Connect with us

Pendidikan

Bidik Pionir Pendidikan, Walikota Caroll Senduk Sabet 2 Kategori di “Anugerah Mapalus Pendidikan Tahun 2023″

Published

on

TOMOHON, inforakyatnews.com – Pemerintah Kota Tomohon dibawah pimpinan Walikota Caroll J.A Senduk dalam upaya menjadikan kota Tomohon sebagai pionir pendidikan membuahkan hasil.

Terbaru, Walikota Tomohon Caroll J.A Senduk menerima penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia melalui Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Sulawesi Utara atas capaian Pemerintah Kota Tomohon dalam dunia pendidikan. Rabu, (22/11/2023) di Hotel Luwansa Manado.

Kegiatan yang bertajuk penghargaan “Anugerah Mapalus Pendidikan Tahun 2023″ diserahkan oleh Kepala LPMP Sulut Febry H. J Dien ST, M. Inf (Tech). Man.

Dalam penghargaan tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon meraih dua kategori yaitu
Kategori Dukungan publikasi Program Prioritas Kemendikbud Ristek dan Kategori Bunda PAUD Inspiratif.

Disamping Pemkot Tomohon, terdapat beberapa daerah juga menerima apresiasi dari Kemendikbud Ristek melalui Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Sulut:

1.) Kategori Daerah Pelaksana Transformasi Pendidikan:
– Pemprov Sulut
– Pemkot Bitung
– Pemkab Minsel
– Pemkab Minut

2.) Kategori Progres Pemanfaatan Platform Merdeka Belajar:
– Dinas Pendidikan dan Budaya Kota Tomohon
– Dinas Pendidikan dan Budaya Kabupaten Minsel
– Dinas Pendidikan dan Budaya Kabupaten Minut

3.) Kategori Kemitraan Strategis Kemendikbud Ristek dan Pemda Bidang Pendidikan:
– Pemprov Sulut
– Pemkot Bitung
– Pemkot Manado
– Pemkab Bolsel
– Pemkab Bolmong

4.) Kategori Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan:
– Pemkab Bolsel

5.) Kategori Dukungan Program Sekolah Penggerak Inovatif:
– Pemkab Boltim

6.) Kategori Dukungan Program Daerah Khusus atau Penggerak:
– Pemkab Kepulauan Sangihe

7.) Kategori Dukungan Pengangkatan Guru Penggerak Menjadi Kepala Sekolah:
– Pemkab Talaud

8.) Kategori Daerah Pelaksana Literasi Digital:
– Pemkab Minsel
– Pemkab Mitra

Penghargaan Bunda Paud Inspiratif Sulut Tahun 2023:
1. Bunda Paud Kota Tomohon
2. Bunda Paud Kota Manado
3. Bunda Paud Kota Bitung
4. Bunda Paud Kabupaten Minsel
5. Bunda Paud Kabupaten Mitra
6. Bunda Paud Kota Kotamobagu
7. Bunda Paud Kabupaten Bolmong

Anugerah Mapalus Pendidikan Sulut 2023 jatuh kepada Kabupaten Bolsel Kategori Madya dan Kota Bitung Kategori Muda.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Gubernur Sulut Prof (Hc).Dr (Hc) Olly Dondokambey, SE., Wakil Gubernur Sulut Drs. Steven Kandouw, Walikota/Bupati se-Sulut, kepala sekolah SMA/SMK se-Sulut dan Bunda PAUD se-Sulut. (Wan/*)

Daerah

Sekda Watania Serahkan Tiga SK PLT Kepala Sekolah SMP di Langowan

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews
-Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Dr. Lynda D. Watania MM, M.Si, menyerahkan Surat Keputusan Pelaksana Tugas (SK PLT) tiga Kepala Sekolah SMP yang bertempat di SMP N 1 Langowan, Selasa (13/2/2024).

Sekda Watania dalam sambutannya menyampaikan, Pada hari ini mewakili Bapak Penjabat Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong M.Si, saya menyerahkan tiga SK PLT Kepala sekolah yang ada di Kecamatan Langowan, yaitu SMP N 1, SMP N 6 dan SMP N 4 Langowan.

Kegiatan ini merupakan hal yang biasa dilakukan pemerintah daerah ketika ada sekolah- sekolah yang kepala sekolahnya sudah memasuki masa purnabakti atau sudah memasuki masa pensiun.

Penyerahan SK PLT Kepala Sekolah bertujuan untuk mengisi kekosongan kepala sekolah karena mengingat ada banyak kegiatan sekolah yang harus dilaksanakan.

“Saya berharap dengan diberikannya SK ini, para kepala sekolah yang baru dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab dari pimpinan, juga dapat meningkatkan kinerja yang benar-benar mengangkat semangat dunia pendidikan yang dapat membawa perubahan” ucap Watania.

Sementara itu Kadis Pendidikan Kabupaten Minahasa Tommy Wuwungan menambahkan Momentum hari ini dalam rangka mengisi jabatan PLT Kepala Sekolah SMP N 1 Langowan yang sudah pensiun di bulan februari.

“Tiga SK PLT yang diserahkan karena memang pertimbangan teknis yang tentu kita lakukan sebagai upaya peningkatan mutu, Jadi orang orang yang kita tempatkan tentu adalah orang yang mampu menjaga mutu pendidikan di Kabupaten Minahasa.

