target 13 mampu diamankan oleh PDI Perjuangan untuk legislatif 2024.

“Mari torang rebut kursi DPRD Tomohon. Figur-figur kita adalah sosok-sosok hebat. Mereka semua kader-kader terbaik yang sudah melewati proses dan pertimbangan matang.” ujar Caroll Senduk. (26/1)

Dari data internal partai, dapil 1 Tomohon PDIP nyaris tak terbendung seluruh kader terbaiknya berperan penting hingga rata-rata memperoleh ribuan dukungan dari masyarakat hingga kuota 5 dari 7 kursi pun diamankan Banteng Moncong Putih.

Begitu juga dengan dapil 2 Tomohon, sebelumnya 2019 hanya keterwakilan satu kursi saja tapi 2024 bertambah dua kursi menjadi tiga kursi, artinya dapil 2 yaitu Tomohon Selatan terbukti kecintaan dan kepercayaan masyarakat kepada kader-kader terbaik PDIP kian pesat. Hal ini tak lepas dari tangan dingin Ketua DPC PDIP Caroll Senduk yang visioner melihat potensi dan sesuai keinginan masyarakat terkait aspirasi.

Dari dapil 3 Tomohon (Kecamatan Tomohon barat), Seluruh kader solid hingga mampu peroleh suara signifikan dan dua kursi pun mampu disegel PDIP.

Mengarah ke bagian utara atau dapil 4 Tomohon, PDI Perjuangan masih sangat kokoh, raihan ribuan suara menandakan masyarakat Tomohon solid mendukung PDI Perjuangan, tak ayal jumlah 5 kursi disegel Karlheiz Senduk dan Johny Runtuwene Cs untuk DPRD Tomohon 2024-2029.

Namun, Ketua DPC PDI Perjuangan Caroll Senduk menyebut hasil ini belum final, maka dimintakan simpatisan dan kader tetap terus kawal hingga penetapan nanti oleh KPU.

“Untuk perolehan suara saat inikan belum final tentunya sebagai hasil resminya masih menunggu rekapitulasi suara secara berjenjang oleh pihak KPU,” ungkap Caroll Senduk. (16/2)

(Wan)

Continue Reading

Bawaslu

Masuki Tahapan Pilkada 2024, Bawaslu Tomohon Mantapkan Persiapan

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Tahapan Pemilihan umum (Pemilu) hingga waktu pencoblosan dan penghitungan suara telah usai 14 Februari kemarin.

Sejak awal tahapan hingga memasuki proses hitung suara, Bawaslu Tomohon telah menginventarisir beragam temuan maupun laporan dugaan pelanggaran.

Pada Rapat koordinasi pengelolaan barang dugaan pelanggaran Pemungutan dan penghitungan suara pemilu tahun 2024 di Kota Tomohon yang digelar di Ruang rapat Grand Master, Ketua Bawaslu Tomohon Stenly Kowaas
menyebut, memasuki tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bawaslu melakukan evaluasi.
Rabu (21/2) 2024

“Kami berharap lewat rakor ini bisa mendapatkan bahan evaluasi. Tentunya juga mendapatkan masukan dari para peserta yang hadir maupun para narasumber.” ujar Stenly Kowaas saat membuka rakoor.

Kowaas pun mengatakan, nantinya kita akan koordinasi bersama dengan pihak penyelenggara yakni KPU. Tentunya juga menjadi bahan dasar yang penting bagi jajaran pengawas dalam dampak pelaksanaan pemilihan kepala daerah yang tidak lama lagi.

Ketua Bawaslu Tomohon Stenly Kowaas dalam kesempatan itu mengakui bahwa pelaksanaan pemungutan suara secara makro mungkin di kota Tomohon berjalan dengan baik.

“Dibeberapa tempat terjadi kesalahan kecil secara teknis. Sebab kita tau bersama perolehan suara dari partai-partai dan calon-calon itu sebagian besar juga beda tipis. Dan ini bisa manjadi masalah dikemudian hari,” ujarnya.

“Harapannya lewat rakor ini bisa mendapatkan bahan evaluasi. Tentunya juga mendapatkan masukan dari para peserta yang hadir maupun para narasumber.” tukasnya

Tampil sebagai narasumber dalam rakor ini, yakni Evendi Sondakh kalangan akademisi dan Irwan Maki selaku pengamat pemilu.

Tampak turut mendampingi Ketua Bawaslu Tomohon, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, dan Penyelesaian Sengketa Yossi Christian Korah. (wan)

Continue Reading

Breaking News

Polres Tomohon Terima Penghargaan dari Kemenkeu

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Dibawah pimpinan Kapolres AKBP Lerry Tutu,  Kepolisian Resort (Polres) Kota Tomohon terima penghargaan.

Penghargaan diterima dari Kementrian Keuangan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Provinsi Sulawesi Utara Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Manado.

Kapolres Tomohon Lerry Tutu mengatakan, Penghargaan yang di peroleh Polres Tomohon hari ini, merupakan hasil kerja dari seluruh personel Polres Tomohon, terutama dalam hal pengelolaan anggaran.

“Semoga juga dengan adanya penghargaan ini, akan memotivasi kami Polres Tomohon dalam pengelolaan anggaran di Polres Tomohon untuk lebih baik lagi.” ujar Kapolres Lerry saat menghadiri  langsung kegiatan executive gathering dirangkaikan dengan rapat koordinasi pelaksanaan anggaran tahun 2024 sekaligus penyerahan penghargaan dari pihak KPPN tipe A1 Manado di Lantai 6 gedung keuangan negara Manado. (21/2) 2024.

Disamping itu Kapolres juga mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Polres Kota Tomohon.

“Terima kasih kepada Kementrian Keuangan Republik Indonesia, melalui KPPN Manado yang telah memberikan kepercayaan dan reward kepada Polres Tomohon, semoga ke depan reward yang diberikan ini dapat dipertahankan dan akan menjadi dasar untuk pengelolaan anggaran di Polres Tomohon semakin baik lagi.” ungkap Lerry Tutu. (wan/***)



Continue Reading

Trending