Ada dua kepala sekolah yang kita pindahkan dan ada satu guru yang kami promosikan diantaranya Kepsek SMP N 6 Langowan Djonlie Koampa S.Pd ke SMP N 1, selanjutnya Kepsek SMP N 4 Langowan Djefri Wurangian S.Pd dipindahkan ke SMP N 6, dan kekosongan di SMP N 4 Langowan kami promosikan salah satu guru yaitu Grace Kayuwatu S.Pd untuk melanjutkan kepemimpinan di sekolah tersebut.

Dengan adanya penyegaran seperti ini kiranya dapat memotivasi dari ketiga Kepala Sekolah yang sudah menerima SK PLT untuk lebih giat bekerja dengan suasana baru dan dapat berinovasi” kata Wuwungan.

Turut hadir, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Ka. BKPSDM Minahasa, Kadis Perikanan dan Kelautan, Kabag PBJ, Camat Langowan Barat serta sejumlah Kepala Sekolah.(*)

Continue Reading

Daerah

Simulasi Digelar KPU Minahasa, Bupati Kumendong: Bagian Dari Tahapan Harus Dilaksanakan

Published

on

MINAHASA, inforakyatnews.com – Penjabat Bupati Minahasa Dr Jemmy Stani Kumendong MSi mengatakan, simulasi adalah bagian dari tahapan yang harus dilaksanakan.

Hal ini disampaikannya saat menghadiri kegiatan yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa, yakni Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara, bertempat di Aula Benteng Moraya, Tondano, Rabu (31/1/2024).

‘’Saya berharap, lewat simulasi ini kita akan mempelajari segala sesuatu. Supaya ketika datang pada hari ‘H’ Pemilu, segala sesuatu itu bisa berjalan lancar. Untuk itu saya apresiasi KPU yang melaksanakan simulasi ini,’’ katanya seraya berharap Pemilu 14 Februari mendatang berhasil terlaksana dengan baik.

Untuk menghasilkan Pemilu yang baik lanjut Kumendong, diperlukan kesadaran semua pihak untuk tidak melakukan hal-hal yang mengakibatkan kedamaian di tanah Minahasa ini menjadi terganggu.

Sementara itu, Ketua KPU Minahasa Rendy Suawa dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan simulasi kali ini, bertujuan untuk mencari waktu yang tepat yang secara efisien, bisa diterapkan oleh KPU pada hari ‘H’ Pemilu nanti.

‘’Jadi pada intinya, kegiatan simulasi ini, bagaimana kita mencari waktu yang tepat, secara efisiensi nanti yang akan diterapkan pada hari H pemilihan,’’ ucapnya.

Turut hadir pula dalam simulasi ini Kapolres Minahasa AKBP Sophian, Kejari Minahasa Diky Oktavia, Asisten I Riviva Maringka serta Kaban Kesbangpol Minahasa, Ketua KPU MInahasa bersama Komisioner KPU Minahasa lainnya yakni Aprilia Philia Regar Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan, Arif Kurniawan Ketua Divisi Sosialsiasi Partisipasi Masyarakat dan SDM, Lidya Annita Malonda Ketua Divisi Perencanaan data dan Informasi, dan Rijali AHI Soerotinojo Ketua Divisi Teknis.(*)

Continue Reading

Daerah

Bupati Minahasa Resmikan Gedung SD Negeri Pineleng

Published

on

MINAHASA,inforakyatnews.com – Penjabat Bupati Minahasa, Dr Jemmy Stani Kumendong MSi, meresmikan gedung SD Negeri Pineleng di kecamatan Pineleng yang memiliki dua lantai dan 10 ruang kelas. Senin (15/1/24).

Turut hadir dan mendampingi dalam acara ini, Kepala Dinas Pendidikan Minahasa, Tommy Wuwungan, Kabag Prokopim Recky Laloan, Camat Pineleng, Jonly Wua, Danramil Pineleng Kapten TNI Albert Lengkoan, Anggota DPRD Minahasa Maureen Pongantung, sejumlah Staf Khusus, para Hukum Tua, para Kepala Sekolah, Guru-guru dan orangtua murid, Pdt Grace Ngantung STh, Kepala Puskesmas Pineleng serta Kepsek SD Negeri Pineleng, Margaretha.

Pada kesempatan ini juga diisi dengan atraksi tarian Maengket dari para siswa sekolah yang ada.


Dalam sambutan dan arahannya, Bupati Kumendong berharap agar pembangunan SD Negeri Pineleng ini dapat memberikan dampak ekonomi dan dampak sosial. “Buat apa jika dibangun bagus-bagus tapi tidak ada kebanggaan dari masyarakat terhadap keberadaan sekolah ini. Sehingga ketika gedung ini ada bisa berdampak sosial, para orang tua bisa menyekolahkan anak-anak mereka disini,” ujar Bupati Kumendong.
Selain itu, guru-guru harus ada target sehingga para siswa bisa berprestasi.

Apresiasi juga bagi para guru yang bekerja keras menghasilkan anak-anak didik berkualitas.
Bupati Kumendong menambahkan, tantangan kedepan dunia pendidikan tidaklah mudah. Harus berpacu dan menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman yakni Digitalisasi. Ini semua butuh bimbingan dan arahan dari guru, sehingga guru juga mampu beradaptasi dengan perkembangan dunia informasi dan teknologi. Petik hal-hal yang bersifat positif terkait hal ini.

“Pendidikan adalah Investasi. Tentunya peran serta orangtua sangat diharapkan untuk membawa perubahan yang signifikan terhadap dunia pendidikan di Sulawesi Utara pada umumnya dan Minahasa khususnya,” tutup Bupati Kumendong.(*)

Continue Reading

Trending